7 Hal yang Gagalkan Perawatan Wajah Anda!

perawatan wajah

Setiap perawatan wajah yang Anda lakukan tentu memiliki tujuan,yakni agar kulit Anda tampil cantik sesuai yang Anda inginkan. Kalau Anda termasuk orang yang perhatian dengan kesehatan wajah, Anda tentu saja menginginkan hasil terbaik dari perawatan tersebut.

perawatan wajah

Keberhasilan perawatan yang Anda lakukan tentunya bergantung pada banyak faktor. Semua diawali dengan bagaimana Anda memilih produk dan apakah bahan tersebut cocok atau tidak dengan jenis kulit yang Anda miliki. Namun, Anda tidak bisa semerta-merta menyalahkan produk perawatan wajah yang Anda gunakan. Tak jarang pula hasil perawatan yang Anda lakukan tidak maksimal juga karena kebiasaan Anda sendiri.

Kegagalan perawatan bisa terjadi karena nasihat dan arahan yang  salah. Untuk mengetahui apa saja yang bisa menggagalkan hasil perawatan wajah yang Anda jalani, simak informasi berikut:

1. Menggunakan Berbagai Merek Secara Bersamaan

Saat melakukan perawatan wajah, disarankan untuk Anda tidak mencampur atau memadukan beberapa merek prouk perawatan secara bersamaan. Hal ini tidak perlu Anda lakukan jika Anda inginkan HASIL YANG LEBIH SPESIFIK. Jika satu produk saja dapat bekerja dengan baik pada wajah Anda, belum tentu jika Anda memadukannya dengan produk lain dapat bekerja lebih baik.

Produk perawatan yang baik biasanya tidak hanya mencantumkan bahan utama pembuatan produk tersebut, akan tetapi para ahli juga akan merekomendasikan waktu yang tepat dan bagaimana cara menggunakannya.

Menggunakan berbagai merek produk secara bersamaan hanya akan memperburuk kondisi dan tentunya ini merupakan hal yang menggagalkan hasil perawatan wajah Anda.

2. Melewati Setiap Langkah Penggunaan

Hal lain yang bisa gagalkan hasil perawatan wajah Anda adalah melewati beberapa panduan penggunaan produk perawatan. Anda disarankan agar memulai rutinitas perawatan wajah dengan produk berbahan retinol dan AHA. Dua bahan ini sangat baik digunakan terutama di siang hari. Ada beberapa bahan lain yang juga sangat baik bagi wajah Anda, seperti blue complex yang bersifat menenangkan.

Jika Anda sudah terbiasa menggunakan produk berbahan ringan, maka kulit Anda akan beradaptasi dengan bahan tersebut dan perlahan-lahan mulai terbiasa. Pastikan pula untuk mengikuti langkah penggunaan yang benar. Hal ini sangat disarankan karena jika Anda melewatkan beberapa langkah penggunaan, makan akan berakibat pada lambatnya hasil yang akan Anda rasakan.

3. Tidak Menggunakan Tabir Surya yang Cukup

Anda mungkin sudah mendengar ratusan kali bahwa menggunakan tabir surya sangatlah penting. Bahkan di musin hujan pun Anda harus tetap memakainya. Meskipun saat musim hujan Anda tidak akan terbakar oleh sinar matahari, akan tetapi sinar UVA yang lebih panjang masih mampu menembus lapisan wajah Anda. Hal ini akan merusak DNA sel-sel pada wajah Anda. Jadi, jangan berpikir bahwa wajah Anda aman saat cuaca sedang berawan.

Semakin banyaknya kerusakan yang terjadi pada DNA sel-sel wajah, makan semakin cepat masalah keriput dan pigmentasi yang akan Anda hadapi. Kerusakan seperti ini bisa Anda hindari dan cegah dengan menggunakan tabir surya yang cukup.

4. Kurangnya Vitamin A dalam Rutinitas Perawatan Anda

Vitamin A tidak hanya berguna bagi kesehatan mata Anda saja. Vitamin yang satu ini juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan kulit Anda. Vitamin ini merupakan salah satu satu jenis vitamin yang sangat populer akan manfaatnya untuk mengatasi keriput. Tidak heran jika vitamin A ini hampir selalu ada pada krim anti penuaan. Pada umumnya, penggunaannya diberikan pada malam hari karena vitamin ini sangat sensitif terhadap cahaya matahari.

5. Mudah Sekali Menyerah dan Berpindah Produk

Produk terbaik di dunia untuk perawatan wajah biasanya mengandung vitamin C, niacinamide, AHA, kolagen, serta beberapa bahan yang mengandung antioksidan tinggi. Jika Anda termasuk orang yang mudah menyerah dan mudah sekali tergoda untuk mencoba produk lain, kondisi ini merupakan satu hal yang bisa menggagalkan hasil perawatan. Formulasi terbaik pada produk perawatan Anda merupakan sebuah investasi besar. Hasil permanen dan bagus itu tidak akan terlihat dalam jangka waktu yang singkat. Untuk mendapatkannya Anda membutuhkan komitmen dan konsistensi yang kuat.

6. Mendapatkan Saran yang Baik itu Penting!

Kondisi ini juga merupakan salah satu hal yang menggagalkan hasil perawatan wajah Anda, dengan mendapatkan informasi atau rekomendasi yang salah, Anda bukan saja menghambat kerja produk yang Anda pakai. Terlebih lagi, Anda juga sudah menggagalkan hasil perawatan wajah yang efektif.

“Merek atau brand produk perawatan wajah juga masih perlu ditunjang dengan saran yang tepat.”

Luangkanlah sedikit waktu Anda untuk berkonsultasi, berbagi informasi, dan bertukar pikiran dengan para ahli atau juga dalam sebuah forum. Hal ini akan membantu Anda menentukan apa yang terbaik bagi wajah Anda.

7. Tetap Melakukan Kebiasan Buruk

Merokok, gula, dan minum minuman berakohol sudah tidak diragukan lagi dapat merusak hasil perawatan Anda, dan tentunya membahayakan kesehatan Anda. Merokok dapat menguras habis sumber vitamin C pada kulit dan menghambat pasokan darah pada jaringan dermis Anda.

Gula dan makanan atau minuman dapat menciptakan masalah pada sel tubuh termasuk sel-sel kulit Anda. Terlalu banyak mengonsumsi gula akan mengakibatkan produk lanjutan yang disebut Glycation End (AGE). AGE merupakan proses normal tubuh, namun jika terlalu banyak AGE dapat berakibat pada kolagen yang berseberangan di jaringan dermis kulit, sedangkan mengonsumsi alkohol secara terus menerus akan membuat kulit dehidrasi di bagian sel-sel dermis.

Jaringan dermis kulit membutuhkan aliran darah, kadar air, dan nutrisi yang sehat dan berlimpah. Tidak ada perawatan wajah ajaib yang bisa mengatasi dampak dari merokok, konsumsi gulam dan alkohol.

>> Apa Benar Minyak Bisa Untuk Perawatan Wajah? <<

 

4 Kesalahan Perawatan Wajah yang Umum Dilakukan

perawatan wajah

Tidak bisa dipungkiri bahwa menjaga kesehatan wajah perlu dijadikan prioritas utama setiap wanita. Kulit yang sehat tentu membuat diri nyaman, tampil lebih awet muda, dan untuk Anda yang suka bermain dengan make up pun pasti produk yang digunakan akan terlihat lebih baik jika “kanvasnya” bagus. Maka dari itu, Skin.co.id percaya kalau perawatan wajah adalah salah satu rutinitas wajib yang harus dilakuan sehari-hari. Tapi, kadang ada perawatan peting yang terlewat, atau mungkin ada kesalahan yang tidak kita sadari sehingga kulit yang menerima dampak buruknya. Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak Anda inginkan, ketahui terlebih dahulu beberapa kesalahan perawatan wajah di bawah ini:

1. Menggunakan Produk yang Tidak Sesuai Jenis Kulit

Merasa produk perawatan wajah yang Ada pakai kurang efektif? Coba periksa sebentar, produk tersebut seudah sesuaikah dengan jenis kulit Anda? Nah, kesalahan perawatan wajah yang ini cukup sering terabaikan. Apalagi kalau melihat teman ada yang cocok dengan satu produk, ada dorongan untuk mencoba produk yang sama. Padahal tidak semua produk cocok untuk jenis kulit Anda. Dan kalau tidak disesuaikan, wajah bisa menjadi lebih kering, lebih berminyak, kusam, bahkan bisa muncul jerawat. Pastikan Anda mengenali jenis kulit terlebih dahulu dan membaca keterangan produk sebelum membeli.

2. Mencuci Wajah dengan Sabun Mandi

Kehabisan pembersih wajah, lalu Anda menggunakan sabun mandi sebagai penggantinya? Sebaiknya kesalahan perawatan wajah ini dihindari ya, Ladies. Sabun mandi memiliki kandungan pH yang lebih tinggi  (± 7) dari pH wajah Anda (4 – 5,5), sehingga bisa membuat wajah menjadi kerinng karena mengangkat kelembapan alami kulit.

3. Terlalu Sering Melakukan Eksfoliasi

Untuk mendapatkan wajah yang halus dan bebas dari tumpukan sel kulit mati, eksfoliasi adalah perawatan yang perlu Anda lakukan. Namun, kalau terlalu sering melakukannya, lapisan pelembab alami kulit menjadi rusak dan muncul berbagai masalah. Seperti, kulit bisa iritasi, terasa kering, dan mengelupas. Anda tentu tidak ingin mengalaminya, bukan?

Coba perhatikan produk apa yang Anda gunakan. Kalau produk jenis scrub alami, lakukan eksfoliasi 1 – 2 kali dalam seminggu. Sedangkan produk dengan kandungna asam/acid, beri jeda beberapa hari setiap melakukan eksfoliasi sesuai petunjuk penggunaan produk. Jika wajah terasa kering dan seperti ditarik, tambahkan jeda satu hari lagi sebelem eksfoliasi berikutnya.

4. Tertidur dengan Riasan Menempel di Wajah

Seperti yang kita ketahui, kulit beregenerasi saat malam hari. Oleh karena itu, usahakan selelah apapun kita, bersihkan dulu wajah dari make up sebelum tidur agar kulit bisa bernapas. Jika riasan tidak dihapus, risikonya adalah pori-pori akan semakin tersumbat dan membuat produksi sebum (berfungsi melembapkan kulit secara alami) jadi terhambat.

BACA JUGA: Penyebab Program Perawatan Wajah Anda Tidak Berhasil

 

Cara Perawatan Wajah Setelah Beraktivitas

perawatan wajah

Terlalu lelah karena aktivitas harian menjadi alasan umum yang diutarakan wanita mengenai mengapa mereka malas membersihkan wajah sebelum tidur. Tak sedikit wanita yang  memilih cara perawatan wajah menggunakan tisu basah atau kapas khusus sekali usap.

Namun, cara tersebut sebenarnya sama sekali tidak efektif dalam mengangkat kotoran, debu, polusi udara, dan minyak di permukaan wajah yang telah terpendam seharian penuh. Anda tetap harus membersihkan wajah secara menyeluruh. Tujuannya, tentu saja agar terhindar dari jerawat dan penuaan dini.

1. Jangan Tinggalkan Bekas Make Up di Wajah

Menurut James C Marotta MD, seorang dokter spesialis bedah plastik dan pakar perawatan kulit, tidur dengan keadaan tata rias yang belum dibersihkan dari wajah sangat berbahaya bagi kulit. Kebiasaan ini, ungkap Marotta, merupakan cara terbaik dalam mengundang gangguan kulit kronis di wajah. Kulit dengan sendirinya memperbaiki diri sendiri di malam hari ketika Anda tertidur. Pulasan make up yang tidak dibersihkan bisa menyumbat pori-pori dan kulit sulit bernapas.

Marotta juga mengungkapkan bahwa tidur dalam keadaan tata rias yang masih menempel pada kulit wajah, memicu timbulnya beragam gangguan pada kulit, mulai dari kulit yang tidak merata, kulit menjadi kering, memerah, timbulnya jerawat, dan menambah kerutan pada wajah.

Tidur dengan tata rias masih menempel juga dapat meningkatkan paparan radikal bebas yang memicu kerusakan kolagen dan kulit menjadi menua lebih cepat. Riasan wajah meski sederhana, tetap harus dibersihkan hingga benar-benar terangkat dari kulit wajah Anda.

Meski hanya mascara, Anda tetap harus menghapusnya sebelum tidur. Sebab, maskara pun dapat menyumbat folikel, yakni lubang tempat tumbuhnya bulu mata Anda. Ini akan menyebabkan iritasi, peradangan, hingga infeksi maupun kista.

2. Perawatan Wajah Setelah Beraktivitas

Cara perawatan wajah dengan benar menjadi satu hal utama yang patut dicermati oleh wanita. Ada beberapa wanita yang tidak tahu bagaimana cara perawatan wajah setelah memakai make up. Padahal kesalahan ketika membersihkan make up justru akan menimbulkan masalah bagi kulit. Berikut cara perawatan wajah setelah make up:

  • Cuci tangan terlebih dahulu sebelum Anda membersihkan make up yang melekat pada wajah dan mata.
  • Sebelum memulai cara perawatan setelah memakai make up, baiknya Anda mengompres wajah terlebih dahulu. Gunakan handuk yang sebelumnya sudah direndam dalam air hangat, peras handuk tersebut kemudian tempelkan pada wajah. Handuk yang masih dalam keadaan hangat akan membantu membuka pori-pori wajah sehingga sisa make up yang terdapat dalam pori-pori dapat mudah terangkat.
  • Bersihkan make upyang menempel pada bagian mata terlebih dahulu, seperti maskara, eye shadow, dan eye liner. Riasan yang menempel pada mata harus dibersihkan secara perlahan dan detail agar tidak ada satu pun sisa make up yang tertinggal pada mata sehingga membuat kulit pada area anda mudah mengalami masalah seperti kulit keriput dan kering.
  • Setelah selesai membersihkan area mata, selanjutnya Anda dapat membersihkan wajah Anda. Anda dapat menggunakan Vitalizer White Soap. Cleansing foam yang membantu membersihkan bekas make up, kotoran, sebum maupun sel-sel kulit mati pada wajah dengan efek yang menyegarkan.

Vitalizer White Soap ini mengandung 10% vitamin B3 untuk membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak lembab dengan kandungan kapsul-kapsul vitamin di dalamnya. Wajah Anda akan tercerahkan dengan produk ini. Selamat mencoba!

 

Membersihkan Wajah Secara Tuntas

  • Mengandung 10% Vitamin B3 untuk mencerahkan kulit
  • Membuat kulit tampak lembab
  • Membersihkan kotoran-kotoran yang menempel
  • Mengangkat sel-sel kulit mati
  • Memberikan eferk menyegarkan kulit
  • Memelihara kelembutan kulit tanpa membuat kulit jadi kering

Cantik itu terpancar dari wajah Anda. BELI DI SINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *