3 Cara Menghilangkan Komedo & Mengecilkan Pori-pori dengan Efektif

Cara Mengatasi Komedo

Bermasalah dengan komedo dan pori-pori besar? Sudah melakukan banyak cara untuk menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori tapi tak kunjung berhasil? Simak langkah simple berikut!

Sebelum mengetahui cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori dengan cepat dan efektif, mari kita kenali dulu seluk beluk komedo. Pada umumnya komedo muncul pada kulit yang berminyak dengan pori-pori yang tertutup oleh kotoran atau debu yang menempel pada kulit wajah. Jenis komedo bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu komedo blackheads yang biasa dikenal dengan komedo terbuka dan whiteheads atau yang lebih dikenal dengan komedo tertutup. Biasanya komedo ini muncul di permukaan kulit wajah berupa benjolan hitam atau kekuningan kecil yang kurang sedap dipandang mata.

Terbentuknya komedo blackheads disebabkan oleh sebum yang bercampur dengan sel-sel kulit mati. Selain itu, komedo blackheads muncul karena permukaan kulit yang kotor dan berminyak akibat penggunaan kosmetik dan pelembab yang tidak dibersihkan dengan benar. Kulit dengan pori-pori yang lebar juga rentan dengan terbentuknya komedo. Penggunaan makeup dan foundation yang berlebihan serta kebiasaan membersihkan wajah yang kurang bersih juga dapat berdampak pada munculnya komedo-komedo pada wajah Anda.

Nah, sebenarnya cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori paling efektif dimulai dari melakukan rutinitas perawatan wajah setiap hari. Dan jangan lupa, pilih produk skin care yang sesuai dengan jenis kulit dan tujuan utama Anda, yaitu mengatasi komedo membandel dan mengecilkan pori-pori.

Cleansing

Ritual wajib sebagai cara menghilangkan komedo sekaligus mencegahnya adalah membersihkan wajah. Pilih pembersih non komedo yang mengandung zat Tannin, yang biasa ditemukan pada beberapa tanaman seperti teh hijau, buah anggur, safflower, kopi, persimmon, dan sebagainya, yang berfungsi untuk membantu mengontrol produksi sebum dan membantu mengecilkan pori-pori.

Masker

Cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori secara alami lainnya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Buatlah masker dari buah tomat yang dihaluskan dan gunakan selama 20 menit untuk mengangkat komedo dari wajah Anda.

Serum

Lagi-lagi, zat Tannin merupakan cara menghilangkan komedo dan mengecilkan pori-pori dengan cepat dan alami. Tannin membuat kulit menjadi lebih kencang dengan cara membekukan protein kulit dan membantu mengontrol sebum. Pilih serum yang mengandung bahan-bahan alami seperti Tannin yang tidak membuat iritasi pada kulit.

Lakukan cara menghilangkan komedo di atas secara teratur, namun jangan terlalu sering karena justru akan membuat kulit Anda semakin kering sehingga kelenjar sebaceous akan memproduksi minyak/sebum lebih banyak lagi sehingga komedo juga akan semakin banyak. Jangan lupa untuk menghindari memencet komedo dan menyentuh kulit wajah Anda dengan keadaan tangan yang kotor.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *