Apa Itu Chemical Peeling?

apa itu chemical peeling

Ada beberapa jenis perawatan wajah yang dilakukan secara berkala seperti laser, facial, chemical peeling, masker, dan lain-lain. Istilah ini pastinya sudah tidak asing lagi. Dalam artikel kali ini akan dibahas secara singkat tentang perawatan chemical peeling. Apa itu? Berikut penjelasannya.

Chemical peeling merupakan sebuah solusi perawatn kulit untuk memperbaiki kulit wajah dengan bahan kimia. Perawatan ini dapat dilakukan pada wajah, leher, dan tangan. Perawatan berkala ini memiliki beberapa manfaat untuk:

  1. Mengurangi garis-garis halus di bawah mata dan sekitar mulut.
  2. Mengatasi kerutan pada wajah akibat paparan sinar matahari.
  3. Memperbaiki kulit dari bekas-bekas jerawat dan bintik hitam.
  4. Memperbaiki penampilan kulit.

Setelah melakukan chemical peeling, kulit akan terasa lebih sensitif pada matahari sehingga gunakan tabir surya setiap hari untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Batasi waktu Anda saat berada di luar ruangan terutama di antara jam 10 pagi dan 2 malam.

Ceritakan pada dokter kulit Anda jika memiliki riwayat seperti iritasi kulit akibat suhu dingin, facial X-rays, dan bekas luka. Sebelum melakukan prosedur perawatan kulit berkala ini, dokter Anda mungkin menyarankan untuk berhenti dulu mengonsumsi obat tertentu dan diberi medikasi seperti pemberian Retin-A, Renova, atau glycolic acid. Dokter Anda mungkin juga meresepkan antibiotik atau obat antiviral.

Chemical peeling bisa dilakukan di tempat praktek dokter kulit, surgery centre, atau pusat perawatan kecantikan. Pertama-tama, professional beautician akan membersihkan wajah lalu mengaplikasikan peel gel seperti glycolic acid, trichloroacetic acid, salicylic acid, lactic acid, atau carbolic acid. Selama proses chemical peeling ini, kebanyakan orang akan merasakan sensasi terbakar sekitar 5-10 menit diikuti dengan sensasi menyengat. Untuk mengurangi rasa menyengat tersebut, biasanya diberi sesuatu yang mendinginkan.

Peeling biasanya diikuti dengan kulit kemerahan dan sunburn, tergantung dengan tingkat dan jenis peeling. Satu hal yang penting untuk diperhatikan setelah melakukan perawatan chemical peeling adalah menghindari sinar matahari selama beberapa bulan karena kulit baru ini sangat rapuh. Sehingga jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya seperti Jasmine 3D Waterful Sun Mist setiap hari. Semoga Membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *