5 Resep Perawatan Simple untuk Atasi Kulit Berminyak

kulit berminyak

Penyebab utama kulit berminyak adalah faktor genetik masing-masing individu. Selain itu kulit berminyak juga dipengaruhi oleh hormon, khususnya bagi perempuan. Kulit jenis ini cenderung membutuhkan perawatan ekstra, untuk itu lebih rentan munculnya jerawat karena penumpukan kotoran.

Tapi kabar baiknya, perempuan yang memiliki kulit berminyak lebih sedikit memunculkan keriput, lho, sehingga membuat Anda terlihat lebih muda. Nggak heran kan kalau cewek-cewek Korea lebih suka memakai makeup atau perawatan kulit yang sangat lembab? Karena kulit berminyak menandakan kulit Anda terhidrasi dengan baik.

Tapi kalau Anda merasa tidak nyaman dengan kulit berminyak, berikut ada perawatan mudah untuk atas kulit berminyak yang wajib Anda coba!

 1. Cuci Muka dengan Sabun yang Tepat

Merawat kulit berminyak yang paling dasar adalah mencuci muka dengan benar. Selain menggunakan sabun yang tepat, gunakanlah air hangat karena dapat mengangkat minyak lebih baik dibandingkan air dingin.

Pilih sabun cuci muka khusus muka berminyak dan berjerawat dengan kandungan oil-free. Anda bisa mencoba sabun yang mengandung formula benzoil peroksida atau triclosan yang ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Karena wajah berminyak rentan menimbun kotoran, cucilah muka Anda sampai bersih dengan memijit-mijitnya selama 3 menit. Kemudian bilas hingga tidak ada sabun yang tersisa.

2. Gunakan Toner Wajah Tanpa Alkohol

Salah satu masalah kulit berminyak adalah pori-pori yang lebar sehingga memicu produksi sebum wajah lebih tinggi. Pori-pori besar ini dapat diatasi dengan toner wajah yang tepat tanpa mengandung alkohol.

Hindari menggunakan toner wajah oil-based karena malah membuat wajah Anda semakin berminyak.  Gunakan toner dengan kandungan dasar air dan formula lain yang dapat menyeimbangkan pH dan mengecilkan pori-pori, seperti zinc gluconate atau salicylic acid. Bagi Anda yang suka bahan-bahan alami bisa mencoba toner wajah dengan ekstrak lemon atau jeruk nipis.

3. Jangan Lupakan Pelembab

Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembab? Justru apapun jenis kulitnya, pelembab jangan dilupakan. Kulit yang terhidrasi dengan baik menandakan kulit yang sehat, serta menjaga kulit Anda agar tetap kenyal, awet muda, dan mencegah keriput.

Gunakan pelembab oil-free khusus kulit berminyak yang dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko. Anda juga bisa memilih kandungan water-based moisturizer sehingga tidak memicu kelebihan sebum saat memakainya.

4. Gunakan Masker Secara Rutin

 Masker adalah perawatan wajah yang nggak boleh ketinggalan, terutama bagi Anda yang punya kulit berminyak. Pilihlah masker yang mengandung lemon dan mint yang ampuh menyerap minyak berlebih di mukamu. Kandungan mint-nya terbukti dapat menenangkan kulit yang sedang meradang akibat jerawat dan bakteri, sedangkan ekstrak lemon berfungsi untuk menyerap sebum kulit.

5. Rajin Menggunakan Blotting Paper

Kulit berminyak memang sangat mengganggu apabila Anda memakai makeup atau beraktifitas seharian. Untuk mengatasinya, selalu sedia blotting paper atau kertas minyak yang dapat menyerap kelebihan minyak dan kilap secara instan. Blotting paper ini adalah penyelamat utama Anda untuk tetap tampil on-fleek!

 

Ternyata, Makanan Ini Sebaiknya di Hindari untuk Pemilik Kulit Berminyak

kulit berminyak

 

Pernah mendengar ungkapan “You are what you eat” alias “kamu adalah apa yang kamu makan”? Ternyata, ungkapan ini benar-benar berlaku untuk kondisi kulit. Apa yang Anda konsumsi sehari-hari dapat berdampak secara langsung pada kulit, contohnya membuat kulit Anda menjadi berminyak.

Padahal kulit berminyak rentan sekali berujung pada masalah kulit lainnya seperti jerawat, whiteheads, maupun komedo, bukan? Nah, untuk membantu agar kulit tidak semakin berminyak, coba kurangi konsumsi 5 jenis makanan penyebab kulit berminyak berikut ini:

1. Makanan Olahan Susu

Produk olahan susu atau dairy products seperti susu, keju, yogurt, es krim, susu kental manis, susu bubuk, maupun susu kemasan kerap dianjurkan untuk dihindari dalam berbagai jenis diet. Hal ini tentu bukannya tanpa alasan, dong? Produk olahan susu mungkin kaya akan kalsium, namun mereka juga kaya akan kandungan hormon yang tinggi.

Hal ini dapat menstimulasi kelenjar sebum untuk memproduksi minyak lebih banyak pada kulit. Sebagai alternatif untuk sumber kalsium yang lebih sehat, Anda dapat menggantikan susu dengan sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau kale. Oh iya, susu almond dan susu kedelai juga bisa menjadi pilihan, lho!

2. Kafein

Berapa kali nih Anda minum kopi maupun teh dalam seminggu? Baik dari pagi saat sampai di kantor, setelah makan siang, saat meeting, hingga saat bertemu dengan teman pada akhir pekan, sepertinya kopi maupun teh selalu menemani hari-hari Anda, ya!

Tapi, Anda harus berhati-hati, pasalnya konsumsi teh dan kopi yang merupakan minuman berkafein dapat membuat tubuh Anda kekurangan cairan. Sedangkan, saat tubuh dan kulit Anda kekurangan cairan, tubuh akan secara refleks mengonsumsi lebih banyak minyak. Untuk mengatasi hal ini, kurangi frekuensi konsumsi minuman berkafein dan pastikan ANDA perbanyak konsumsi air putih setelahnya.

3. Refined Carbohydrate

Refined carbohydrate atau makanan olahan yang kaya akan karbohidrat seperti nasi, sereal, roti, pasta, mie instan, junk food, hingga jus olahan ternyata juga akan membuat kulit Anda semakin berminyak. Hal ini disebabkan oleh kadar gula tinggi yang kerap terkandung di dalamnya sehingga membuat kelenjar sebum meningkatkan produksi minyak di kulit.

Padahal, kulit berminyak dapat menjadi sumber masalah kulit lainnya seperti komedo maupun jerawat. Jika sulit untuk menghindari jenis makanan yang satu ini, Anda bisa memulai dengan mengurangi asupannya terlebih dahulu.

4. Terlalu Banyak Gula

Jika Anda adalah penggemar berat makanan manis dan hampir setiap hari mengonsumsinya, jangan heran jika kulit Anda berminyak. Sama seperti refined carbohydrate, mengonsumsi gula tentu akan berdampak pada kadar gula darah, yang akan memicu produksi insulin. Nah, ternyata, produksi insulin ini akan menyebabkan kelenjar sebum di dalam tubuh untuk memproduksi lebih banyak minyak.

Jadi, jika ingin menghindari kulit berminyak, usahakan untuk menghindari kue, biskuit, es krim, minuman bersoda, maupun makanan-makanan manis lainnya.  Termasuk juga dessert kekinian yang kerap dihiasi berbagai topping. Sebagai gantinya, Anda dapat mengonsumsi buah-buahan manis yang tentunya jauh lebih sehat dan kaya akan vitamin.

5. Makanan Pedas

Waduh! Sepertinya makanan yang satu ini paling sulit untuk dihindari, ya! Tentu Anda sudah tahu dong kalau kekayaan kuliner nusantara lekat dengan yang namanya sambal.

Memang sih, menyantap makanan pedas memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan seperti mempercepat metabolisme atau meredakan gejala flu. Namun, sensasi pedas dari cabai dapat menimbulkan rasa panas pada tubuh, yang akan menstimulasi tubuh untuk memproduksi minyak.

Namun, tidak perlu langsung dihindari, kok! Asalkan Anda tidak menyantap makanan pedas secara berlebihan dan terus menerus ya tidak apa-apa. Akan lebih baik juga jika Anda menyeimbangkan makanan pedas dengan sayur seperti timun yang kaya akan air untuk menyejukkan sekaligus menghidrasi tubuh.

 

Redakan Kulit Berminyak dengan Masker Homemade Alami

kulit berminyak

Kulit berminyak memang kadang bikin jengkel. Minyak berlebih pada wajah ini dapat membuat makeup mudah luntur dan masih banyak lagi masalah kecantikan lainnya. Jangan galau karena Anda bisa mengatasinya dengan beberapa jenis masker wajah. Kabar baiknya, Anda bisa membuat sendiri maskernya di rumah.

Masker-masker ini bisa Anda buat dari bahan alami di rumah. Apa saja sih masker homemade yang bisa atas kulit berminyak Anda?

1. Madu dan Gula Merah

Salah satu kesalahan paling umum yang masih kamu lakukan saat berusaha mengatasi kulit berminyak adalah menggunakan produk dengan kandungan alkohol. Alkohol dapat mengeringkan kulit, yang justru membuat kulit lebih berminyak daripada biasanya.

Inilah mengapa madu menjadi antibakteri dan antiseptik yang dapat dengan lembut menyerap minyak. Selain itu, madu juga memiliki sifat humektan yang dapat membuat kulit menjadi lebih lembap.
Anda bisa mengombinasikan madu dengan gula merah untuk eksfoliasi yang lembut. Masker ini akan mengatasi kulit berminyak dan menjaganya tetap lembab.

2. Jeruk, Yogurt, dan Madu

Vitamin C pada jeruk tidak hanya dapat meningkatkan produksi kolagen, namun juga secara aktif melawan radikal bebas untuk mengendalikan minyak di wajah Anda. Selain itu, kadar asam sitrat pada yogurt berfungsi untuk menyejukkan kulit berminyak.

3. Pisang dan Madu

Pisang memiliki fungsi untuk mengelupas kulit berminyak, menghilangkan gumpalan dan minyak dari permukaan kulit, tanpa mengorbankan pelindung kulit. Sedangkan tambahan madu dapat membuat kulit tampil lebih bercahaya.

4. Lidah Buaya dan Madu

Lidah buaya tidak hanya dapat memperbaiki kulit terbakar akibat sengatan matahari. Lidah buaya memiliki khasiat anti inflamasi yang dapat memberi keajaiban bagi kulit dan jerawat yang teriritasi.

5. Putih Telur, Timun, dan Daun Mint

Vitamin dan protein yang ditemukan dalam putih telur dapat menjadi bahan pelepas minyak yang sangat efektif. Ketika kamu menggabungkannya dengan vitamin C dan timun, maka masker ini akan kaya antioksidan membuat kulit wajah menjadi lebih halus.

 

Teruslah menjadi cantik, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *