6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

 skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Apakah Anda memiliki jenis kulit yang kering? Apakah Anda sudah mencoba berbagai krim yang banyak dijual di pasaran untuk mengatasi kulit Anda? Ya, setiap jenis kulit memang memiliki masalahnya masing-masing. Ada beberapa masalah kulit kering yang jika tidak segera diobati akan menyebabkan infeksi yang serius. Setiap masalah kulit haruslah diobati dengan perawatan kulit khusus sesuai dengan jenis kulit serta telah teruji secara klinis.

Oleh karena itu, waspadai beberapa masalah yang umum terjadi pada kulit kering berikut ini:

  1. Skin Tag

skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Skin tag adalah tumbuhnya kulit yang kecil di permukaan kulit yang lembut. Biasanya muncul di bagian leher, ketiak, kelopak mata, dan di bawah payudara. Seseorang mungkin bisa memiliki lebih dari 1 hingga 100 skin tag. Biasanya kebanyakan orang menghilangkan masalah kulit kering ini dengan jalan non operasi maupun melalui pembedahan. Perawatan yang ditawarkan biasanya melalui freezing, memotong skin tag, dan mengikatnya dengan benang.

  1. Psoriasis

skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Peradangan dapat menyebabkan psoriasis, masalah kulit yang kronis. Orang gemuk dengan kecenderungan diabetes atau penyakit jantung adalah orang yang paling mungkin untuk terkena psoriasis. Anda juga dapat mewarisi atau menyebarkannya secara genetik. Masalah kulit kering ini adalah kondisi yang belum dapat disembuhkan, dan belum ada obat yang dapat membantu meringankan gejala-gejalanya.

  1. Ruam

skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Orang yang memiliki kulit kering sering kali menderita ruam. Ruam bukanlah bagian dari infeksi. Wabah luka merah atau peradangan pada kulit adalah ruam. Ada berbagai jenis ruam termasuk diantaranya adalah eksim, ruam panas, dan ruam yang bernama poison ivy.
Ruam bisa disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri atau bahkan virus yang berada di alam. Obat OTC merupakan salah satu obat yang efektif untuk menyembuhkan ruam. Namun, Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika ruam pada tubuh bertahan selama lebih dari tiga hari.

  1. Gatal

skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Dalam istilah medis, kulit gatal disebut dengan pruritus. Ada beberapa penyebab yang dapat memicu gatal termasuk gigitan, sengatan, infeksi, kutu, paparan matahari, dan kulit kering. Biasanya, penggunaan krim topikal dapat memberikan bantuan pada kondisiyang mengganggu ini. Dokter mungkin akan menyarankan obat kortikosteroid jika sensasi gatalnya sudah tidak tertahankan. Menggaruk daerah yang gatal hanya memperburuk kondisi dan menyebabkan komplikasi lain seperti infeksi jamur atau bakteri. Jika luka mulai muncul pada kulit, segera konsultasikan dengan dokter.

  1. Athlete Foot

skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Masalah kulit kering yang satu ini adalah kondisi kulit yang mempengaruhi jari kaki dan telapak kaki. Jika jamur menjadi pemicu hal ini pada kaki olahragawan, maka kondisi ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya. Masalah kulit ini merupakan kondisi menular, dan Anda harus menghindari kontak dengan benda-benda dan lantai yang terkontaminasi. Penyakit ini sangat menyakitkan karena dapat menyebabkan sensasi terbakar, gatal dan bersisik. Jika penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur yang ada di alam, obat OTC biasanya dapat mengobatinya. Salah satu cara terbaik untuk mencegah athlete food ini adalah dengan menjaga kaki Anda tetap kering. Pakailah kaus kaki katun dan sepatu berlubang jika perlu.

  1. Dermatitis Atopik

skin.co.id 6 Masalah Kulit Kering Yang Wajib Anda Waspadai!

Kondisi kulit ini adalah jenis penyakit eksim genetik. Orang dengan kulit yang super sensitif mungkin juga sangat rentan dengan kondisi ini. Bercak kering dan bersisik adalah gejala khas dari dermatitis atopik. Masalah kulit ini kadang terasa sangat gatal, dan Anda mungkin merasa sulit untuk menahan agar tidak menggaruk. Biasanya kulit akan kekurangan cairan, dan gatal-gatal ini dapat menyebabkan komplikasi lainnya.

Perubahan hormon atau penuaan dapat memicu Anda memiliki kulit kering. Beberapa kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan kulit sangat kering diantaranya adalah

  • Hypothyroidism: kerusakan kelenjar tiroid di mana kelenjar berhenti memproduksi jumlah hormone dalam jumlah yang normal. Kondisi medis ini juga dikenal sebagai tiroid.
  • Kencing Manis
  • Gizi Buruk
  • Xerosis: menurunnya kadar minyak pada kulit.

Jika Anda memiliki kulit kering, konsultasikan dan tanyakan pada dokter Anda bagaimana menjaga masalah kulit kering yang serius seperti di atas.

BACA JUGA: Kenali Penyebab Kulit Jari Mengelupas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *