Anda Sedang Sakit? Coba Perawatan Kulit Ini!

perawatan kulit

Bagaimana perawatan kulit ketika kita sedang sakit?

Siapapun pernah mengalami sakit. Tubuh manusia memang tidaklah selalu dalam kondisi stabil. Adakalanya kekebalan dan kondisi tubuh menurun, sehingga Anda tidak bisa melakukan beberapa aktivitas. Belum lagi jika ditambah dengan pola makan yang tidak teratur dan jarang berolahraga.

Nah, kalau sudah sakit, pemulihannya tergantung dari daya tahan tubuh masing-masing. Ada yang hanya 1 – 3 hari saja sudah sembuh, ada juga yang butuh waktu lebih lama.Biasanya bagi Anda yang belum fit 100%, akan terlihat dari rona wajah yang lebih pucat dan kuyu. Percaya atau tidak, dengan merias wajah agar tampil lebih presentable, ada semangat tersendiri yang bisa Anda rasakan.

 

Perawatan Kulit Saat Terserang Flu

perawatan kulit

Saat tubuh kita terserang virus influenza, mungkin akan melihat beberapa efek pada kulit Anda juga. Menurunnya kondisi dan kekuatan tubuh dapat membuat wajah Anda terlihat pucat, daerah mata berair, hidung memerah, dan penampilan kulit yang tidak segar. Tentunya hal ini akan sangat mengganggu penampilan Anda.

Samarkan penampilan Anda dengan beberapa tips perawatan kulit di saat sakit menyerang Anda:

1. Gunakan Tisu yang Tepat

perawatan kulit

Jika Anda terserang flu, gunakan tisu wajah yang tidak wangi saat Anda mengalami bersin. Menggunakan tisu saat bersin merupakan salah satu cara perawtan kulit untuk mengurangi iritasi pada hidung.

2. Oleskan Pelembab

perawatan kulit

Ketika Anda sakit, tubuh akan mengalami sedikit dehidrasi. Obat flu dan bersin-bersin dapat mengeringkan kulit dan membuatnya terlihat kusam dan muncul garis-garis halus. Anda bisa mengatasi bercak dan masalah kulit ini dengan pelembab. Pada saat sakit, perawatan kulit dengan cara menghindari penggunaan produk yang mengandung retinol, karena hal ini akan membuat kulit Anda teriritasi.

Untuk daerah kulit yang sangat kering, Anda bisa memberikan tambahan nutrisi agar kulit terhidrasi dengan baik. Anda bisa menggunakan produk bervitamin E atau yang mengandung minyak chamomile dan minyak almond.

3. Cobalah Aromaterapi

perawatan kulit

Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan merebus enam gelas air dalam panci hingga mendidih. Tambahkan tiga tetes minyak kayu putih. Setelah mendidih, angkat dan letakkan di atas meja. Gantungkan handuk di bagian belakang kepala Anda, kemudian bungkukkan kepala Anda di atas panci dan hirup uap harumnya. Eucalyptus yang terkandung dalam minyak kayu putih akan mengurangi hidung tersumbat dan sekaligus melembabkan kulit yang lelah.

4. Atasi Mata Bengkak dengan Teh Celup

perawatan kulit

Jika mata Anda bengkak karena hidung tersumbat, beristirahatlah dengan posisi kepala sedikit disangga dengan bantal yang agak tinggi. Untuk mengatasi hal ini, perawatan kulit yang bisa Anda gunakan dengan teh celup untuk mengurangi pembengkakan di mata. Ambillah dua teh celup yang dingin dan tempatkan di atas kedua mata Anda selama 15 menit. Selain itu Anda bisa menyimpan krim mata Anda di lemari es.

5. Pilihlah Make Up dengan Bijak

perawatan kulit

Memilih eyeshadow dengan warna merah dan ungu akan menambah kesan mata yang iritasi bertambah buruk. Namun, apabila Anda memilih warna yang lebih terang daripada warna kulit mata akan membuatnya terlihat lebih lelah. Dan perawatan kulit untuk mengurangi wajah yang pucat Anda bisa menggunakan pemerah pipi di area tulang pipi dan sedikit di area dahi.

6. Minum Lebih Banyak Air Putih

perawatan kulit

Bila tidak enak badan, orang cenderung untuk tidak makan dan minum yang cukup. Tubuh menjadi dehidrasi. Air putih akan membantu menyingkirkan racun dalam tubuh. Menghidrasi kulit tidak hanya bisa dilakukan dengan produk perawatan kulit luar. Anda juga bisa menjaga kesehatan kulit dengan meminum lebih banyak air putih. Anda juga bisa mengombinasikan air putih dengan jahe segar dan madu.

7. Mencuci Tangan Lebih Sering

perawatan kulit

Mencuci tangan dengan sabun anti bakteri adalah salah satu cara untuk mengurangi dan mencegah kekeringan kulit saat Anda menyeka bagian hidung. Selain itu, Anda bisa menggunakan pelembab ruangan untuk menjaga kelembaban udara di ruangan karena udara yang kering akan menyedot kelembaban kulit Anda. Pelembab ruangan juga dapat meningkatkan hidrasi kulit agar terasa lebih kenyal.

8. Gunakan Masker Gel Pada Wajah

perawatan kulit

Karena sakit membuat kulit Anda kering, masker gel merupakan salah satu cara terbaik untuk menggantikan kelembaban kulit. Gunakan masker bervitamin yang mampu menutrisi hingga ke dalam lapisan kulit.

 

Perawatan Kulit Saat Akan Beraktifitas

perawatan kulit

Anda akan memulai aktifitas? Baca sampai selesai artikel ini, maka Anda akan mengetahui apa saja tips perawatan kulit untuk Anda yang sedang sakit:

1. Hindari Lipstik Warna Nude

Jika Anda gemar menggunakan lipstik berwarna nude, sebaiknya hindari terlebih dulu. Saat kondisi tubuh Anda sedang mengalami pemulihan, bibir cenderung terlihat pucat. Coba gunakan lipstik yang cerah sebagai alternatifnya. Tampilan otomatis akan terlihat segar dan bersinar!

2. Kompres Mata dengan Es Batu

Sehabis sakit, mata cenderung mudah bengkak dan terlihat lebih kecil. Hal ini bisa Anda akali dengan mengompres mata dengan es batu. Bungkus es dengan kain katun atau handuk yang tipis, lalu taruh pada mata Anda selama 5 – 15 menit. Mata Anda pun akan terlihat fresh dan bengkak akan berkurang.

3. Riasan Wajah Jadi Senjata Andalan

Kondisi badan yang belum prima tentu membuat Anda cukup malas keluar rumah. Apalagi kalau harus merawat kulit.  Hasilnya? Bisa saja kulit menjadi kering dan kusam. Nah, kalau Anda ingin menyulap penampilan secara instan di hari pertama kembali bekerja, coba akali dengan memakai liquid foundation yang formulanya melembapkan. Dengan jenis alas bedak ini, kulit Anda akan terlihat lebih segar. Gunakan concealer untuk menyembunyikan kulit kemerahan atau bekas jerawat yang membandel. Tak lupa juga sisipkan pemakaian blush, biar ada rona wajah segar yang tersepanjang hari!

4. Nutrisi Kulit Dari Dalam Maupun Luar

Saat sakit, kulit dan bibir Anda cenderung kering karena tubuh mengalami dehidrasi atau kurangnya cairan. Usahakan konsumsi air putih minimal 4 hingga 6 gelas sehari,  kemudian dukung kulit dari luar dengan menggunakan pelembap. Jadi, Anda bisa tetap tampil kece walau sedang sakit.

5. Mata Tidak Boleh Terlihat Redup

Untuk mengatasi wajah sayu, memakai eyeliner berwarna bisa jadi alternatifnya. Selain itu, Anda juga bisa membuat mata terlihat lebih lebar dengan penjepit bulu mata. Hangatkan penjepit bulu mata dengan blow dryer terlebih dulu supaya bulu mata makin lentik dan tahan lama. Bagaimana, Ladies? Caranya mudah dan sederhana kan?

Selain dengan beberapa tips di atas, beristirahat dan makan makanan yang sehat juga di rumah akan mempercepat pemulihan tubuh dari sakit yang menyerang. Perawatan kulit di saat sakit dapat dilakukan dengan mudah asal Anda mau mengetahui informasi perawatan yang tepat.

Teruslah menjadi cantik, Ladies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *