6 Langkah Sederhana Atasi Kulit Kering Saat Bulan Puasa

kulit kering

Saat puasa, Anda tidak makan dan minum hingga kurang lebih 14 jam lamanya. Tubuh pun ikut menyesuaikan dengan siklus yang berubah.

Puasa sering kali menyebabkan kulit jadi kering dan kusam. Hal ini disebabkan karena kurangnya asupan air sehingg membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Selain berefek pada tubuh, dehidrasi juga dapat menyerang kulit sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Terutama bagi Anda pekerja kantoran yang berada di ruangan ber-AC selama berjam-jam. Kulit kering, bersisik, dan pecah-pecah tentu akan menghampiri kulit Anda. Keadaan ini akan membuat penampilan Anda kurang menarik.

Sebagai wanita, kesehatan kulit tentu peting dijaga selama bulan puasa. Bagaimana cara mengatasi kulit kering? Intip langkah sederhana berikut ini:

1. Cukup Konsumsi Air Putih

kulit kering

Tidak ada alasan puasa menyebabkan Anda dehidrasi. Anda dapat menyiasati minum air putih yang cukup selama buka puasa hingga sahur. Di antara waktu itu Anda dapat mengonsumsinya dengan cara dibagi. Ingat jangan langsung minum 8 gelas, karena dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut.

2. Hindari Makanan yang Berminyak

kulit kering

Makanan yang terlalu banyak minyak seperti gorengan sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi selama Ramadhan. Minyak akan membuat Anda lebih cepat dehidrasi dan lebih banyak membutuhkan cairan tubuh. Jadi selama puasa hindari mengonsumsi makanan tersebut.

3. Tepat Memilih Pelembap

kulit kering

Pelembab tidak hanya untuk kulit kering, tetapi juga penting untuk kulit yang berminyak. Memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit kamu akan mengurangi risiko dehidrasi. Pilih pelembab yang mengandung bahan alami seperti alpukat, minyak argan dan minyak zaitun. Bahan alami tersebut akan membantu kulit tetap terhidrasi.

4. Kurangi Minuman Susu, Soda, dan Kafein

kulit kering

Terlalu banyak minum produk yang mengandung susu telah diketahui erat kaitannya dengan kemunculan jerawat. Selain itu, minuman berkafein dan bersoda juga diketahui dapat menyerap mineral yang ada dalam tubuh sehingga memiliki efek negatif bagi kulit Anda. Fakta juga membuktikan bahwa soda hanya mampu diserap oleh tubuh sebesar 20-30%, sedangkan jus buah mampu diserap hingga 50-60%.

5. Konsisten Melakukan Rutinitas Harian Perawatan Dasar Kulit

kulit kering

Membersihkan, mencuci,  serta melembabkannya merupakan rutinitas perawatan kulit yang harus Anda lakukan terutama di bulan puasa ini. Rutinitas ini akan mengembalikan tingkat mineral alami kulit dan menyeimbangkan produksi minyak atau sebum di kulit. Jagalah kulit Anda agar tetap segar misalnya dengan rutin menggunakan face mist atau air mawar yang disimpan di kulkas. Hindari pula makanan berminyak saat berbuka dan perbanyak makanan berbahan air.

6. Perawatan di Malam Hari

kulit kering

Menggunakan krim malam akan membantu mempercepat proses pergantian sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih halus dan sehat. Selain itu tetap gunakan body butter atau body cream sehabis mandi sore karena akan membantu melembabkan kulit.

 

Cegah Kulit Kering dengan Perbanyak Konsumsi Nutrisi

kulit kering

Tidak hanya melakukan perawatan dari luar saja, untuk mencegah kulit jadi kering Anda juga butuh asupan nutrisi ke dalam tubuh. Lantas, nutrisi apa saja yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah kulit jadi kering?

Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu vitamin penting bagi kesehatan kulit. Vitamin ini mampu mencegah kulit Anda dari kekeringan dan dehidrasi serta menjaga tekstur kulit agar tetap halus. Wortel adalah sumber terkaya dari vitamin A, namun Anda juga bisa mendapatkan pada bayam dan sayuran berdaun hijau. Jadi, selama bulan Ramadhan sangat baik untuk menjadikan jus wortel segar salah satu menu jus yang Anda konsumsi setidaknya sekali dalam seminggu dan menambahkannya ke dalam menu berbuka puasa.

Vitamin B

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan dehidrasi kulit, keriput dan beberapa tanda penuaan dini lainnya. Sumber penting dari vitamin B adalah daging, kacang-kacangan dan biji-bijian. Mengonsumsi kacang mete dan almon akan membantu meremajakan kulit Anda karena serat dan asam lemaknya yang tinggi.

Vitamin E

Vitamin E merupakan vitamin penting lainnya karena dapat membantu meminimalkan kemunculan keriput dan meningkatkan regenerasi sel. Vitamin E dapat Anda temukan pada kacang-kacangan dan minyak nabati yang digunakan dalam memasak.

Vitamin C

Vitamin C ini memainkan peran penting dalam menjaga integritas dan cahaya kulit Anda. Anda bisa mendapatkan nutrisi dari jeruk, stroberi, dan jus melon.

Antioksidan

Selain antioksidan di atas, selenium dan seng juga merupakan antioksidan yang berperan dalam melindungi sel-sel kulit dan menjaga kesehatan kulit. Selenium dan seng terutama ditemukan dalam daging dan makanan laut.

Asam Lemak Omega-3

Lemak ini berperan dalam menjaga kulit dan membuatnya bersinar. Omega 3 merupakan asam lemak esensial karena tubuh tidak dapat memproduksinya sendiri sehingga tubuh perlu untuk mendapatkannya dari makanan, terutama ikan.

 

Tak Hanya Kulit Kering, Bibir pun Juga Ikut Kering

kulit kering

Saat berpuasa, asupan cairan ke dalam tubuh cenderung berkurang drastis. Kekurangan cairan dalam tubuh berdampak pada kondisi kulit dan bibir kita, salah satu dampak yang sering dialami adalah bibir kering dan pecah-pecah.

Bibir kering dan pecah-pecah menimbulkan rasa sakit, apalagi Anda tidak sengaja mengelupas kulit pada bibir Anda. Bibir pun menjadi terluka.

Saat bulan puasa, Anda bisa melakukan pencegahan munculnya bibir kering dengan cara yang mudah, yaitu:

  • Banyak Minum Air Putih Saat Berbuka Dan Sahur

Pastikan asupan air putih untuk tubuh tercukupi meski berpuasa kurang lebih 14 jam. Perbanyak asupan air putih saat berbuka dan sahur untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang.

  • Hindari Makanan Asin dan Pedas

Mulut kering dan bibir pecah-pecah akan semakin parah dengan makanan asin dan pedas. Ini dikarenakan asupan cairan tubuh cenderung diikat oleh konsumsi garam. Makanan pedas juga akan membuat kita cenderung mudah haus.

  • Lembabkan Bibir Dengan Lipbalm

Oleskan lipbalm untuk melindungi dan menjaga bibir tetap lembab. Pilih lipbalm yang mengandung SPF untuk pemakaian di siang hari.

  • Scrubbing

Agar bibir yang mengelupas tidak semakin parah, rajinlah scrubbing. Olesi bibir dengan lipbalm lalu gosok bibir dengan sikat gigi. Anda juga bisa membuat lipscrub sendiri dengan gula dan madu. Setelah dibilas, jangan lupa aplikasikan lipbalm untuk menjaga kelembabannya.

 

Menjaga kulit selama Puasa memang tidak bisa hanya dilakukan dari satu sisi saja, yakni dari perawatan yang dilakukan. Pun, perawatan dari dalam sangat penting untuk menjaga kulit dengan nutrisi yang tercukupi. Perawatan yang dilakukan juga harus seimbang, dalam artian merawat wajah harus dan menjaga nutrisi yang baju juga sangat perlu.

Stay be beautiful, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *