6 Fakta Manfaat Tepung Beras yang Tak Terduga

manfaat tepung beras

Kalau selama ini tepung beras kita kenal untuk bahan adonan makanan, tepung beras juga bisa untuk perawatan kecantikan Anda. Ya, banyak sekali manfaat tepung beras untuk wajah Anda. Salah satunya untuk jerawat membandel. Kalau sudah berbicara tengan jerawat, tentu kita akan dibuang pusing olehnya. Jerawat muncul sudah menjadi diri kita nggak PD saat bepergian, belum lagi bekasnya yang sudah sekali dihilangkan.

manfaat tepung beras

Nah dengan bahan alami yaitu manfaat tepung beras untuk wajah Anda wajib di coba ya! Sudah terkenal dari dulu bahwa bahan alami tidak memiliki efek samping yang berlebihan saat digunakan.

Manfaat tepung beras ini nggak hanya untuk jerawat saja loh, tapi masih banyak lagi manfaat tepung beras seperti:

1. Menyerap Minyak

Manfaat tepung beras adalah salah satu solusi yang paling tepat untuk mengatasi kulit berminyak.

Sifat dari partikel tepung beras yang dapat menyerap minyak menjadikan bahan alami ini pengganti yang baik untuk bedak wajah. Partikel tepung beras ini baik digunakan sebagai bedak tabur karena sifatnya yang mudah menyatu dengan lapisan kulit, serta menyerap kelebihan minyak pada wajah. Inilah yang menjadikan tepung beras baik digunakan untuk Anda dengan tipe kulit berminyak dan berjerawat.

Anda bisa menggunakannya sebagai bedak setiap hari agar telihat lebih segar dan menyerap minyak berlebih pada wajah Anda.

Caranya:

  • Buat campuran tepung beras dan tepung maizena dengan perbandingan 2: 1
  • Setelah itu, aplikasikan secara merata ke wajah Anda menggunakan brush
  • Lakukan hal ini setelah mengaplikasikan foundation terlebih dahulu untuk hasil makeup yang tidak cracky, cakey, dan membantunya bertahan lebih lama

2. Mengurangi Jerawat

Keahlian dari tepung beras yang lain adalah mengurangi jerawat yang membandel. Sifatnya yang antiseptic, manfaat tepung beras sangat efektif untuk melawan kuman dan bakteri penyebab jerawat. Selain itu, bahan alami ini juga mengandung allantonin yang memiliki sifat anti inflamasi yang sangat baik. khasiat dari allantonin sendiri dapat membantu memeperbaiki tekstur kulit. Kabar baiknya lagi manfaat tepung beras ini juga bisa untuk menghilangkan noda hitam Anda, loh!

Caranya:

  • Buatlah masker wajah dari 2 sdm tepung beras, 1 sdm madu, dan 2 sdm gel lidah buaya
  • Aduk campuran bahan-bahan tersebut hingga membentuk adonan pasta yang halus
  • Pijat secara lembut masker wajah ke kulit wajah Anda. Biarkan selama 5 menit, lalu bilas dengan air dingin

3. Mengencangkan Kulit

Kalau Anda ingin mengencangkan kulit wajah menggunakan tepung beras, ini adalah keputusan yang tepat. Pengencangan kulit wajah bermanfaat untuk mengatasi penuaan dini akibat paparan radikal bebas di udara. Beras juga kaya akan Para Aminobenzoic Acid (PABA), tabir surya alamio yang baik untuk kulit. PABA ini juga berfungsi untuk meningkatkan kadar vitamin C di tubuh Anda.

Caranya:

  • Anda bisa membuat masker tepung beras sendiri dengan cara mencampurkan putih telur, madu, dan tepung beras
  • Kemudian oleskan pada wajah Anda secara merata

4. Mencerahkan Wajah

Sudah bukan rahasia lagi jika manfat tepung beras yang kaya akan mineral ini merupakan salah satu solusi alami untuk mencerahkan kulit. Asam amino dan vitamin yang terkandung di dalam tepung beras bekerja untuk mencerahkan kulit dengan mengingkatkan kadar kolagen serta elastisitas kulit. Kandungan tirosinase pada tepung beras juga dapat mencegah produksi melanin yang berlebihan di kulit.

Caranya:

  • Di dalam mangkuk, campurlah 2 sdm tepung beras, 1 sdt kunyit, dan 4 sdm air jeruk nipis
  • Aduk hingga terbentuk adonan pasta yang halus
  • Sebelum mengaplikasikan masker, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu uapi wajah Anda agar hasilnya lebih efektif
  • Aplikasikan masker ke wajah, lalu biarkan sekitar 15 menit
  • Kemudian, bilaslah wajah dengan air hangat

5. Melawan Penuaan

Sudah tahu belum kalau manfaat tepung beras ternyata juga bisa untuk melawan penuaan dini? Nah tepung beras memiliki kandungan ferulic acid, yaitu anti oksidan yang membantu mengencangkan kulit yang kendur, menyamarkan garis-garis halus di wajah, serta membuat kulit terasa lembap.

Manfaat tepung beras juga kaya akan vitamin B yang dapat meregenerasi sel-sel wjaah serta melawan proses penuaan kulit. Tak hanya itu, penggunaan masker tepung beras secara teratur juga dapat mempertahankan elastisitas dan kekencangan kulit yang membuat Anda selalu terlihat segar dan awet muda.

Caranya:

  • Masker anti-penuaan ini terdiri atas campuran 2 sdm tepung beras, 1 putih telur, dan 1 sdm madu
  • Oleskan masker ke wajah Anda yang telah dibersihkan sebelumnya, lalu diamkan sampai benar-benar kering
  • Lepaskan masker secara perlahan ke arah atas menggunakan ujung jari Anda
  • Kemudian, bilas dengan air dingin

6. Samarkan Kantung Mata yang Gelap

Merasa terganggu dengan bagian kantung mata Anda yang gelap? Manfaat tepung beras adalah salah satu cara terbaik dan alami untuk menyamarkan “mata panda”. Kandungan asam amino dan vitamin pada bahan alami ini dapat membantu menyamarkan kantung mata yang gelap serta memberi efek mendinginkan pada mata yang lelah secara efektif.

Caranya:

  • Haluskan setengah buah pisang, lalu campurkan dengan 2 sdm minyak jarak dan 3 sdm tepung beras
  • Aplikasikan ke area kantung mata Anda dan biarkan selama 15 menit
  • Lalu, bersihkan sisa masker menggunakan kapas yang telah dibasahi

 

Masker Alami dari Tepung Beras untuk Perawatan Wajah

manfaat tepung beras

Walaupun masih cukup asing di telinga, ternyata tepung beras juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan kulit wajah yang cerah. Hal ini bukan tanpa alasan, karena tepung beras mengandung vitamin B, alantoin, dan tirosinase, yang mampu mencerahkan kulit dan membuat kulit wajah menjadi berseri.

Dilansir dari cantik.tempo.co, Anda bisa mencoba masker tepung beras untuk mencerahkan kulit wajah, berikut beberapa pilihan yang bisa dicoba:

1. Tepung Beras dan Susu

Susu mengandung vitamin A, vitamin B, dan asam alfa hidroksida (AHA) yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Untuk membuat masker tepung beras dan susu, cukup campurkan satu sendok makan tepung beras dengan satu sendok makan susu cair, aduk hingga berbentuk pasta kental, oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan sebelumnya secara merata, diamkan selama 15 sampai 30 menit, dan kemudian bilas dengan air dingin sampai bersih.

2. Tepung Beras, Kunyit, dan Lemon

Kunyit mengandung antioksidan yang baik untuk mencegah peradangan, membunuh bakteri penyebab jerawat, melawan tanda-tanda penuaan pada kulit, dan juga mengatasi kulit kusam. Sedangkan lemon mengandung banyak vitamin C yang sangat baik untuk membuat kulit sehat dan bercahaya.

Untuk membuat masker ini, cukup campurkan empat sendok makan tepung beras dengan tiga sendok makan jus lemon segar serta satu sendok makan kunyit bubuk. Aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur secara merata, oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan dan beri pijatan lembut dengan gerakan melingkar. Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan kemudian bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Tepung Beras dan Mentimun

Alternatif masker tepung beras ketiga yang bisa dicoba adalah masker tepung beras dan mentimun. Mentimun kaya cairan pelembab dan bersifat mendinginkan sehingga sangat cocok untuk yang sedang mengalami iritasi kulit karena terbakar sinar matahari.

Untuk membuat masker ini, campurkan dua sendok makan mentimun yang udah dihaluskan dengan tepung beras secukupnya, oleskan pada wajah, dan diamkan hingga setengah mengering. Beri pijatan ringan dengan gerakan melingkar selama kurang lebih 1 menit dan bilas hingga bersih.

4. Tepung Beras, Madu, dan Oatmeal

Madu dan oatmeal sudah tidak diragukan lagi khasiatnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Campuran antara tepung beras, madu, dan oatmeal bisa jadi kombinasi oke untuk yang menginginkan kulit wajah yang cerah alami.

Caranya dengan mencampurkan satu sendok makan tepung beras dengan setengah sendok teh oatmeal dan beberapa tetes madu, diamkan sebentar sampai oatmeal melunak, oleskan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Saat masker sudah setengah kering, gosok perlahan dengan gerakan melingkar untuk mengangkat sel kulit mati dan kemudian bilas dengan air dingin.

5. Tepung Beras, kentang, dan Yogurt

Variasi masker tepung beras kelima yang bisa dicoba untuk mencerahkan kulit wajah adalah campuran tepung beras dengan kentang dan yogurt. Caranya dengan mencampur sesendok makan tepung beras dengan sebutir kentang segar yang sudah ditumbuk dan yogurt plain secukupnya. Aplikasikan pada wajah yang sebelumnya sudah dibersihkan. Diamkan selama 30 menit atau sampai benar-benar kering dan kemudian bilas hingga bersih.

Nah saat ini giliran Anda untuk merasakan manfaat tepung beras yang sangat alami ini untuk perawatan kecantikan Anda.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *