7 Tips Ampuh Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah

cara menghilangkan kerutan di wajah

Siapa yang ingin memiliki wajah bebas kerutan? Pasti semua kaum hawa di dunia ini mengangkat tangan tanda setuju. Tapi apa semua tahu bagaimana cara mengilangkan kerutan di wajah dengan cepat?

cara menghilangkan kerutan di wajah

Impian wajah yang mulus tanpa kerutan dan garis halus tentunya mejadi impian setiap wanita. Sayangnya, seiring betambahnya umur, yang namanya kerutan pasti muncul. Yang paling sering terjadi adalah kerutan yang ada di sekitar mulut atau biasa dikenal sebagai garis senyum. Tidak hanya penampilan, kerutan ini membuat make up jadi kurang sempurna.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan kerutan di wajah dengan mudah? Simak dan terapkan info ini ya, ladies:

1. Perhatikan Posisi Tidur

Siapa sangka kalau posisi tidur juga berpengaruh dengan kerutan di wajah. Meski terlihat sepele memperhatikan posisi tidur bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah. Kalau Anda terbiasa dengan posisi tidur menyamping atau tengkurap, sebaiknya mulai saat ini atur lagi posisi tidur Anda. Tidur dengan posisi tersebut menyebabkan berat tubuh tertumpu pada satu posisi, termasuk wajah.

Kerutan yang muncul karena posisi tidur yang salah dapat segera menghilang pada kulit yang lebih muda, tapi akhirnya akan menjadi permanen karena terjadi setiap malam ketika tidur dan elastisitas kulit menurun seiring dengan bertambahnya usia. Kunci untuk mencegah kerutan muncul saat Anda tidur adalah posisi tidur telentang karena posisi tersebut dapat meminimalkna kontak wajah dengan bantul atau tempat tidur. Posisi tidur terlentang juga mempunyai manfaat kesehatan yang lain seperti baik bagi postur tubuh dan tulang belakang.

2. Menggunakan Krim Malam

Menggunakan krim malam menjadi salah satu produk skincare yang wajib Anda gunakan, apalagi kalau Anda mulai memasuki usia 20-an. Untuk Anda yang memiliki masalah khusus seperti kerutan atau garis senyum, ada baiknya memilih krim yang mengandung retinol yang mampu secara efektif memperbaiki elastisitas kulit dan menyamarkan kerutan.

Jangan lupa juga untuk mengaplikasikan kirim dan serum mata berfungsi untuk melembabkan area di sekitar mata. Dengan kondisi kulit yang lembab, maka cara menghilangkan keriput di wajah pun bisa teratasi dengan mudah. Krim bisa Anda oleskan setiap malam sebelum tidur.

Sedang serum bisa digunakan secara rutin minimal seminggu sekali saja. Serum sangatlah bermanfaat untuk mengencangkan kulit, sehingga sangat baik sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

3. Air Putih 8 Gelas Per Hari, Wajib!

Bosan membaca tips yang satu ini? Anda tentu akan menyesal. Percaya atau tidak, air putih memang punya segudang manfaat yang baik untuk kesehatan dan juga kecantikan. Dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup, tak hanya tubuh Anda yang terbebas dari racun, pun wajah akan terlihat lebih segar dan sehat karena air mampu membantu meningkatkan elastisitas kulit wajah. Dengan air putih, cara menghilangkan kerutan di wajah jadi lebih mudah!

4. Rutin Konsumsi Ikan Laut

 Ikan laut memberikan asupan protein dan omega-3 yang terbaik. Para ilmuwan sendiri sangat menyarankan untuk konsumsi ikan laut ini untuk menjaga kulit tetap lembut, serta bisa sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

5. Aplikasikan Krim Berbahan AHA

Alpha Hydroxy Acid atau AHA adalah bahan yang dapat membantu menyingkirkan sel kulit mati, mengurangi penampilan pori besar, membuat kulit kenyal, dan tentunya sangat bisa untuk cara menghilangkan kerutan di wajah cantik Anda.

6. Jangan Terlalu Rajin Cuci Muka

Memang terasa segar setelah mencuci wajah. Tapi jika terlalu sering, Anda akan kehilangan kandungan minyak di wajah. Nah, ini nantinya akan memicu munculnya garis kerus kulit kurangnya kelembapan.

7. Rutin Minum Susu Kedelai

Kalau tidak suka dengan susu sapi, gantikan saja dengan susu kedelai. Susu jenis ini justri bagus untuk kulit. Selain menjadi tabir surya alami, mengonsumsi susu kedelai akan membuat tekstur kulit menjadi semakin indah. Konsumsi susu kedelai secara rutin, bisa menjadi alternatif cara menghilangkan kerutan di wajah.

 

Menghilangkan Kerutan Wajah dengan Face Yoga!

cara menghilangkan kerutan di wajah

Ternyata ada juga cara menghilangkan kerutan di wajah  yang memikat banyak orang, seperti Face Yoga yang satu ini. Menurut Danielle Collins yang menyebarkan awareness akan face yoga ini, wajah pun bisa merasa dan terlihat lebih sehat dengan yoga. Ada beberapa gerakan yang bisa dilakukan pada kulit wajah untuk meningkatkan kolagen sehingga kulit bisa lebih plump dan kencang. Face yoga ini tentu bisa menjadi cara menghilangkan kerutan di wajah cantik Anda. Tertarik mencobanya sebagaic ara menghilangkan kerutan di wajah Anda?

Neck Lift

Sesuai dengan namanya, gerakan face yoga ini berguna untuk mengencangkan kulit pada area leher dan garis rahang serta menghilangkan double chin.

Cara melakukannya dengan mengerutkan bibir ke satu sisi wajah hingga Anda merasakan adanya tarikan pada pipi. Setelah itu, putar kepala searah dengan kerutan bibir dan angkat kepala hingga sudut 45° atau hingga Anda merasakan adanya tarikan pada leher. Tahan posisi tersebut selama 3 detik, dan ulangi. Lakukan hal yang sama dengan sisi lainnya.

Smile Smoother

Gerakan face yoga ini berguna untuk mengurangi cheek lines dan mengencangkan kulit yang kendur. The Smile Smoother dapat menjadi alternatif bagi Anda yang ingin melakukan lower face lift dan fillers.

Untuk melakukannya, dimulai dengan melipat bibir Anda ke bagian dalam mulut hingga gigi Anda tertutupi. Setelah itu, masih dengan gigi yang tertutupi, senyum yang lebar dan ikuti dengan relaksasi. Ulangi gerakan ini sebanyak 6 kali.

Terakhir, tahan senyum Anda, letakkan jari telunjuk pada dagu lalu gerakkan rahang Anda ke atas dan bawah sambil mendongakkan kepala. Selingi dengan relaksasi dan ulangi sebanyak dua kali.

Cheek Firmer

The Cheek Firmer berguna untuk mengencangkan pipi Anda. Cara melakukannya pun sangat mudah. Gembungkan kedua pipi Anda lalu pindahkan udara dalam pipi dari satu sisi ke sisi yang lainnya sebanyak 5 kali. Saat melakukan gerakan ini, Anda kan merasakan tarikan pada area pipi dan bibir. Hembuskan udara dalam pipi dengan bibir yang membentuk ‘O’ kecil. Lakukan gerakan ini sebanyak 3 hingga 4 kali untuk menjaga kekencangan pipi Anda.

Semi Blink

Untuk Anda yang ingin menghilangkan kerutan pada sisi luar mata atau biasa disebut dengan crow’s feet, gerakan ini dapat dicoba.

Cara melakukannya dengan letakkan jari telunjuk dan jari tengah Anda pada pelipis lalu tarik ke arah luar wajah. Setelah itu, sipitkan mata Anda hingga setengah tertutup. Anda akan merasakan tarikan pada area kelopak mata dan alis. Lakukan gerakan ini sebanyak 20 kali.

Karena kulit pada area mata lebih tipis dan sensitif, sangat disarankan dan pastikan untuk tidak menarik ujung mata terlalu kencang, ya!

“Surprise Me”

Nah, kalo gerakan yoga yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menghilangkan garis-garis halus pada area dahi. Gerakan yang dilakukan pun sangat mudah sekali. Cukup dengan membelalakkan mata selebar yang Anda bisa. Tahan gerakan tersebut selama kurang lebih 10 detik atau hingga mata Anda mulai berair. Dengan melakukan gerakan ini, Anda melatih otot sekitar mata dan dahi. The Surprise Me dapat mengurangi efek negatif dari dahi yang mengernyit.

 

Menghilangkan Kerutan dengan Bahan-bahan Alami, Seperti …..

cara menghilangkan kerutan di wajah

Menggunakan Lap Basah

Menepuk-nepuk bagian kerutan dengan menggunakan lap basah ternyata juga cukup efektif untuk cara menghilangkan kerutan di wajah. Caranya basahi kain lembut dengan air hangat, kemudian tepuk-tepuk di bagian bawah mata ataupun dahi.

Usahakan bagian keriput semuanya sudah ditepuk-tepuk secara merata. Cara ini sangat efektif dilakukan sebelum kamu tidur dan setelah bangun pada pagi harinya (sebelum beraktivitas).

Susus dan Madu

Susu dan madu merupakan sumber nutrisi yang cukup lengkap. Madu mengandung senyawa humektan yang dapat menyerap dan mempertahankan kelembaban kulit, sehingga bisa sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah.

Sedangkan susu mengandung asam laktat yang cukup tinggi. Kandungan asam laktat akan membantu membersihkan kotoran-kotoran yang terdapat jauh di dalam pori kulit. Akibatnya, kolagen pun bisa disekresikan secara optimal.

Cara menghilangkan kerutan dengan susu dan madu:

  • Campurkan sekiranya 1 sdm (15ml) madu dengan 1/2 sdm (7,5ml) susu organik atau susu tawar. Aduk-aduk sampai semua bahan tercampur rata
  • Pijatkan campuran tadi ke bagian wajah yang mengalami keriput. Diamkan sampai meresap sekiranya 30 menitan
  • Setelah itu, bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Eksfoliasi Jus Lemon dan Gula

Jus lemon mengandung asam sitrat yang cukup tinggi, dimana kandungan ini bersifat abrasif dan bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati penyebab keriput di wajah. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat bertindak meningkatkan produksi kolagen pada kulit wajah.

Sedangkan gula sendiri mengandung glikolat yang dapat memperbaiki kerusakan sel kulit. Campuran kedua bahan alami ini bisa menjadi bahan eksfoliasi atau scrubing untuk cara menghilangkan kerutan di wajah.

Cara menghilangkan keriput dengan lemon dan gula:

  • Pertama campurkan 1 sdt (5ml) gula organik mentah dengan 2 sdm (30 ml) air perasan lemon segar
  • Setelah tercampur rata, oles dan pijatkan campuran tersebut secara merata pada bagian keriput
  • Usahakan jangan sampai terkena mata, karena dapat menyebabkan rasa perih
  • Diamkan selama 10 menitan, apabila sudah meresap bilas dengan air dingin.

 Terapkan Masker Putih Telur

Putih telur merupakan sumber protein yang cukup tinggi. Kandungan protein tersebut sangatlah berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang mengalami kerusakan. Sehingga sangat baik untuk mempercepat regenerasi sel kulit baru.

Selain itu, putih telur juga bersifat astrigen. Sifatnya inilah yang bisa membuat kulit nampak kencang dan tentu bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah. Bahkan dalam penggunaan 1 s.d 2 kali saja kamu sudah bisa menikmati hasilnya.

Cara menghilangkan kerutan dengan putih telur:

  • Kocok putih telur dari dua butir telur dengan menggunakan mixer listrik sampai mengeluarkan busa memuncak
  • Apabila sudah mengeluarkan busa, oles dan pijatkan putih telur tadi keseluruh bagian kulit wajah yang mengalami keriput
  • Diamkan selama 20 menit agar masker bekerja optimal. Jika sudah terasa kaku di wajah bilas dengan menggunakan air dingin.

Gunakan Air Lemon Balm

Lemon balm adalah ramuan dari keluarga tanaman mint. Tanaman yang satu ini mengandung senyawa yang bersifat astrigen. Senyawa tersebut bisa digunakan sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah dengan cepat, namun sifatnya hanya sementara.

Cara menghilangkan kerutan dengan lemon balm:

  • Tambahkan lemon balm secukupnya kedalam 2 gelas air yang mendidih
  • Gunakan air tersebut untuk membasuh wajah setiap hari sebelum beraktivitas

Cuci Wajah dengan Minyak Zaitun

Mencuci wajah dengan menggunakan minyak yang mengandung asam linoleat dapat membantu kulit agar tetap selalu terhidrasi, sehingga mampu mengurangi efek dari kerutan. Anda bisa menggunakan minyak zaitun dan minyak wortel yang notabenya mengandung asam linoleat cukup tinggi. Mencuci wajah dengan minyak zaitun ini akan membantu Anda sebagai cara menghilangkan kerutan di wajah Anda.
Cara menghilangkan kerutan dengan minyak zaitun:

  • Campurkanlah 2 sdt (10ml) minyak olive oil atau minyak zaitun dengan 2 tetes minyak wortel. Apabila tidak ada minyak wortel, kamu bisa menggunakan perasan air wortel
  • Selanjutnya gunakan minyak tadi untuk memijat wajah selama kurang lebih 30 detik. Kemudian diamkan selama 30 menit agar meresap
  • Bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih total

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *