Apakah Benar Sinar Matahari Dapat Mengatasi Jerawat?

Apakah Benar Sinar Matahari Skin.co.id Dapat Mengatasi Jerawat?

Apakah Anda pernah mendengar bahwa sinar matahari bermanfat bagi kulit Anda? Memang benar sinar  dapat memberikan manfaat jika dalam jumlah yang tepat. Sinar matahari merangsang tubuh memproduksi Vitamin D yang berfungsi meningkatkan penyerapan kalsium untuk tulang dan melancarkan sirkulasi darah dengan melebarkan pembuluh darah di kulit. Beberapa orang juga beranggapan sinar matahari dapat mengatasi jerawat. Tapi apakah benar sinar matahari dapat mengatasi jerawat? Sebelum percaya akan hal tersebut, Anda harus menyimak beberapa hal berikut.

Meskipun banyak orang mengatakan kulit terlihat lebih bersih setelah berjemur, namun berjemur di bawah sinar matahari berulang-ulang malah dapat memperburuk jerawat dari waktu ke waktu.

“Salah satu alasan mengapa orang cenderung berpikir kulit mereka terlihat lebih baik dengan berjemur karena kontras terlihat berkurang antara jerawat yang meradang dan kulit di sekitarnya,” ungkap Dr. Holly Kanavy, asisten profesor dan direktur Pharmacology at Montefiore Health System and Albert Einstein College of Medicine.

Kanvay juga menambahkan, “Ketika kulit di sekitar jerawat menjadi lebih gelap, jerawat tidak terlihat buruk.” Dia menjelaskan, faktor utama yang menyebabkan jerawat adalah produksi sebum berlebih (minyak) yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat, bakteri yang ada pada kulit dan pelepasan mediator inflamasi ke dalam kulit, dan beberapa hal tersebut dapat dipengaruhi oleh paparan sinar matahari.

Berjemur di bawah sinar matahari awalnya membuat beberapa jerawat dapat mengering, tetapi efek ini hanya sementara, kata Dr Kanavy. Bahkan, sinar ultraviolet (UV) sering kali menyebabkan kelebihan produksi minyak di kulit, yang dapat membuat kulit ‘terbakar’ dan bahkan menyebabkan bakteri penyebab jerawat lebih terbentuk. Meskipun benar sinar UV dari matahari dapat bekerja untuk membunuh bakteri pada kulit, namun bisa membuat peningkatan risiko kanker kulit dan penuaan dini pada kulit, kata Dr Elizabeth Tanzi, asisten direktur Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery di Washington, DC.

Skin.co.id Dapat Mengatasi Jerawat?

Bagi beberapa  orang, tabir surya juga dapat meningkatkan masalah jerawat mereka. Bagi Anda yang mungkin mempunyai masalah tersebut, jangan putus asa, ada solusinya! Anda yang berjerawat sebagai hasil dari menggunakan tabir surya berbahan kimia, disarankan untuk menggunakan tabir surya yang mempunyai kandungan dengan zinc atau titanium sebagai bahan aktif. Bahkan, zinc dan titanium sebenarnya bisa membuat kulit Anda sedikit kering, yang mungkin bermanfaat untuk kulit berminyak dan kulit yang rentan berjerawat. Selain itu, Anda juga disarankan untuk mencari produk mengatakan “oil free” atau “non-comedogenic” pada labelnya untuk membantu kulit Anda yang rentan berjerawat.

Dan seperti biasa, jika Anda harus keluar dan berada di bawah sinar matahari, gunakan tabir surya dengan broad spectrum atau cakupan perlindungan yang lebih luas dengan kandungan SPF minimal 15. Tabir surya ini memberikan perlindungan terhadap paparan sinar UVA dan UVB. Pilih tabir surya yang mengandung bahan-bahan berikut seperti meroxyl, oxybenzone atau avobenzone untuk perlindungan terhadap sinar UVA ataupun titanium oxide.

BACA JUGA: Apa Arti Angka SPF Pada Tabir Surya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *