3 Hal Seputar Penyebab Jerawat. Mitos atau Fakta?

Ada banyak hal seputar jerawat yang diyakini kebenarannya oleh banyak orang, termasuk kita salah satunya. Berbagai info mulai dari penyebab jerawat hingga cara mengatasi jerawat semakin berkembang. Namun, apakah semua itu benar?

Skin-Co-Id-Cara-Mengatasi-Jerawat-Penyebab-Jerawat.jpg

Info dan tip seputar jerawat seringkali masih simpang siur, bahkan tak jarang saling bertentangan satu sama lain. Nah, untuk mengetahui cara mengatasi jerawat dengan tepat artinya kita harus mengetahui mana di antara hal-hal tersebut yang merupakan fakta dan mana yang cuma mitos belaka.

  1. Jerawat disebabkan oleh kotoran di kulit. Tidak sepenuhnya salah, namun tidak juga sepenuhnya benar. Meski membersihkan wajah adalah salah satu cara mengatasi jerawat, tetapi terlalu sering membersihkan wajah justru membuat kulit teriritasi dan memperparah jerawat. Terlalu sering mencuci muka juga membuat produksi minyak di wajah makin meningkat untuk melembabkan kulit dan mencegah kulit kering. Jadi, lakukan ritual membersihkan wajah secukupnya saja, 2 kali sehari. Anda bisa menggunakan pembersih wajah yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat, contohnya Blemish Cleanser dan Blemish Soap.
  2. Jerawat disebabkan oleh makanan berminyak, berlemak, dan gula. Apa yang kita makan memang punya pengaruh, tetapi penelitian menunjukkan bahwa efeknya sangat kecil pada berkembangnya jerawat. Namun, ada baiknya memang kita mengurangi makanan-makanan tersebut sekaligus menambah konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan.
  3. Jerawat disebabkan oleh stres. Secara teori, stres dapat mempengaruhi hormon, sehingga memicu munculnya jerawat. Akan tetapi, lagi-lagi hal ini juga masih belum dibuktikan secara ilmiah melalui berbagai penelitian. Kalau memang stres pasti memicu jerawat tumbuh, tentu saja tidak ada seorang pun di era modern seperti sekarang yang bebas dari jerawat, karena stres sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari kita di zaman sekarang ini ‘kan?

Well, masih adakah mitos-mitos seputar jerawat lainnya yang Anda ketahui? Anda bisa bagikan infonya di sini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *