ANDA TEROBSESI DENGAN UKURAN PORI-PORI KULIT?

skin.co.id pori-pori kulit

Anda malu memiliki rambut keriting? Mudah sekali cara untuk meluruskannya. Anda bisa pergi ke salon dan melakukan rebonding pada rambut, dan masalah selesai. Tapi berbeda dengan pori-pori, lubang halus yang ada pada permukaan kulit wajah dan kulit Anda tidak dapat diselesaikan dengan sekejap. Survei yang dilakukan pada 2.000 wanita di Paris membuktikan bahwa 45% wanita ingin mengecilkan ukuran pori-pori mereka, dan hampir sepertiganya mengatakan bahwa mereka lebih khawatir terhadap ukuran pori-pori kulit daripada keriput.

Menurut asisten profesor dermatologi di Medical Center Mount Sinai New York City, Josh Zeichner, MD., “porexia” adalah istilah kesehatan yang menggambarkan saat seseorang terobsesi dengan ukuran pori-pori dan kelenjar keringat mereka.

Dan salah satu petunjuk lain dari gejala porexia ini ditandai dengan penggunaan produk yang berlebihan untuk mengelupas permukaan kulit sehingga menimbulkan kerusakan pada kulit Anda, contohnya seperti penggunaan scrub, dan produk asam lainnya secara berlebihan.

Menurut Josh Zeichner, meskipun ukuran pori-pori ditentukan oleh genetika, ada beberapa cara sehat untuk menanganinya.  Sebenarnya kolagen yang ada di kulitlah yang membuat pori-pori Anda mengetat. Dengan melindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan mengenakan topi yang lebar dapat mencegah pori-pori Anda membesar. Namun, karena Anda tidak dapat mengontrol produksi minyak sebum pada kulit, maka gunakan face paper atau kertas hisap agar minyak ini tidak menyumbat pori-pori Anda.

Ada beberapa cara lain yang bisa membuat pori-pori Anda terlihat lebih kecil:

  • Gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid dan air teh hijau. Hyaluronic acid dan teh hijau yang ada pada serum akan membantu mengecilkan pori-pori dan menjaga kelembaban kulit Anda. Anda juga dapat menggunakan serum atau tannin pore yang mengandung Tannin Complex yang berperan untuk membantu memperbaiki pori-pori yang besar.
  • Gunakan toner yang membantu mengecilkan pori-pori kulit yang besar dan menormalkan keseimbangan kadar air dan minyak, sehingga membuat kulit terasa segar serta juga membantu mengontrol sebum dan kelembaban kulit. Dan jika Anda memiliki kulit sensitif, pastikan Anda menggunakan toner yang cocok untuk semua jenis kulit.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA: 5 Cara Mengecilkan Pori-pori Secara Efektif

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *