Anda Mempunyai Kulit Sensitif? Simak Bagaimana Perawatannya!

Sensitive Skin

 

Apakah Anda memiliki kulit sensitif? Seperti apa perawatan kulit yang tepat untuk mencegah iritasi yang sering dialami oleh orang dengan jenis kulit yang sensitif?

Apa yang Dimaksud dengan Kulit Sensitif?
Menurut seorang dermatologis sekaligus professor dari University of Miami, Leslie Baumann, MD, FAAD., menjelaskan bahwa kulit sensitif dibagi menjadi 4 jenis yaitu jerawat, rosacea, kulit terbakar, dan dermatitis. Masing-masing jenis tersebut memiliki karakteristik yang berbeda-beda seperti kulit berjerawat dicirikan dengan kulit yang berminyak akibat produksi sebum yang berlebih. Kedua, rosacea merupakan kondisi kulit yang ditandai dengan wajah yang kemerah-merahan dan berjerawat. Penyebab rosacea ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya adalah genetik, bakteri, dan efek terpapar sinar matahari. Jenis terakhir adalah dermatitis. Ini merupakan suatu kondisi dimana kulit menjadi sensitif akibat reaksi alergi dari bahan kimia tertentu atau irritants.

Bagaimana Cara Merawat Kulit Sensitif?
Setelah mengetahui jenis-jenis kulit sensitif, maka akan lebih mudah untuk menentukan jenis perawatan kulit seperti apa yang tepat. Awali rutinitas perawatan kulit Anda dengan membersihkan wajah kemudian dilanjutkan dengan melembabkan kulit wajah. Apalagi jika Anda memiliki kulit yang kering, pelembab sangat berguna untuk mencegah kekeringan pada kulit.
Menurut Dr. Baumann, untuk kulit berjerawat carilah produk perawatan kulit yang mengandung anti-bakteri dan anti-peradangan seperti benzoyl peroxide, salicylic acid, dan retinoid. “Bahan alami seperti tea tree oil juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat.” ungkap Dr. Baumann. Bahan-bahan untuk membantu mengatasi jerawat tersebut terdapat pada rangkaian produk perawatan kulit Blemish Line dari BRTC. Pilih dan cermati kandungan produk terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli.

Untuk rosacea dan kulit terbakar, pilih produk perawatan kulit yang mengandung anti-peradangan dan soothing agent seperti Perfect Calming Line yang mengandung bahan paten Blue Complex yang diformulasikan khusus untuk menenangkan kulit sensitif. Hindari produk yang mengandung Alpha Hydroxyl Acids, karena dapat membuat kulit Anda jadi semakin iritasi. Sedangkan untuk dermatitis, konsultasikan dengan dokter kulit Anda karena kondisi kulit ini sangat erat kaitannya dengan reaksi alergi.

Jenis kulit sensitif ada bermacam-macam, cara perawatannya pun juga berbeda-beda. Pastikan bahwa perawatan kulit Anda sudah sesuai dengan masalah yang timbul pada kulit. Semoga Membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *