Asam Terbaik Untuk Kulit Anda

skin.co.id Asam Terbaik Untuk Kulit Anda

Asam merupakan bahan-bahan yang kuat dan merupakan salah satu bagian paling penting dari rutinitas perawatan kulit. Setiap jenis asam memiliki kegunaan yang berbeda bagi kulit Anda. Jika Anda salah memilih produk yang mengandung asam untuk masalah kulit Anda, maka hal tersebut akan memperburuk kondisi kulit Anda.

Untuk menghindari masalah tersebut, tidak ada salahnya kita mengenal beberapa asam yang biasa ada di produk perawatan kulit yang Anda gunakan. Temukan asam terbaik untuk kulit Anda dengan mengenalinya jenisnya berikut:

Asam Salisilat (Salicylic Acid)

skin.co.id Asam Terbaik Untuk Kulit AndaProduk ini digunakan untuk mengobati jerawat  dengan kondisi ringan sampai yang sedang. Bahan ini sering dikombinasikan dalam perawatan jerawat. Namun jika Anda menggunakannya secara murni, periksa terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker sebelum menggabungkan atau menggunakannya pad jerawat. Asam salisilat termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai salisilat. Bila diterapkan pada kulit, asam salisilat dapat bekerja dengan membantu kulit untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit dan mengurangi kemerahan dan bengkak akibat peradangan. Bahan ini secara efektif dapat mengurangi jumlah jerawat dan mempercepat penyembuhannya.

Asam salisilat juga berfungsi sama dengan beta hydroxy acid sebagai agen keratolitik yaitu agen yang menghilangkan lapisan atas kulit ketika pori-pori yang tersumbat. Dr Heidi Waldorf, direktur dermatologi laser dan kosmetik di The Mount Sinai Medical Center menyarankan dan merekomendasikan asam ini untuk kulit berminyak. Namun, ada juga peneliti yang melaporkan bahwa asam ini dapat digunakan pada kulit kering atau sensitif, asalkan dikombinasikan dengan bahan-bahan yang menghidrasi.

Alpha-Hydroxy Acid

skin.co.id Asam Terbaik Untuk Kulit Anda

Alpha hydroxy acid adalah kelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan. Alpha hydroxy acids termasuk asam sitrat (ditemukan dalam buah jeruk), asam glikolat (ditemukan dalam tebu), asam laktat (yang ditemukan dalam susu asam), asam malat (ditemukan dalam apel), asam tartarat (ditemukan dalam anggur), dan lain-lain.

Asam ini sering digunakan untuk melembabkan dan menghilangkan sel-sel kulit mati, mengobati jerawat, dan memperbaiki penampilan bekas jerawat, untuk meningkatkan penampilan kulit di usia yang beranjak menua, dan menghaluskan kulit. Alpha hydroxy acids juga digunakan secara topikal untuk mengobati kulit yang sangat kering (xerosis), kulit bersisik (ichthyosis), dan kondisi gelap pada kulit atau melasma.

DAPATKAN KULIT LEBIH MULUS SETELAH BANGUN TIDUR

  • Multi sleeping pack untuk memperbaiki kerutan
  • Melembabkan, menutrisi, & mengencangkan kulit
  • Mengecilkan pori-pori
  • Cocok untuk semua jenis kulit


Dapatkan wajah lebih lembut saat Anda bangun di pagi hari sekarang juga! Beli DI SINI!

Alpha hydroxy acid yang ada pada krim wajah dan lotion dengan konsentrasi 10% atau kurang bisa dikatakan aman untuk digunakan kebanyakan orang ketika diaplikasikan ke kulit secara tepat dan sesuai petunjuk. Namun pada beberapa orang, asam ini dapat membuat kulit Anda sensitif terhadap sinar matahari. Jadi Anda bisa memakai tabir surya saat menggunakan produk yang mengandung AHA.

Hyaluronic Acid (Asam Hialuronat)

skin.co.id Asam Terbaik Untuk Kulit Anda

Asam hialuronat adalah zat yang secara alami terdapat dalam tubuh manusia. Asam ini ditemukan dengan konsentrasi tertinggi dalam cairan di mata dan sendi. Asam hialuronat yang digunakan sebagai ekstrak obat dari ayam atau dibuat oleh bakteri di laboratorium.

Asam hialuronat adalah salah satu bahan yang paling Anda inginkan saat kulit Anda terasa kering. Asam ini mengandung molekul pelembab yang dapat menyimpan hingga 1.000 kali massa dalam air. Bahan ini sebenarnya memiliki kemampuan untuk menarik kelembaban dari udara ke bawah permukaan kulit melalui stratum korneum (atau lapisan terluar kulit) sehingga kulit tetap kenyal.

Asam Ferulat & Alpha Lipoic

skin.co.id Asam Terbaik Untuk Kulit Anda

Kedua bahan-bahan antioksidan tersebut dapat mengurangi jumlah radikal bebas yang dapat mendatangkan malapetaka pada kulit Anda. Kedua asam ini memiliki beberapa manfaat di antaranya adalah:

  • Melindungi sel kulit dari radikal bebas dan kerusakan lingkungan
    Seperti antioksidan lain, seperti vitamin A, C dan E, coenzim Q10 dan asam Ferulat & Alpha Lipoic melindungi kulit dari radikal bebas dan melindungi sel dari kerusakan lingkungan. Secara khusus, bahan ini sangat efektif untuk melawan dua radikal bebas yang sangat merusak, yaitu superoksida dan hidroksil radikal.
  • Perlindungan kulit dari sinar UV
    Penelitian menunjukkan bahwa asam ferulat dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV. Menurut dokter kulit dan ilmuwan Karen E. Burke, MD, Ph.D., dalam Anti-Aging Handbook mengatakan bahwa ferulic acid akan mengganggu proses perusakan membran sel oleh sinar UV. Selain itu, asam ferulat juga membantu mencegah kemerahan dan terbakar dari sinar UVB.
  • Mencegah ketidak-efektifan vitamin yang masuk ke dalam kulit
    Kemungkinan Anda akan menemukan vitamin di hampir semua produk perawatan kulit. Namun, ketika mereka terkena cahaya dan udara, vitamin dapat pecah dan manfaat mereka bagi kulit akan hilang. Namun, ferulic acid atau asam ferulat mampu mencegah proses ini.
  • Mencegah kanker, terutama kanker paru-paru dan kanker usus besar
    Kanker terjadi ketika sel dan DNA bermutasi sehingga menyebabkan reproduksi sel yang tidak terkendali. Ferulic acid dapat mencegah mutasi sel dan kerusakan DNA, sehingga bisa membantu melawan pertumbuhan sel kanker.

Dengan sedikit pengetahuan tentang berbagai jenis asam terbaik untuk kulit, Anda bisa memeriksa label dan kandungan pada produk perawatan Anda. Sudah tepatkah kandungan asam dalam produk perawatan kulit untuk mengatasi masalah kulit Anda?

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *