Agar tidak Iritasi Saat Bercukur, Ikuti Aturan Berikut Ini

10-woman-shaving-legs-w724

Sekarang ini, bercukur atau shaving banyak dilakukan kaum pria maupun wanita. Bagi sebagian kaum pria, mencukur jenggot dan kumis bisa saja menjadi aktivitas harian agar penampilan mereka menjadi lebih rapi. Untuk wanita, biasanya mereka mencukur bulu di kaki agar mendapatkan kaki yang mulus. Namun terkadang, bercukur meninggalkan masalah pada kulit. Agar tidak meninggalkan masalah pada kulit Anda, berikut ini trik dan tips untuk kegiatan bercukur Anda.

Jangan pernah lakukan dry shave

Ketika kita Anda sedang terburu-buru, mencukur kering atau dry shave  bisa begitu menggoda karena biasa mempersingkat waktu. Tetapi, dry shave sangat beresiko bagi kulit Anda karena kemungkinan kulit Anda terluka lebih besar, dan juga bisa membuat pisau cukur Anda lebih cepat tumpul. Pastikan bagian yang ingin Anda cukur benar-benar basah karena kulit yang basah lebih lembut dan lebih mudah untuk mencukur rambut atau bulu karena Rambut yang basah akan lebih lemas sehingga akan memudahkan untuk mencukurnya.

Jaga pisau cukur Anda tetap kering setelah digunakan

Mungkin Anda sering meletakkan pisau cukur di kamar Mandi untuk memudahkan Anda, tetapi menyimpan pisau cukur di tempat yang lembab dan basah dapat menyebabkan pisau tersebut berkarat. Ketika Anda menggunakan pisau yang berkarat tersebut dapat meninggalkan ruam merah menyakitkan pada kulit Anda. Untuk memperpanjang umur pisau cukur Anda, pastikan pisau tersebut benar-benar kering setelah Anda selesai menggunakannya.

ckr

Jangan menggunakan sabun untuk bercukur

Ketika krim cukur Anda habis ketika sedang bercukur dan masih setengah jalan, kadang Anda beralih menggunakan sabun. Sabun memang bagus untuk membersihkan tubuh Anda, tetapi gelembung yang  besar dan residu licin membuat pisau cukur Anda tidak bekerja secara maksimal. Menggunakan Sabun dapat membuat kulit Anda kering. Jika Anda ingin bercukur dengan halus dan bersih, tetap gunakan krim cukur atau gel. Jika benar-benar dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan conditioner.

Cegah Iritasi Saat Bercukur

  • Meminimalkan iritasi saat bercukur
  • Mengencangkan pori-pori setelah bercukur
  • Membuat kulit lebih sehat dan lembab
  • Mencegah kekeringan pada kulit

Gel cukur terbaik yang memberikan sensasi sejuk sekaligus melembabkan kulit Anda!
BELI SEKARANG JUGA DI SINI!

Perhatikan arah gerakan pisau saat bercukur

Menyeret pisau Anda dengan cara yang salah bisa memberi tekanan yang berlebihan pada kulit saat bercukur sehingga menimbulkan benjolan dan iritasi. Mencukur rambut dengan arah yang berlawanan hanya akan menimbulkan goresan dan luka pada kulit khususnya pada kumis dan jenggot. Jika kulit Anda sangat sensitif, cukur searah pertumbuhan rambut bukan berlawanan.

Rambut di ketiak tumbuh dari semua sudut, jadi pastikan untuk menjalankan pisau cukur dari berbagai arah. Pengecualian, rambut atau bulu kaki biasanya tumbuh ke bawah, mulai dari pergelangan kaki gerakan pisau cukur ke atas agar mendapatkan hasil yang lebih bersih, tapi jika kulit Anda sangat sensitif tetap lakukan searah dengan tumbuhnya rambut untuk menghindari iritasi yang tidak perlu.

Perhatikan kebersihan alat cukur Anda

Cuci atau bilas pisau dan alat cukur Anda setiap selesai mencukur (setiap satu tarikan saat mencukur). Jika pisau dan alat cukur Anda terasa susah untuk mencukur, maka jangan ragu untuk menggantinya. Pisau atau alat cukur yang tumpul bisa menimbulkan ruam pada kulit ketika Anda menggunakannya. Ketika menggunakannya untuk bercukur, pisau tersebut hanya akan berjalan di atas rambut dan membengkokkannya ke dalam permukaan kulit. Selain itu, pisau cukur yang Anda gunakan akan mengangkat partikel kulit dan rambut yang terkelupas sehingga membuatnya kotor. Kotoran pada pisau ini juga yang bisa membuat ruam akibat mencukur di kulit Anda.

cukur

Menggunakan pisau cukur yang kotor akan membuat Anda melakukan pekerjaan yang sia-sia karena tidak semua rambut akan tercukur habis. Semua rambut yang tersisa bisa mengeriting dan semakin tumbuh ke dalam kulit sehingga kulit Anda tidak hanya akan tergores dan penuh dengan rambut yang tumbuh ke dalam, akan tetapi rambut sisa bercukur tersebut akan memberikan pemandangan yang tidak sedap dipandang. Sebagai aturan praktis, ganti pisau atau silet cukur Anda setelah tiga kali pemakaian dan kepala pisau cukur setelah enam kali pemakaian.

BACA JUGA: 9 Tip Cara Bercukur yang Benar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *