8 Perawatan Kulit Secara Maksimal di Bulan Puasa

perawatan kulit

“Kalau bulan Puasa gini, suka kering ya kulit? Terus perawatan kulit apa yang bisa kulit tetap segar ya?”

Perubahan pola makan yang drastis pada bulan Puasa bisa membuat kulit jadi kering. Ditambah dengan cuaca yang sedikit panas, juga akan memengaruhi kondisi kulit kita. Biar tetap cantik dan segar selama bulan Puasa, Anda bisa melakukan perawatan kulit seperti di bawah ini:

1. Hindari Membasahi Muka Terlalu Sering

Selama Puasa, memang kulit akan sangat rentan terhadap kondisi dehidrasi. Karena itu, hindari membasahi tubuh di luar waktu mandi dan wudhu. Kenapa? agar kulit tidak semakin kering. Dengan wudhu selama 5x dalam sehari, juga bisa digunakan untuk perawatan kulit di bulan Puasa.

2. Pelembap, Item Make Up yang Penting!

Salah satu perawata kulit paling cepat untuk mengatasi kulit yang terasa kering adalah dengan mengaplikasikan pelembap. Pilih yang memiliki label moisturizing atau hydrating. Jangan lupa juga gunakan pelembap untuk tubuh, ya. Anda bisa menggunakan lotion atau body serum di siang hari dan gunakan body butter di malam hari untuk memberi kelembapan ekstra.

3. Semprotkan Face Mist

Perawatan kulit dengan face mist terdengar sangat menyegarkan ya! Kulit wajah menjadi salah satu bagain yang cepat kering apalagi jika tubuh sedang dehidrasi ditambah sering terkena AC. Untuk mengatasinya, sediakan selalu face mist di tas Anda. Ketika kulit terasa mulai kering, semprotkan di seluruh wajah ya, ladies.

4. Lakukan Eksfoliasi

Selain mmbuat wajah terasa kasar dan terlihat kusam, sel-sel kulit mati yang menumpuk di wajah dapat menghalangi terserapnya pelembap ke wajah, loh.

Jadi, penting sekali melakukan perawatan kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati tersebut dengan rutin melakukan eksfoliasi. Anda bisa menggunakan bahan seperti gula yang dicampur dengan madu, oatmeal, atau kopi sebagai eksfoliator.

5. Ditambah Sheet Mask juga Boleh

Masih merasa kulit terasa kering? Bisa jadi perawatan kulit menggunakan sheet mask Anda lewatkan. Dengan rajin menggunakannya, alias Anda boleh memaki sheet mask setiap hari, dijamin wajah akan semakin kenyal, lembap, cerah, dan terhidrasi secara maksimal.

6. Gunakan Tabir Surya

Perawatan kulit yang satu ini penting sekali untuk diingat. Sebelum Anda keluar ruangan dan beraktivitas di bawah teriknya matahari, Anda wajib mengoleskan tabir surya pada wajah dan tubuh. Bisa juga Anda tambahkan perawatan untuk melindungi bibir dengan menggunakan  lip balm yang mengadung SPF tinggi, agar kulit bibir tetap lembap dan tidak mudah kering.

7. Perhatikan Asupan Makanan

Tak hanya dari luar, perawatan kulit agar terlihat sehat bersinar juga harus didukung oleh asupan nutrisi yang cukup dari dalam tubuh. Selama bulan puasa, Anda harus memaksimalkan protein dalam makanan sahur atau berbuka Anda, seperti ikan, daging, dan kacang-kacangan. Sebagai ganti camilan manis atau gorengan, ayo tukar dengan makanan kaya serat, asam lemak, dan anti-oksidan, seperti buah-buahan berry, kacang almond, dark chocolate, dan buah delima.

8. Perbanyak Minum Air Putih

Untuk menghindari kulit wajah kering dan kusam karena tubuh kekurangan cairan, Anda perlu minum setidaknya 8 gelas air putih saat sahur dan setelah berbuka puasa. Supaya tidak bosan minum air putih melulu, Anda bisa membuat infused water dengan menambahkan buah ke dalamnya.

Hindari dulu minuman bersoda dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi seperti jus kemasan dan sirup. Begitu juga halnya dengan kopi, teh, dan minuman lain yang mengandung kafein, karena bisa membuat tubuh kehilangan cairan lebih cepat. Mudah bukan perawatan kulit yang harus Anda lakukan?

<<8 Hal yang Menggagalkan Hasil Perawatan Kulit & Wajah Anda>>

 

Begini Cara Agar Tetap Fresh dan Cantik Selama Puasa

perawatan kulit

Saat Puasa, walau tidak makan dan minum dalam jangka waktu yang lama, bukan berarti jadi alasan keluar rumah dengan wajah pucat, kuyu dan loyo dong? Untuk Anda yang senang menggunakan make up sehari-hari, ada beberapa produk yang sebaiknya dihindari nih supaya tidak terlihat pucat.

Dengan mengetahui beberapa hal berikut, Anda jadi tahu apa yang perlu dilakukan agar bisa memakai make up yang bisa membuat wajah terlihat segar. Lalu, perawatan kulit apa yang harus Anda hindari saat bulan puasa?

1. Menggunakan Lipstick Nude

Saat menjalani ibadah puasa, sebaiknya Anda menghindari penggunaan lipstik nude karena akan memberikan kesan wajah yang tidak bersemangat. Coba deh pakai lipstik yang warnanya lebih cerah. Ini akan membuat kamu terlihat energic dan tetap semangat walaupun sedang menjalani puasa.

2. Menggunakan Lipstik Matte yang Hasil Akhirnya Sangat Kering

Saat berpuasa, kondisi kulit wajah termasuk kulit bibir akan lebih kering dari biasanya karena kurang cairan. Supaya tampilan bibir tetap terlihat segar, perawatan kulit yang harus Anda hindari adalah lipstik matte yang hasil akhirnya sangat kering seperti membuat bibir tertarik. Sebaiknya, pilih lipstik yang teksturnya creamy atau punya formula yang melembapkan. Saat puasa tidak ada aktivitas makan dan minum kan, jadi walaupun kamu tidak memakai lipstik matte, lipstik lain pun bisa tahan lama di bibir.

3. Tidak Menggunakan Concealer Untuk Menutupi Mata Panda

Bulan puasa membuat pola hidup kita berubah. Kita harus bangun dini hari untuk sahur. Untuk sebagian orang mungkin tidak banyak yang berubah, tapi jika kurang tidur, Anda harus waspada karena mata panda bisa semakin terlihat. Kalau sudah seperti ini, supaya tidak terlihat lelah, gunakan perawatan kulit dengan concealer untuk menyamarkan area gelap di bawah mata. Pilih yang teksturnya mudah dibaurkan, lalu set dengan setting powder agar tahan seharian.

4. Tidak Menggunakan Blush

Penting nggak penting sih. Tapi terkadang, wajah akan terlihat pucat saat puasa. Untuk memberikan rona segar pada wajah, coba deh berikan perawatan kulit dengan memulas blush di pipi Anda. Tidak perlu banyak-banyak, tipis saja sampai ada rona cantik yang muncul pada pipi untuk memberi warna segar pada wajah.

<<Perawatan Kulit di Bulan Puasa>>

 

Daftar Makanan Alami untuk Kulit Tetap Cantik Saat Puasa

perawatan kulit

Sebagai bagian dari ibadah, puasa harus dinikmati dan diperhatikan, karena jika Anda tidak memperhatikan nutrisi yang masuk ke tubuh, akan timbul beberapa masalah pada kulit.

Kulit kering dan kusam adalah masalah yang sering muncul saat bulan Ramadan tiba. Agar Anda tidak mengalaminya, 7 makanan alami ini bisa membantu dari dalam, seperti:

1. Tomat

Tomat kaya akan antioksidan sehingga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Vitamin A dan C yang banyak terkandung dalam tomat juga dapat memberi nutrisi pada kulit dari dalam. Jus buah tomat yang Anda nikmati saat berbuka puasa tak hanya segar, tetapi juga menyehatkan.

2. Bayam, Brokoli dan Wortel

Anda mudah menemui tiga sayuran tersebut, harganya juga tidak mahal, tetapi jangan remehkan khasiatnya. Ketiga sayur tersebut memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Vitamin A dapat membantu regenerasi kulit. Buatlah menu sahur atau menu berbuka selang-seling dari ketiga sayur tersebut. Jus wortel bisa menjadi pilihan minuman berbuka yang menyegarkan.

3. Gandum Utuh

Daripada makan mie instan ketika sahur, pilih produk yang mengandung gandum utuh, misalnya roti, oatmeal instan atau sereal. Produk yang terbuat dari gandum utuh cocok sebagai menu sahur.

Selain mengandung serat yang tinggi, produk gandum utuh mengandung selenium yang dapat membantu sel memperbaiki regenerasi kulit. Jika Anda memilih sereal gandum, pilih yang tidak mengandung gula atau sedikit gula, terlalu banyak gula bisa menyebabkan jerawat.

4. Daging Merah Tanpa Lemak

 Anda boleh saja menikmati berbagai hidangan lezat dengan bahan dasar daging merah, misalnya rawon atau soto daging yang nikmat saat berbuka puasa. Pilih daging merah tanpa lemak, zat besi yang ada di dalam daging merah dapat mencegah timbulnya lingkar hitam pada mata.

5. Susu Rendah Lemak

Jika Anda tidak memiliki masalah jerawat, mengonsumsi susu rendah lemak baik untuk memberi nutrisi kulit. Kalsium yang terkandung pada susu baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan kulit. Batasi konsumsi susu jika Anda sering menghadapi masalah jerawat, karena beberapa ahli kulit menemukan bahwa konsumsi susu bisa membuat kulit mengalami radang pada beberapa orang.

6. Air Putih

Yang paling penting, pastikan Anda mendapat asupan cairan yang tepat walaupun sedang menjalankan ibadah puasa. Tubuh tetap memerlukan cairan yang didapat dari setidaknya 8 gelas air setiap hari. Dehidrasi tak hanya membuat Anda sulit berkonsentrasi, tetapi juga mengambil kelembaban kulit dan menjadikannya kering. Cicil 8 gelas air ini saat sahur dan berbuka.

Tetap beribadah, tetap sehat, dan semakin cantik ladies!

Source: popbela.com & vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *