5 Mitos Seputar Pelembab

 

skin.co.id 5 mitos seputar pelembabPelembab merupakan salah satu produk perawatan kulit yang tidak bisa begitu saja Anda abaikan. Namun, apakah semua pelembab diciptakan untuk tujuan yang sama? Tidak sedikit juga wanita yang mulai mengabaikan kegunaan pelembab ini karena beberapa mitos yang sedang marak disebarkan pada mereka. Simak beberapa mitos seputar pelembab dan kebenarannya yang harus Anda perhatikan.

Mitos Ke-1: Semua Pelembab Itu Sama

Faktanya: Ada beberapa pelembab yang bisa Anda pilih tergantung kebutuhan kulit Anda. Ada pelembab yang membantu menjaga kelembaban kulit, ada pula yang berguna untuk menenangkan dan melembutkan kulit. Jadi Anda bisa memilih pelembab berdasarkan jenis dan kebutuhan kulit Anda. Anda juga akan menemukan bahwa beberapa pelembab memiliki tekstur yang berbeda-beda.

Mitos Ke-2: Anda Memerlukan Pelembab Yang Berbeda Untuk Bagian Tubuh Yang Berbeda

Faktanya mitos ini benar adanya. Ada beberapa lotion pelembab yang cocok digunakan di bagian tubuh tertentu. Akan tetapi berbeda dengan pelembab untuk wajah. Anda harus menggunakan pelembab wajah yang sesuai, karena kulit wajah lebih rentan terhadap jerawat, lebih rentan terhadap sinar matahari, dan kulit wajah lebih cepat menjadi kering daripada tubuh bagian lainnya.

Begitu juga dengan daerah mata. Anda perlu krim atau pelembab khusus mata yang mengandung vitamin dan dapat memperbaiki melanin kulit di daerah mata. Dan jangan lupa pula untuk gunakan krim pelembab khusus kaki untuk melembabkan kulit kaki yang sering kering dan bersisik.

Mitos Ke-3: Kulit Akan Mengalami Ketergantungan Dengan Pelembab

Beberapa orang percaya bahwa menggunakan banyak pelembab akan menyebabkan ketergantungan terhadap pelembab tersebut. Menurut seorang dermatologi Dr. Mark Lupin, mengatakan bahwa kulit kita tidak akan mengalami ketergantungan apapun pada pelembab. Jadi, jika Anda merasa kulit mulai kering jangan khawatir, maka gunakan saja pelembab sebagai antisipasi terbaiknya.

Mitos Ke-4: Anda Akan Menjadi Ketergantungan Terhadap Lip Balm

Ada beberapa orang yang mengaku bahwa mereka ketergantungan lip balm. Akan tetapi menurut Dr. Lupin tidak ada lip balm yang menyebabkan ketergantungan. Jika Anda merasa bahwa dengan menggunakan lip balm bisa membuat bibir Anda benar-benar kering berarti masalahnya ada di bahan yang terkandung pada lip balm tersebut. Hindari penggunaan lip balm yang mengandung menthol dan eucalyptus karena bisa menyebabkan iritasi. Apabila Anda merasa lip balm yang digunakan membuat bibir Anda terbakar, menyengat, bahkan membuat bibir Anda mengering maka segera hentikan pemakaiannya. Sebenarnya kerusakan bibir bisa saja terjadi karena sinar matahari. Kebanyakan orang berpikir bahwa bibir pecah-pecah karena kurang lembab, padahal bisa saja hal tersebut terjadi karena seringnya mereka terkena paparan sinar matahari. Maka dari itu sebaiknya gunakan lip balm yang mengandung tabir surya untuk menghalangi sinar UV matahari.

Mitos ke-5: Tidak Perlu Pakai Produk Lain Jika Menggunakan Makeup yang Mengandung Tabir Surya.

Faktanya: Ada banyak produk kosmetik dan perawatan kulit yang mengandung tabir surya. Dr. Lupin memperingatkan bahwa gunakan produk perawatan kulit dengan formula tabir surya dengan SPF 30 atau lebih tinggi agar mampu menangkal radiasi dan sinar UVA dan UVB matahari dengan baik. Dan gunakan pelembab khusus untuk mata Anda yang mengandung SPF 30 atau lebih tinggi. Jika Anda sudah menemukan pelembab dengan kriteria yang telah disebutkan sebelumnya, maka Anda tidak perlu menambahkan produk lainnya untuk melindungi kulit Anda dari sinar matahari.

Demikian mitos yang beredar tentang salah satu produk perawatan kulit, pelembab di sekitar kita. Pastikan bahwa Anda tidak mengabaikan fakta-fakta tersebut sehingga perawatan kulit Anda menjadi semakin sempurna.

BACA JUGA: Kenapa Anda Membutuhkan Pelembab?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *