Apa yang Terjadi pada Kulit Saat Tidur?

apa yang terjadi pada kulit saat tidur

Pernah tidak Anda merasakan perubahan pada kulit saat selesai begadang seperti mata bengkak, lingkaran hitam, dan kulit yang pucat? Selama tidur pada malam hari banyak hal yang terjadi pada kulit Anda. Apa saja? Berikut penjelasan dari seorang ahli dermatologis UCLA (University of California, Los Angeles), Dr. Howard Murad.

Selama tidur, tubuh Anda mengalami suatu mekanisme alamiah untuk memperbaiki kondisi kulit. Inilah alasannya mengapa Anda sangat membutuhkan tidur yang cukup untuk mendapatkan kulit yang cantik dan sehat. Tidur membuat hormon stres kortisol menurun. Hormon ini merupakan salah satu penyebab terjadinya penipisan kulit dan timbulnya stretch mark. Selain itu, tidur dapat meningkatkan hormon melatonin yang mana berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan seperti munculnya garis-garis halus dan keriput. Memiliki tidur yang berkualitas juga dapat meningkatkan produksi kolagen yang mana sangat erat kaitannya dengan elastisitas kulit.

Lalu bagaimana tidur yang berkualitas itu? Menurut Dr. Murad, lamanya waktu tidur belum tentu menandakan bahwa tidur Anda berkualitas. Proses perbaikan kulit terjadi selama REM (rapid eye movement) sleep. Namun, gaya hidup dan kondisi lingkungan sering memaksa Anda untuk begadang. Lalu, adakah cara yang membuat kulit Anda tetap cantik dan sehat meskipun memiliki kualitas tidur yang kurang? Berikut 3 tip kecantikan dari Dr. Murad:

1. Miliki Tidur yang Berkualitas

Semakin bertambah usia, produksi melatonin dalam tubuh semakin menurun. Hal ini akan berdampak pada kemampuan tubuh untuk memperbaiki kulit saat tidur di malam hari. Oleh karena itu, konsumsilah makanan yang mengandung melatonin ataupun yang dapat meningkatkan hormon melatonin seperti buah cherry, pisang, kacang walnut, ikan tuna, tomat, kale, bayam, nasi, dan lain-lain. Hormon melatonin ini berperan dalam meningkatkan kualitas tidur. Dengan tidur yang berkualitas dapat mengoptimalkan kemampuan tubuh untuk memperbaiki kulit saat tidur di malam hari.

2. Gunakan Pelembab Sebelum Tidur

Menurut Dr. Murad, secara alami kita akan kehilangan kelembaban selama tidur sehingga sangat penting untuk melembabkan kulit sebelum tidur. Pilihlah pelembab yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

DAPATKAN KULIT LEBIH MULUS SETELAH BANGUN TIDUR

  • Multi sleeping pack untuk memperbaiki kerutan
  • Melembabkan, menutrisi, & mengencangkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Cocok untuk semua jenis kulit


Dapatkan wajah lebih lembut saat Anda bangun di pagi hari sekarang juga! Beli DI SINI!

3. Lakukan Pola Diet Sehat

Menghidrasi kulit sebelum tidur dengan produk pelembab topical sangat penting untuk menjaga kelembabannya, namun menghidrasi kulit dari dalam juga tidak kalah pentingnya. Bagaimana caranya? Sebelum tidur konsumsilah buah-buahan yang mengandung cukup air seperti buah apel atau semangka. Jangan lupa untuk minum cukup air mineral sebelum pergi tidur.

Semoga dengan informasi di atas dapat menambah pengetahuan Anda mengenai pentingnya tidur dan manfaatnya terhadap kecantikan dan kesehatan kulit Anda. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *