5 Cara Mengecilkan Pori-pori dengan Efektif

Cara-Mengecilkan-Pori-pori

Pori-pori besar. Banyak orang mengalami kesulitan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Di sini Anda akan mengetahui bagaimana cara mengecilkan pori-pori dan membuat wajah Anda tampak lebih mulus dan cantik.

Cara-Mengecilkan-Pori-pori

Membuat Pori-pori Tampak Lebih Kecil

Apa sih yang sebenarnya membuat pori-pori kita menjadi besar? Debu, sisa makeup, sebum (minyak), dan sel kulit mati dapat menumpuk di dalam pori-pori kulit wajah kita dan membentuk sumbatan sehingga membuat lubang pori-pori kita menjadi lebih besar. Selain membuat pori-pori menjadi besar, sumbatan ini juga dapat memicu munculnya komedo, bahkan jerawat jika ada bakteri di sana. Jadi, cara mengecilkan pori-pori yang paling tepat dan efektif adalah dengan membuat pori-pori kita tetap bersih.

Bagaimana Caranya?

  1. Jaga wajah Anda tetap bersih. Yang paling perlu diperhatikan adalah, pastikan Anda sudah membersihkan wajah sebelum Anda tidur. Keringat, debu, dan sisa makeup yang masih menempel akan membuat pori-pori Anda tersumbat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah pembersih wajah bebas minyak dengan asam salisilat untuk membantu mengangkat sebum.
  2. Lakukan pengelupasan sel kulit mati secara rutin. Salah satu cara mengecilkan pori-pori dengan efektif adalah dengan menghilangkan sumbatan dan mengangkat sel kulit mati, yang bisa Anda lakukan dengan pengelupasan kulit secara berkala, baik menggunakan scrub, peel gel, dan sebagainya.
  3. Pilih makeup yang tepat. Menggunakan makeup base dan foundation memang dapat menutupi pori-pori yang besar, tetapi Anda juga tidak ingin keduanya menyumbat pori-pori Anda ‘kan? Solusinya, gunakan produk kosmetik yang bebas minyak dan non-comedogenic, serta gunakan bedak tabur untuk finishing makeup Anda.
  4. Hindari sengatan sinar matahari yang merusak. Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan proi-pori membesar. Gunakan tabir surya ataupun pelembab yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi dari itu jika Anda menghabiskan banyak waktu berada di bawah sinar matahari.
  5. Kurangi menyentuh wajah. Ini adalah cara mengecilkan pori-pori yang sangat penting Anda perhatikan. Terutama jika Anda memiliki jerawat, maka menyentuh ataupun memencet jerawat bisa membuat pori-pori Anda membesar secara permanen akibat peradangan yang terjadi.

Nah, ikuti 5 cara mengecilkan pori-pori di atas dan jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat agar kulit dan wajah Anda senantiasa bersih, segar, dan sehat. Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *