Alpukat, Buah Super Untuk Kecantikan Anda

alpukat

Siapa yang tak kenal dengan buah super satu ini? Ya, buah yang bentuknya mirip dengan buah pir ini menawarkan segudang manfaat untuk manusia. Tidak hanya dikenal untuk kesehatan saja, buah yang berwarna hijau ini juga terkenal akan manfaatnya untuk kecantikan. Bahkan terkenal sampai di seluruh dunia.

alpukat

Buah Kaya Nutrisi

Buah alpukat adalah salah satu buah yang kaya akan anti aging dan mampu melindungi kulit dengan sangat baik. Penelitian yang dilakukan di Washington University School of Medicine di St Louis menemukan bahwa kandungan nutrisi dalam buah alpukat mampu membuat kulit menjadi lebih terawat, lebih halus dan bebas dari berbagai masalah termasuk jerawat. Para peneliti ini juga mengungkapkan jika nutrisi yang terkandung di dalam buah alpukat bisa menurunkan risiko penuaan dini hingga 35 persen.

Menariknya lagi, konsumsi buah alpukat dalam jumlah yang tepat juga bisa membantu kita dapatkan berat badan yang ideal. Para ahli mengungkapkan jika sarapan dan makan malam dengan buah alpukat secara rutin selama 2 bulan berturut-turut akan bantu seseorang menurunkan berat badan hingga 12 kg. Tapi dengan syarat, hal ini tetap harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat, istirahat yang cukup dan olahraga cukup.

Mengenai manfaat buah alpukat untuk kulit yang lebih terawat sendiri bisa didapatkan dengan memanfaatkan buah alpukat sebagai masker. Atau, hal ini bisa didapat dengan memanfaatkan buah alpukat sebagai salad buah dan dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Vitamin juga lemak sehat yang terkandung di dalam buah alpukat lah yang dipercaya mampu menutrisi kulit dengan baik. Tak hanya terawat di mana kulit menjadi lebih halus, alpukat ini juga berfungsi untuk membuat kulit menjadi lebih cerah, lebih segar dan terhindar dari masalah kulit kering, keriput juga kusam.

Shin Ichiro Imai, MD, PhD, seorang profesor di Washington Univesity School of Medicine mengatakan, “Buah alpukat adalah buah yang sangat baik untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Memakai masker buah alpukat secara rutin sekaligus mengonsumsinya akan membuat kulit tampak lebih muda, sehat dan terawat. Buah ini juga merupakan sumber anti aging terbaik yang bisa menjamin kulit agar terlihat lebih muda dan jauh dari masalah penuaan dini.”

 

Sejuta Manfaat dari Buah Alpukat

alpukat

Buah alpukat ini mengandung hydrating fats, fatty acids, dan vitamin E yang baik untuk kelembapan kulit, serta menjaga dari penuaan dini. Tidak hanya dapat dikonsumsi secara langsung, buah alpukat juga dapat Anda tambahkan dalam ritual perawatan kecantikan seperti masker wajah ataupun perawatan rambut. Ingin tahu caranya?

1. Face Peel Avocado

Membuat masker wajah ini sangat mudah dan sederhana. Ambil 1 buah alpukat sedang lalu kupas kulitnya dan haluskan sampai berbentuk pasta. Sebelum mengoleskan masker pada wajah, bersihkan kulit dahulu dengan sabun pembersih. Oleskan pasta alpukat pada seluruh kulit wajah Anda dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air hingga bersih. Gunakan facial peeling ini sekali seminggu. Masker wajah ini bermanfaat untuk menghidrasi, melembutkan, dan mengangkat sel-sel kulit mati tanpa membuat iritasi kulit.

2. Alpukat Sebagai Masker Kulit untuk Kulit Kering dan Kusam

Buah alpukat memiliki kandungan lemak baik, vitamin E, serta minyak alami yang mampu menutrisi kulit. Karena inilah, alpukat adalah bahan yang bagus untuk menjaga kelembapan kulit Anda. Dengan menggunakan alpukat, Anda bisa menambah bahan lainnya seperti kuning telur yang memiliki kandungan vitamin A dan yogurt yang akan mengangkat sel kulit mati Anda. Sebagai tambahan, Anda bisa menyampurkan madu untuk mendapatkan kelembapan ekstra.

Untuk membuat masker alpukat ini, haluskan 1 buah alpukat pada wadah kecil dengan menggunakan garpu. Setelah itu, campurkan 3 butir kuning telur, 2 sendok makan yogurt, dan 2 sendok makan madu. Aduk bahan-bahan ini hingga tercampur rata dan baurkan dengan tebal pada kulit. Diamkan selama 20 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan handuk kering. Setelah masker ini terangkat, bilas wajah Anda dengan air hangat.

3. Masker Alpukat untuk Kulit Normal

Siapkan 2 sdm pasta alpukat (alpukat yang sudah dihancurkan), 1 sdt yogurt, dan ½ sdt bubuk teh hijau. Pertama-tama campurkan pasta alpukat dan bubuk teh hijau kemudian tambahkan yogurt dan aduk sampai rata. Cara menggunakannya seperti menggunakan masker wajah pada umumnya yaitu oleskan pada seluruh wajah kecuali area mata dan biarkan selama 15 menit lalu bilas sampai bersih. Gunakan masker ini seminggu sekali untuk mendapatkan manfaatnya yaitu membantu menghidrasi dan melembabkan kulit. Kombinasi tambahan yogurt dan bubuk teh hijau bisa diganti dengan wortel rebus dengan olive oil.

4. Masker Alpukat untuk Kulit Berminyak

Untuk kulit berminyak, siapkan 2 sdm pasta alpukat dan 1 sdt natural clay yang biasa digunakan untuk masker wajah. Saat mencampurkan bahan-bahan tersebut bisa ditambahakan 2 tetes tangerine essential oil. Kemudian oleskan pada wajah secara merata dan hapus hingga bersih setelah dibiarkan selama 15 menit. Gunakan secara rutin setiap seminggu sekali untuk mendapatkan hasilnya yaitu untuk mengurangi kelebihan minyak dan menutrisi kulit. Kombinasi bahan tambahan bisa diganti dengan putih telur dengan air lemon atau dengan madu, pasta mentimun, dan yogurt.

5. Alpukat untuk Perawatan Kulit Kepala

Tak hanya menjaga kesehatannya, merawat kulit kepala secara rutin ternyata juga berdampak positif terhadap rambut Anda yang mungkin terasa kering. Kandungan buah alpukat yang bersifat menutrisi bisa digunakan dengan bahan alami lainnya untuk merawat kulit kepala dan melembapkan batang rambut. Anda bisa menggunakan yogurt yang kaya akan lactic acid dan sari buah lemon untuk membersihkan kulit kepala.

Untuk membuat campuran masker rambutnya, haluskan ½ buah alpukat hingga lembut pada wadah kecil. Tambahkan 8 sendok makan yogurt dan 1 sendok makan sari buah lemon. Aduk hingga semua bahan tercampur rata. Setelah membersihkan rambut, aplikasikan secara langsung pada kulit kepala dan pijat dengan lembut. Diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat sampai bersih. Apabila Anda memiliki rambut yang tergolong rusak ataupun rambut yang diwarnai, Anda tak perlu menggunakan sari buah lemon sebagai salah satu bahan campurannya.

Membuat Kulit Anda Tampak Lebih Muda dan Cerah

  • Mengatasi tanda-tanda penuaan
  • Mengandung stem cell alami
  • Memberikan kelembaban pada kulit

Pancarkan cantik Anda dengan wajah yang menawan. BELI DI SINI!

 

Sisi Lain dari Buah Alpukat

alpukat

Manfaat buah alpukat berikut ini memang sangat bagus untuk kesehatan dan kecantikan. Buah satu ini sering digunakan dalam perawatan kecantikan sejak lama. Kandungan vitamin E di dalamnya berkhasiat mengatasi kulit kering dan membuatnya tampak lebih indah.  Yuk simak manfaat buah ini:

1. Sebagai Pelembab 

Buah alpukat dapat digunakan sebagai pelembab dan melembutkan kulit yang kering. Minyak alpukat juga sering digunakan pada bibir untuk mencegah pecah-pecah. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat pada alpukat sangat mudah diserap oleh tubuh.

Caranya, ambillah satu buah alpukat yang belum terlalu matang, kemudian lumat isinya, lalu tambahkan susu sapi asli. Aduklah hingga rata. Kemudian gunakan sebagai pelembab pada area-area kulit kering anda. Biarkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

2. Mengurangi Keriput

Pada buah alpukat terkandung antioksidan dan asam amino yang dapat membantu untuk membuang racun yang mengakibatkan penuaan dan kerutan pada kulit kita.

3. Membersihkan Kulit

Buah alpukat sangat kaya akan vitamin A. Hal ini dapat membantu mengangkat sel mati pada kulit anda. Minyak dari buah alpukat sangat mudah sekali diserap oleh kulit sehingga cocok sekali untuk dijadikan lotion untuk memijat. Minyak alpukat yang di serap oleh tubuh dapat memberikan nutrisi bagi lapisan kulit sehingga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan juga dapat memperlancar sirkulasi darah pada kulit.

4. Menjadikan Kulit Kenyal

Buah alpukat sangat bermanfaat sekali untuk membantu mengenyalkan kulit anda. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E dan vitamin A yang terdapat pada buah alpukat.

5. Menghilangkan Lemak Di Perut

Alpukat sebenarnya memiliki lemak, karena lemak pada alpukat ini merupakan lemak nabati, jadi tidak akan berpengaruh pada berat badan. Selain itu alpukat juga mengandung senyawa phytonutrient yang mampu memerangi lemak pada perut dan menjadikannya susur dan rata. Saat mengkonsumsinya hindari penambahan gula dan susu yang berlebihan, karena gula dan susu lah yang dapat membuat gemuk.

 

Nutrisi dan Manfaat Alpukat bagi Kesehatan

alpukat

Kaya Vitamin

Vitamin C dan E dikenal sebagai antioksidan kuat. Vitamin C penting untuk membentuk kolagen, serat dan struktur protein, meningkatkan ketahanan tubuh terhadap infeksi dan membantu tubuh menyerap zat besi.

Sedangkan vitamin E selain membantu melindungi sel dengan aktivitas antioksidannya, juga dikenal sebagai vitamin yang berguna untuk menghaluskan kulit, sehingga kombinasi vitamin C dan vitamin E membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar.

Tiap satu buah alpukat segar (jika diambil daging buahnya saja, tanpa kulit dan biji, beratnya sekitar 136 gram) mengandung 13.6 mg vitamin C (memenuhi 23% kebutuhan harian) dan 2.9 mg vitamin E (memenuhi 14% kebutuhan).

Kandungan vitamin B6 dalam satu buah alpukat segar mencapai 0,4 mg atau 18% dari kebutuhan harian kita. Vitamin ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pre-menstruasi yang umumnya diderita wanita setiap bulan, juga membantu tubuh untuk mensintesis asam amino non esensial serta produksi sel darah merah.

Alpukat termasuk sumber vitamin K yang baik, dengan kandungan mencapai 28.6 mcg atau memasok 35% kebutuhan vitamin K sehari kita. Vitamin K penting untuk sintesis beberapa protein termasuk dalam pembekuan darah, juga dibutuhkan untuk pembentukan tulang.

Folat merupakan koenzim penting dalam sintesa sel-sel baru. Satu buah alpukat segar mengandung 110.2 mcg atau memenuhi 27% kebutuhan folat sehari. Selain itu, kandungan asam pantotenatnya mencapai 1,9 mg (memenuhi 19% kebutuhan) yang berperan dalam metabolisme sebagai bagian dari koenzim A yang berperan untuk membawa molekul dalam proses pemecahan glukosa, asam lemak dan metabolisme energi.

Satu buah alpukat segar juga mengandung 2.3 mg (memenuhi 12% kebutuhan) niasin (vitamin B3). Niasin memiliki keunikan di antara vitamin B karena tubuh dapat membentuknya dari asam amino triptofan. Niasin juga membantu kesehatan kulit, sistem saraf dan sistem pencernaan.

Riboflavin (vitamin B2) membantu enzim untuk menghasilkan energi dari nutrisi penting untuk tubuh manusia, di mana kandungannya mencapai 0,1 mg (memenuhi 8% kebutuhan harian kita).

Kaya Mineral

Alpukat adalah sumber potasium (kalium) yang baik, yang berfungsi membantu mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Kandungannya dalam satu buah alpukat segar adalah 659.6 mg (memenuhi 19% kebutuhan).

Zat besi dan tembaga diperlukan dalam proses regenerasi darah sehingga mencegah penyakit anemia. Dan dalam satu buah alpukat mengandung 0.68 mg besi (4% kebutuhan) dan 0.3 mg tembaga (12% kebutuhan). Alpukat juga kaya akan mineral mangan dan seng yang bermanfaat untuk meredakan tekanan darah tinggi, memantau detak jantung dan menjaga fungsi saraf tetap terjaga.

Kandungan mangan dalam satu buah alpukat adalah 0.1 mg (7% kebutuhan) dan mengandung 0.8 mg seng (memenuhi 5% kebutuhan seng sehari).

Buah alpukat juga mengandung 39.4 mg magnesium (memenuhi 10% kebutuhan) untuk memberikan kesehatan dan menguatkan tulang dan sendi. Tiap 100 gram alpukat juga mengandung 70.7 mg fosfor (memenuhi 7% kebutuhan fosfor kita sehari) yang fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi dan untuk sintesa DNA.

Kaya Lemak Baik

Alpukat memang mengandung lemak yang cukup tinggi, namun dalam bentuk lemak tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Kandungan asam lemak Omega 3 dalam tiap satu buah alpukat mencapai 150 mg dan 2297 mg asam lemak Omega 6.

Kaya Serat

Berbeda dari kebanyakan buah, alpukat mengandung gula buah atau fruktosa dalam jumlah kecil, tapi serat selulose yang melimpah. Serat ini baik juga untuk mengendalikan kadar gula darah. Dan di tiap satu buah alpukat segar mengandung 9.1 gram serat (memenuhi 37% kebutuhan).

Buah super yang satu ini bisa Anda jadikan sebagai buah andalan yang harus ada setiap saat dirumah. Kandungannya yang akan nutrisi serta manfaat yang dipunya, tentu alpukat penolong bagi kesehatan dan kecantikan Anda. Jadi mulai sekarang,  jangan ragu untuk mengonsumsinya!

Semoga bermanfaat.

Membuat Kulit Anda Tampak Lebih Muda dan Cerah

  • Mengatasi tanda-tanda penuaan
  • Mengandung stem cell alami
  • Memberikan kelembaban pada kulit

Pancarkan cantik Anda dengan wajah yang menawan. BELI DI SINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *