8 Kebiasaan Mengejutkan Yang Dapat Merusak Kulit Anda

skin.co.id
Mungkin banyak kerusakan kulit yang Anda rasakan sekarang akibat dari hal-hal atau kebiasaan yang Anda lakukan. Banyak kebiasaan tersebut yang kadang tidak Anda ketahui. Berikut ini kami akan membahas tentang beberapa kebiasaan yang dapat merusak kulit Anda.

1. Terlalu Banyak Klorin

skin.co,id klorin
Zat klorin banyak terdapat di kolam renang pada umumnya. Zat klorin yang ada di kolam renang otomatis akan menempel pada kulit saat Anda berenang. Zat ini akan melekat pada kulit dan bereaksi dengan obat-obatan topikal, pembersih, bahkan body lotion. Untuk menghilangkan zat klorin ini pada kulit, Anda sebaiknya mandi dan gunakan sabun dengan ekstra busa setelah berenang.

2. Tidur Tanpa Membersihkan Makeup Terlebih Dahulu
skin.co.id makeup remover

Anda mungkin sering lupa atau malas membersihkan sisa-sisa makeup di wajah saat Anda merasa ngantuk atau lelah. Saat Anda tertidur tanpa membersihkan makeup terlebih dahulu, kulit Anda rentan akan infeksi yang disebabkan oleh bakteri, dan menyebabkan pori-pori tersumbat, yang dimana kedua hal ini akan memicu timbulnya jerawat. Bahkan sisa-sisa kosmetik yang tertinggal di bantal dapat membuat Anda sakit. Nah, dengan meletakkan makeup remover Anda di sebelah tempat tidur, mungkin kebiasaan ini dapat dicegah.

3. Minum Kopi
skin.co.id kafein

Tahukah bahwa minum kopi secara berlebihan dapat merusak kulit Anda? Ya, benar. Kandungan kafein yang terdapat dalam kopi akan merusak kulit jika dikonsumsi oleh Anda yang memiliki kulit kering. Kafein tersebut akan merangsang meluasnya keriput pada kulit Anda. Jadi sebaiknya ganti kebiasaan ngopi Anda dengan minum air putih yang banyak. Jika perlu tambahkan irisan buah jeruk atau lemon untuk menggugah selera Anda.

4. Memencet Jerawat
skin.co.id memencet jerawat

Kebiasaan memencet jerawat ini akan menimbulkan masalah pada kulit Anda yang sudah berjerawat. Dengan memencet jerawat, Anda bukan menghilangkan jerawat tapi hanya membuat kotoran dan bakteri masuk lebih dalam ke pori-pori Anda. Maka sebaiknya hilangkan kebiasaan buruk ini, karena memencet jerawat bukanlah cara yang benar untuk melenyapkannya.

5. Melewatkan Waktu Makan
skin.co.id skip meal

Tahukah Anda bahwa dengan melewatkan jam makan kulit Anda akan menua lebih cepat? Dengan tidak makan Anda berarti telah membuat kulit Anda mengering lebih cepat. Maka dari itu biasakanlah makan dengan teratur dan usahakan Anda makan sehari 3 kali. Penuhi makanan Anda dengan vitamin C, vitamin B3, Vitamin A, dan E agar kulit Anda tetap sehat.

6. Mandi Dengan Air Panas Dalam Waktu Yang Lama
skin.co.id hot shower

Mandi dengan air panas memang baik, karena hal itu dapat mengelupasi lapisan kulit terluar Anda yaitu epidermis. Akan tetapi jika terlalu lama, hal itu dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Jika saat mandi kulit sudah mulai memerah dan gatal, maka hal itu menjadi pertanda bahwa Anda harus menyudahi mandi Anda.

7. Berjam-Jam Berbicara di Ponsel
skin.co.id

Dengan majunya zaman dan berkembangnya teknologi, orang-orang sudah tidak asing lagi dengan berbagai gadget. Salah satunya adalah ponsel. Hampir setiap orang mengalami kecanduan terhadap ponsel. Akan tetapi, tahukah Anda bahwa menghabiskan berjam-jam berbicara di ponsel dapat menyebabkan jerawat dan ruam di sepanjang garis rahang dan pipi Anda? Fakta tersebut memang benar adanya. Maka untuk mencegahnya, sebaiknya gunakan tisu anti bakteri untuk menghindari kontak langsung kulit Anda dengan ponsel.

8. Kurang Tidur
skin.co.id kurang tidur

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa 8 jam untuk tidur malam sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh dan kulit Anda. Tidur yang cukup tidak saja membantu Anda terlihat segar, tetapi juga akan melengkapi dan merehidrasi kulit. Kurang tidur di waktu malam dapat mengakibatkan kulit kusam dan pori-pori tersumbat.

Dengan menjaga pola hidup yang sehat, menghilangkan kebiasaan-kebiasaan buruk, serta mengonsumsi makanan bergizi merupakan sebuah kombinasi yang bagus untuk menjaga kulit Anda tetap sehat dan bercahaya.

BACA JUGA: Hindari Hal Ini Saat Mendekati Hari Pernikahan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *