5 Rutinitas Kecantikan Untuk Kesehatan Kulit

kesehatan kulit

Salah satu kunci utama memaksimalkan kesehatan kulit adalah dengan melakukan beberapa rutinitas kecantikan, bisa berhubungan dengan produk kecantikan langsung, ataupun melakukan beberapa hal yang menunjang kesehatan kulit agar juga cantik dari dalam.

Coba cek yuk, dari 5 rutinats kecantikan sehari-hari ini, apakah ada yang Anda lupakan?

1. Sunscreen untuk Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

kesehatan kulit

Banyak di antara Anda yang memakai sunscreen ketika beraktivitas di luar ruangan atau sedang liburan ke pantai. Namun apa Anda masih sering memakai sunscreen sebagai rutinitas kecantikan sehari-hari? Ternyata produk kecantikan ini tidak hanya penting dipakai waktu musim panas saja! Walau lagi hujan atau sedang berawan, sunscreen lebih baik rutin digunakan karena sinar UVA mampu menembus kaca ruangan dan tidak terpengaruh dengan cuaca. Kesehatan kulit Anda pun akan lebih terlindungi.

2. Tetap Gunakan Hair Tonic

kesehatan kulit

 

Ayo coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda menggunakan hair tonic? Di salon setelah keramas atau di rumah? Biasanya kalau di salon, Anda kerap ditawarkan pemakaian perawatan rambut satu ini. Sebenarnya nggak perlu nunggu pas ke salon buat memakainya, Anda bisa melakukan sendiri di rumah. Hair tonic dikenal mampu mengatasi masalah kerontokan. Sebelum menggunakannya, pastikan kulit kepala Anda harus dalam keadaan bersih, jadi hair tonic akan mudah menyerap dan khasiatnya langsung terasa bagi rambut.

3. Pakai Pelembap Sebelum Mengaplikasikan Make up

kesehatan kulit

Kalau sudah akan memakai alas bedak, apakah perlu memakai pelembap? Walaupun berbagai face make up Anda juga punya fungsi melembapkan, namun kulit juga perlu nutrisi lebih. Gunakan pelembap sebelum Anda mengaplikasikan riasan, lalu tunggu selama 5 menit. Sehabis itu, baru aplikasikan foundation atau BB cream. Dijamin makeup akan lebih menempel dengan baik di atas kulit yang lembap.

4. Menghapus Make up

kesehatan kulit

Lupa menghapus make up biasanya terjadi saat kita lelah. Padahal kesehatan kulit wajah Anda bisa terganggu kalau Anda tidak rutin menghapus make up, loh! Bayangkan saja banyaknya kotoran dan lapisan make up yang menempel setelah beraktivitas seharian itu menutupi permukaan kulit wajah. Kalau pori-pori tersumbat, kulit jadi tidak bisa bernafas dengan baik, sehingga dapat menimbulkan jerawat dan kusam.  Jangan sampai kulit malah protes! Untuk mencegahnya, jadikan menghapus make up sebagai rutinitas yang dilakukan setiap hari.

5. Konsumsi Air Putih Yang Cukup

kesehatan kulit

Nah, kalau rutinitas kecantikan sehari-hari ini mungkin sudah Anda lakukan, bagaimana dengan support dari dalam tubuh? Salah satu hal paling simpel untuk dilakukan adalah minum air putih. 75% tubuh kita dipenuhi dengan air, jadi air putih berperan penting bagi kesehatan kulit. Jika Anda cukup minum, kulit akan terlihat bercahaya dan segar. Konsumsi minimal 2,5 liter air putih atau setara dengan kurang lebih 10 gelas setiap hari, ya!

 

3 Snack Sehat Untuk Kesehatan Dan Kecantikan Kulit

kesehatan kulit

Pola makan memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan, baik kesehatan tubuh maupun kesehatan kulit. Diet seimbang dan pola hidup yang sehat dapat membantu menjaga vitalitas kulit, membuat kulit lebih bersinar, memperlambat penuaan kulit, serta kesehatan kulit yang terjaga.

Ganti snack manis dan berkalori tinggi yang biasa Anda makan dengan snack rendah kalori, tinggi serat, vitamin, mineral, dan antioksidan seperti sayuran atau pun buah-buahan. Cari tahu snack sehat apa saja untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda dalam penjelasan berikut ini.

Saat ini banyak sekali snack instan yang dengan mudah Anda temukan. Namun, apakah itu pilihan yang sehat? Belum tentu. Kebanyakan snack cepat saji atau fast food snacks tidak memilik variasi zat gizi dan biasanya hanya menyuplai cadangan energi untuk waktu yang singkat. Jika Anda ingin kulit wajah yang sehat, berseri dan bersinar, pilihlah snack dengan kandungan nutrisi yang esensial seperti ini:

Berries

kesehatan kulit

Buah yang tergolong dalam keluarga berry seperti strawberry dan blueberry merupakan pilihan tepat untuk snack di malam hari. Buah-buahan tersebut tinggi kandungan vitamin C dan antioksidan. Jika Anda sadar akan pentingnya menjaga kecantikan kulit pasti tahu bahwa buah ini mengandung nutrisi esensial untuk kulit. Kedua buah ini mengandung salicylic acid yang sering digunakan pada beberapa produk kecantikan dan perawatan kulit untuk mengatasi kulit berjerawat.

Coklat Hitam

kesehatan kulit

Untuk snack yang satu ini jangan sampai Anda salah pilih jenisnya. Coklat yang sehat bukan milk chocolate tetapi dark chocolate atau coklat hitam. Coklat hitam mengandung tinggi antioksidan yang bagus untuk kulit dan mencegah penuaan kulit. Selain itu, coklat ini juga membuat kulit tampak lebih lembut dan lembab.

Kacang-kacangan

kesehatan kulit

Perpanduan diet seimbang termasuk konsumsi protein nabati dari kacang-kacangan merupakan salah satu cara mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus. Pilih kacang-kacangan yang kaya omega-3 dan vitamin E seperti kacang walnut, almond, pistachio, dan hazelnut.

 

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Kulit Anda

kesehatan kulit

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa kunyit merupakan salah satu bahan atau rempah-rempah masakan Indonesia. Kunyit juga kadang dikenal sebagai jiang huang atau haridra. Kunyit merupakan bumbu dan pewarna kuning alami untuk makanan. Tapi apakah Anda tahu bahwa kunyit bukanlah sekedar bumbu masakan? Manfaat kunyit ternyata juga bisa dirasakan untuk menjaga kesehatan kulit Anda.

Kunyit telah digunakan di negara-negara seperti India dan China sebagai obat herbal selama ribuan dan tahun karena kandungannya yang baik. Komponen utamanya disebut kurkumin. Kurkumin mengandung anti peradangan dan antioksidan yang tinggi, sehingga tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi untuk tujuan kecantikan Anda juga. Jadi, jika Anda mengalami masalah dengan kulit, mungkin sudah saatnya Anda memberikan kesempatan bagi kunyit untuk menunjukkan manfaatnya. Lihat lima manfaat kunyit untuk kecantikan dan kesehatan kulit Anda berikut:

Masker Pembersih dan Pengelupas

Kunyit adalah agen pengelupasan dan pencerah kulit yang baik. Yang perlu Anda lakukan adalah mencampurkan kunyit bubuk dengan nasi dalam jumlah yang sama. Kemudian tambahkan satu sendok teh campuran yoghurt sehingga membentuk pasta. Kemudian aplikasikan campuran ini ke wajah Anda, biarkan selama 10 sampai 15 menit, dan kemudian bila dan bersiaplah untuk merasakan manfaat kunyit bagi kulit Anda. Kunyit akan membekas di kulit Anda sedikit, jadi pastikan Anda melakukan perawatan ini pada malam hari. Kesehatan kulit Anda akan terjaga dengan kandungan-kandungan yang baik dari dalam kunyit.

Obat Jerawat

Selain menjadi exfoliator yang sangat baik, kunyit juga dikenal karena kemampuannya untuk membantu mengobati jerawat. Kunyit sangat efektif bagi banyak orang karena sifat antiseptik dan antibakteri serta kemampuannya dalam membantu mengontrol minyak. Bukan kah kunyit sangat bagi kesehatan kulit Anda? Selain itu, bahan ini memiliki sifat anti peradangan yang juga membantu mengurangi kemerahan dan bengkak yang datang karena jerawat.

Merawat dan Menyingkirkan Noda Gelap di Wajah

Kunyit sangat baik dan menjadi alternatif alami untuk perawatan hiperpigmentasi. Bahan ini telah terbukti menghambat produksi melanin, yang merupakan pigmen warna kulit Anda dan yang bisa juga menghasilkan noda atau bintik hitam di wajah. Ketika digunakan secara konsisten, kunyit dapat mengembalikan warna kecokelatan pada kulit kembali ke warna alami lebih cepat dari biasanya.

Meningkatkan Sistem Kekebalan

Radikal bebas adalah perusak sel yang berbahaya yang dibuat oleh proses alami tubuh sendiri yang dapat mengacaukan proses di mana kulit memproduksi sel-sel sehat yang rusak. Secara khusus, radikal bebas cenderung membahayakan sistem kekebalan tubuh. Di sinilah manfaat kunyit akan muncul. Kurkumin dalam kunyit adalah sebuah antioksidan yang bagus untuk melawan radikal bebas dalam tubuh kita. Dan akhirnya sistem kekebalan tubuh Anda semakin meningkat juga.

Mencegah dan Mungkin Mengobati Kanker

Meskipun penelitian ini masih dalam tahap sangat awal, adanya hubungan antara kunyit dan pencegahan kanker sangat menjanjikan. Karena bahan ini kaya antioksidan, penelitian telah menunjukkan bahwa kurkumin dalam kunyit telah mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker, membunuh sel tersebut dalam lingkungan yang terkendali, dan bahkan menghambat beberapa penyakit secara bersamaan.

Manfaat kunyit ini juga bisa Anda rasakan dengan memilih masker wajah dengan kandungan bahan-bahan alami untuk mengatasi masalah dan merawat berbagai jenis kulit yang bisa Anda temukan pada rangkaian Vitamin Velvet Mask dari BRTC. Kesehatan kulit Anda juga akan selalu terjaga dengan masker-masker dari BRTC ini.

Teruslah menjadi cantik, Ladies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *