8 Cara Membuat Pori-pori Tampak Lebih Kecil

pori-pori

Apa sih yang sebenarnya membuat pori-pori kita menjadi besar? Debu, sisa makeup, sebum (minyak), dan sel kulit mati dapat menumpuk di dalam pori-pori kulit wajah kita dan membentuk sumbatan sehingga membuat lubang pori-pori kita menjadi lebih besar.

pori-pori

Selain membuat pori-pori menjadi besar, sumbatan ini juga dapat memicu munculnya komedo, bahkan jerawat jika ada bakteri di sana. Jadi, cara mengecilkan pori-pori yang paling tepat dan efektif adalah dengan membuat pori-pori kita tetap bersih.

Bagaimana Caranya?

  1. Jaga wajah Anda tetap bersih. Yang paling perlu diperhatikan adalah, pastikan Anda sudah membersihkan wajah sebelum Anda tidur. Keringat, debu, dan sisa makeup yang masih menempel akan membuat pori-pori Anda tersumbat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah pembersih wajah bebas minyak dengan asam salisilat untuk membantu mengangkat sebum.
  2. Lakukan pengelupasan sel kulit mati secara rutin. Salah satu cara mengecilkan pori-pori dengan efektif adalah dengan menghilangkan sumbatan dan mengangkat sel kulit mati, yang bisa Anda lakukan dengan pengelupasan kulit secara berkala, baik menggunakanscrub, peel gel, dan sebagainya.
  3. Rutin Menggunakan Masker Wajah. Menggunakan masker wajah khususnya yang berbahan alami dipercaya mampu bantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran. Menggunakan masker secara teratur juga bisa membuat wajah jadi tampak halus, segar dan terawat.
  4. Pilih makeup yang tepat. Menggunakan makeup base dan foundation memang dapat menutupi pori-pori yang besar, tetapi Anda juga tidak ingin keduanya menyumbat pori-pori Anda ‘kan? Solusinya, gunakan produk kosmetik yang bebas minyak dan non-comedogenic, serta gunakan bedak taburuntuk finishing makeup Anda.
  5. Hindari sengatan sinar matahari yang merusak. Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan proi-pori membesar. Gunakantabir surya ataupun pelembab yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi dari itu jika Anda menghabiskan banyak waktu berada di bawah sinar matahari.
  6. Kurangi menyentuh wajah. Ini adalah cara mengecilkan pori-pori yang sangat penting Anda perhatikan. Terutama jika Anda memiliki jerawat, maka menyentuh ataupun memencet jerawat bisa membuat pori-pori Anda membesar secara permanen akibat peradangan yang terjadi.
  7. Rajin Mengganti Sarung Bantal dan Sprei. Setiap malam wajah pasti menempel pada bantal, jadi biar debu-debu tidak menutup paori-pori kulit sebaiknya Anda selalu mengganti sarung bantal Anda dengan rutin. Setidaknya seminggu 2x untuk mengganti sarung bantal-nya, ya.
  8. Secara rutin bersihkan layar ponsel Anda. Layar ponsel selalu disentuh dan bisa jadi banyak sekali bakteri yang bersarang di sana. Nggak asyik banget kan gara-gara layar yang menempel di wajah saat menelepon pori-pori Anda jadi tersumbat kotoran.

Perawatan Kulit Untuk Menutupi Pori-pori Besar

pori-pori

Untuk memaksimalkan perawatan yang Anda jalani, Anda bisa mencoba membuat beberapa perawatan dari bahan yang ada di sekitar Anda untuk meminimalkan tampilan pori-pori besar. Di antaranya adalah dengan bahan berikut ini:

Es Batu

Es batu menjadi salah satu obat rumahan yang simple alias sederhana untuk mengecilkan pori-pori. Es sendiri biasanya digunakan untuk mengecilkan tampilan pori-pori besar sebelum memakai make up.  Es juga dapat melancarkan sirkulasi dan meningkatkan kulit agar lebih sehat.

  • Bungkus beberapa buah es batu kecil dengan handuk bersih dan tahan selama 15-30 detik. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga bisa mencuci muka dengan air es yang dingin sekali sehari.
  • Untuk meningkatkan manfaat yang tinggi dari perawatan ini, Anda bisa menggunakan infused ice cubedicampur dengan mentimun, jus apel, the hijau atau dengan air mawar.

Putih Telur

Putih telur juga banyak digunakan untuk mengecilkan pori-pori besar karena kemampuannya dalam mengencangkan kulit. Masker putih telur juga bagus untuk mengatasi kelebihan minyak pada kulit berminyak.

  • Kocoklah putih telur dan oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan hingga benar-benar kering kemudian bilas dengan air putih.
  • Anda bisa menggunakan potongan kertas tisu kemudian merendamnya ke dalam kocokan putih telur. Biarkan mengering dan bilas. Lakukan hal ini sekali atau dua kali dalam seminggu secara teratur.
  • Alternatif lainnya adalah dengan mencampur dua buah putih telur dengan perasan jus lemon. Oleskan secara merata hingga 10 menit atau sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin.
  • Anda juga bisa mencampur putih telur dengan dua sendok makan jus lemon dan oatmeal. Biarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil terbaik, lakukan hingga dua kali seminggu dalam beberapa minggu.

Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba dan anti peradangan yang membantu mengobati jerawat. Ia juga berfungsi sebagai zat dan toner alami bagi kulit yang mengancangkan kulit, mengurangi pori-pori besar, dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

  • Campurlah cuka sari apel organik dengan air dalam jumlah yang sama.
  • Rendam bola kapas dalam larutan dan terapkan di wajah secara merata.
  • Biarkan selam beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan campuran ini setelah membersihkan wajah kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan krim malam khusus untuk merawat pori-pori

Selain menggunakan bahan alami di atas, ada juga beberapa hal yang sebaiknya jangan Anda lakukan agar pori-pori besar Anda tidak semakin membesar. Hal tersebut di antaranya adalah:

  • Hindari penggunaan minyak rambut yang berlebihan sehingga tidak menetes di dahi
  • Kurangi frekuensi untuk menyentuh dan menggosok-gosok wajah
  • Mengubah gaya fashion Anda yang suka menggunakan syal atau bando yang tinggi dan bergesekan dengan wajah Anda
  • Hindari pijat wajah sembarangan karena gerakan pijat wajah yang salah akan meningkatkan ukuran pori-pori kulit

Facial Steam

Tidak perlu keluar uang banyak untuk melakukan facial. Anda bisa melakukan facial sendiri di rumah. Yaitu dengan menggunakan uap air yang dikenal dengan nama facial steam. Caranya mudah saja, siapkan air panas dalam baskom. Lalu arahkan wajah mendekat ke baskom agar kulit mendapat uapnya. Jangan lupa tutup kepala dengan handuk yang sedikit dibentangkan untuk menahan uap air.

Pakai Baking Soda

Baking soda ternyata juga bisa ampuh untuk mengatasi ukuran pori-pori kulit yang besar. Caranya tinggal campurkan 2 sdt baking soda dengan air hangat secukupnya. Lalu gosokkan perlahan ke area kulit yang berpori besar secara merata dengan gerakan memutar. Diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Pakai Irisan Buah Tomat

Siapkan irisan tomat segar. Lalu gosokkan perlahan ke area permukaan kulit. Biarkan hingga kering, baru bilas dengan air dingin. Selain bisa bantu meringkas pori-pori kulit, tomat juga punya kandungan untuk mencerahkan wajah.

Samarkan Pori-pori Besar dengan Cara Ampuh ini

pori-pori

Suka sebel memiliki tampilan pori-pori di seluruh wajah, atau yang lebih umum, pori-pori wajah terlihat hanya di beberapa area tertentu seperti hidup dan pipi. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan untuk menyamarkan pori-pori Anda dengan makeup:

1. Pakailah Primer

Primer memiliki peran penting dalam memberikan hasil akhir riasan yang flawless. Jadi jangan lupakan produk makeup yang satu ini sebelum Anda mengaplikasikan foundation. Kalau hasil primer tidak memberikan tampilan pori-pori yang mengecil dan justru membuat makeup Anda tidak mulus, berarti ada yang salah.

Sebaiknya pilih primer yang sesuai dengan jenis kulit. Kalau tidak memiliki primer, Anda juga bisa memanfaatkan air es sebagai bilasan terakhir saat  mencuci wajah, atau oleskan es batu pada wajah sebelum mengaplikasikan primer. Air dingin cenderung menutup pori-pori selain itu makeup juga jadi lebih awet dan tahan lama.

2. Pakai Foundation Secukupnya

Meskipun Anda ingin menutupi pori-pori bukan berarti harus menggunakan foundation secara berlebihan. Pastikan untuk mengaplikasikan foundation secara tipis- tipis saja.

Jika sebelumnya sudah mengaplikasikan primer, tentu tampilan pori-pori wajah mulai tidak terlalu jelas terlihat, jadi foundation hanya perlu dipakai seperlunya. Kalau terlalu banyak, bisa-bisa malah foundation terlihat cakey di siang hari.

Anda dapat menggunakan kuas foundation yang dapat meratakan warna foundation pada permukaan kulit dengan baik.

3. Aplikasikan Makeup dengan Cara Ditepuk

Saat mengaplikasikan bedak tabur untuk mengunci foundation, Anda bisa menggunakan puff atau sponge yang agak tebal dan besar, lalu ambil bedak dan aplikasikan pada wajah dengan menepuknya.

Jangan menyapukan sponge ya, cukup ditepuk sambil menekan wajah secara lembut. Setelah diaplikasikan coba gunakan brush dengan gerakan menyilang secara ringan untuk membersihkan bubuk bedak yang tidak melekat sempurna pada wajah.

4. Jangan Aplikasikan Shimmer

Highlighter berjenis shimmer dan foundation yang memberi hasil akhir glowing sebaiknya dihindari. Mengingat kandungan partikel shimmer yang tinggi bisa memperjelas tampilan pori-pori. Gunakan makeup yang memberi hasil akhir mate dan oil free.

5. Selalu Bawa Blotting Paper

Tampilan pori-pori membesar biasanya diakibatkan karena produksi minyak yang berlebih, jadi untuk menjaga tampilan makeup tetap flawless pastikan untuk selalu membawa blotting paper atau minyak kertas, agar kondisi wajah tetap matte. Aplikasikan beberapa kali setiap Anda merasa wajah sudah mulai berminyak.

 

Nah, ikuti berbagai cara mengecilkan pori-pori di atas dan jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat agar kulit dan wajah Anda senantiasa bersih, segar, dan sehat.

Good luck!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *