7 Jenis Makanan Sehat yang Baik Dikonsumsi Saat Puasa

puasa

Bagaimana puasa hari ke 9 ini, ladies? Sudah disiapkan menu buka hari ini?

Biasanya, saat berbuka menjadi salah satu hal yang paling ditunggu saat puasa. Nggak jarang kita memilih minuman manis yang dingin dan menyegarkan untuk memuaskan dahaga setelah selama seharian tidak mengonsumsi apa-apa.

Ada juga yang masih bertanya-tanya bagaimana pola makan yang benar atau makanan sehat saat puasa, agar tubuh tidak kekurangan gizi. Lalu, jenis makanan sehat saat puasa seperti apa yang baik dikonsumsi? Berikut penjelasannya:

puasa

1. Karbo Kompleks & Serat

Tubuh terasa lemas serta kadar gula menurun wajar dialami pada awal puasa. Untuk mengembalikan kekuatan tubuh, ada baiknya konsumsi karbohidrat komplek serta makanan yang kaya akan serat. Semua makanan ini membuat tubuh kenyang lebih lama serta kadar energi lebih stabil. Karbohidrat kompleks ada pada quinoa, nasi merah, kentang, ubi, dan oatmeal.

2. Protein

Makanan seperti daging ayam, ikan, telur susu, keju, yogurt dan lain-lain merupakan asupan protein yang bisa kamu konsumsi. Seluruh makanan ini bisa dicerna perlahan oleh tubuh sehingga rasa kenyang bisa bertahan lebih lama.

3. Cairan Sehat

Setelah berpuasa lebih dari 12 jam per hari, tubuh memerlukan cairan untuk meningkatkan kadar gula darah yang tidak berlebihan. Usai berbuka puasa, kamu bisa meminum 8 gelas air putih selama waktu berbuka hingga sahur, susu, atau jus yang menyehatkan.

4. Sayuran

 Perbanyak konsumsi sayuran dapat membantu kamu lebih kuat untuk berpuasa. Sayuran yang bagus diolah dengan cara dijadikan sup dan tumisan.

5. Kurma

Desy mengatakan kurma merupakan gula alami yang bagus dikonsumsi setelah buka puasa. Satu butir kurma mengandung 70 hingga 80 kalori sehingga masih aman dikonsumsi.

6. Air Putih

Air mineral atau air putih merupakan minuman terbaik untuk memenuhi kebutuhan cairan akan berpuasa. Kandungan mineral air berfungsi menjaga karja tubuh serta menjaga tubuh terhadap dehidrasi. Air mineral menjadi pilihan utama dikarenakan beberapa minuman yang memiliki rasa memiliki efek diuretik (sering buang air kecil) akibatnya mudah dehidrasi atau mengganggu kesehatan.

7. Madu

Madu dapat dicampurkan pada air mineral saat minum. Madu memiliki kandungan gizi yang tinggi sebagai sumber energi serta sumber antioksidanuntuk tetap menjaga kesehatan tubuh selama berpuasa.

 

Buah dan Sayur yang Pas Dikonsumsi Saat Puasa

puasa

Masalah kulit yang kerap hadir selama bulan puasa adalah kulit dan bibir yang kering karena kurangnya cairan. Belum lagi paparan cuaca dan pendingin ruangan yang membuat kulit semakin kehilangan kelembapan alaminya. Untuk mengatasinya, yuk, makan sayur dan buah ini agar kulit tetap sehat dan segar selama bulan puasa!

1. Brokoli

Vitamin E dan C dalam sayuran ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Brokoli juga membantu tubuh menangkal radikal bebas, lho! Dapatkan manfaatnya dengan menumis atau merebusnya untuk hidangan buka dan sahur Anda.

2. Semangka

Tidak mengandung lemak dan rendah kalori, kandungan air yang tinggi pada semangka lebih mudah diserap tubuh yang baru terisi makanan saat buka puasa. Semangka juga mengandung vitamin A, B, dan C.

3. Avokad

Selain melembapkan kulit, avokad juga mengandung lemak tak jenuh yang membantu penyerapan vitamin A, K, D dan E. Berbuka dengan segelas jus avokad bukan hanya mengenyangkan dan mengembalikan gula darah yang hilang, tapi juga mengatur keseimbangan metabolisme tubuh kita.

4. Bayam

Bayam mengandung antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas, sementara Vitamin K dan folat pada bayam juga membantu mengatasi jerawat, menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata, serta mengurangi peradangan. Masak sayur ini sebagai sayur bening dan nikmati manfaatnya saat berbuka atau sahur nanti!

5. Timun Suri

Salah satu ‘primadona’ yang wajib ada setiap bulan puasa ini ternyata bukan sekadar sedap untuk dibuat es saja, tapi juga mengandung antioksidan, vitamin C, serat, dan air yang menyegarkan tubuh dan kulit. Jika mau menyantap timun suri sebagai es buah, hindari pemakaian gula berlebih agar tidak merusak produksi kolagen kita, ya!

 

Kalau Minuman Ini, Harus Dihindari Ya!

puasa

Bulan Ramadan ini bertepatan dengan tibanya musim panas, yang artinya Anda akan beribadah puasa saat suhu udara di luar sedang panas-panasnya. Maka tubuh menjadi lebih rentan terkena dehidrasi atau kekurangan cairan. Salah satu efek buruk kekurangan cairan adalah kulit yang kusam, berikut ini daftar minuman yang harus Anda kurangi/hindari asupannya di bulan puasa ini:

1. Minuman Manis

Bulan puasa, tentu identik dengan makanan dan minuman manis, terlebih untuk disantap saat buka puasa. “Gula yang dikonsumsi tubuh akan mengakibatkan meningkatnya kadar insulin, yang menyebabkan peradangan di sel-sel tubuh yang menyebabkan tubuh memproduksi enzim yang memecah collagen dan elastin alami pada sel kulit, yang akhirnya memicu penuaan pada kulit berupa kulit kendur dan keriput,” terang dr. Nicholas Perricone, seorang dermatologis pada sebuah artikel yang dilansir Huffington Post. Selain itu, konsumsi terlalu banyak gula juga bisa menyebabkan jerawat.

2. Kafein Dalam Kopi

Tidak ada salahnya mengonsumsi kopi, asal jumlahnya tidak berlebihan. Karena kafein punya efek diuretic, yang berarti mendorong tubuh untuk mengeluarkan cairan melalui air seni. Selain itu kandungan asam dalam kopi mendorong hormon stres dan meningkatkan produksi minyak pada kelenjar kulit. Coba batasi konsumsi kopi menjadi 1 gelas saja di bulan puasa dan imbangi dengan minum air putih yang cukup. Bisa juga ganti kopi menjadi segelas teh hijau untuk asupan kafein harian Anda.

3. Minuman Bersoda

Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi dan menyebabkan penuaan dini, seperti yang disebutkan di poin pertama tadi. Efeknya tentu tidak baik, apalagi di bulan puasa ini.

4. Minuman Energi

Minuman energi biasanya mengandung paduan kafein dan gula yang tinggi. Ck ck ck… coba gabungkan efek buruk di poin 1 dan 2, lalu bayangkan efeknya pada kulit Anda. Jadi sebaiknya konsumsi minuman energi di bulan puasa Anda batasi. Minuman manis, bersoda, atau kopi memang terdengar menyegarkan setelah berpuasa sepanjang hari, tapi yang sebetulnya paling dibutuhkan tubuh dan kulit Anda adalah asupan air putih. Usahakan minum 8 gelas air setelah berbuka dan ganti dengan opsi minuman segar yang lebih menyehatkan seperti infused water atau jus buah.

Bukan hanya di bulan puasa saj , tips ini juga bisa Anda aplikasikan setelahnya agar tubuh dan kulit tidak dehidrasi, tetap segar, sehat, dan pastinya tidak kusam!

Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *