Atasi Jerawat Di Punggung Dengan Perawatan Tepat!

Meskipun Anda bukan dalam masa remaja atau pubertas, hal ini bukan berarti Anda bebas jerawat. Bahkan saat Anda tidak berjerawat di saat muda, Anda bisa saja mendapati jerawat meski di usia yang sudah dewasa. Oleh karena itu, perawatan kulit yang tepat sangatlah penting untuk membasmi jerawat.

skin.co.id Atasi Jerawat Di Punggung Dengan Perawatan Tepat!
Timbulnya jerawat tidak hanya di wajah, akan tetapi juga pada area leher, dada, dan bagian punggung Anda juga bisa ditumbuhi jerawat. Jerawat di bagian tersebut memang termasuk jerawat yang sulit dijangkau dan diobati sendiri. Kadang Anda akan memerlukan sedikit bantuan dari teman atau kerabat untuk mengobatinya.

Umumnya jerawat di punggung disebabkan oleh penyebaran bakteri, minyak berlebih, dan menumpuknya sel-sel kulit mati. Dan untuk mengurangi dan mencegahnya penyebaran jerawat di punggung ini, Anda perlu menjaga kebersihan tubuh dengan mandi yang bersih. Upayakan untuk menjangkau bagian punggung yang berjerawat dengan menggunakan alat bantu semisal loofah bertangkai. Gosok secara perlahan agar tidak menyebabkan iritasi.

Sama seperti kulit di bagian tubuh lainnya, kulit di punggung Anda perlu dirawat. Setelah mandi atau berkeringat, ada hal yang sangat penting untuk mencegah jerawat di punggung yaitu Anda harus benar-benar mengeringkan bagian punggung dengan sempurna. Jika air dan keringat tidak segera dikeringkan, maka bakteri penyebab jerawat akan tumbuh dengan baik. Ada beberapa hal yang dapat mencegah dan membunuh jerawat agar tidak berkembang di punggung Anda. Di antaranya adalah:

  • Mandilah secara teratur dan gunakan sabun mandi berjenis oil-free yang mengandung beta-hidroxyl
  • Saat berolahraga, gunakan pakaian olahraga yang lebih longgar dan terbuat dari bahan katun. Pakaian senam atau fitnes yang ketat dan berbahan sintetis hanya akan menyebabkan terjebaknya keringat di atas permukaan kulit tanpa terserap dengan baik. Dan jangan lupa, pada saat senam, alas lantai atau matras diberi handuk bersih jika Anda melakukan gerakan yang berhubungan dengan penggunaan lantai.
  • Gunakan handuk bersih untuk mengeringkan tubuh setelah mandi. Lakukan pengeringan dengan lembut dan tepuk-tepuk bagian punggung.
  • Sebaiknya Anda jangan langsung melakukan sauna selepas berolahraga, bilas dulu atau bersihkan tubuh Anda terlebih dahulu dengan air bersih.
  • Pada saat keramas, pastikan Anda membilas sampo dan kondisioner yang Anda pakai hingga benar-benar bersih. Karena jika kurang bersih, maka sisa-sisa sampo dan kondisioner akan tertinggal dan menempel bersama bakteri dan minyak sehingga bisa menimbulkan jerawat

Kulit punggung merupakan kulit yang lebih tebal daripada kulit di bagian tubuh lainnya sehingga jika Anda meninggalkan membiarkan jerawat berkembang hingga meninggalkan bekas, maka bekas jerawat tersebut akan lebih sulit untuk hilang. Kelembaban kulit di bagian punggung haruslah selalu dijaga agar kulit Anda tidak terasa kering dan bersisik.

Bebaskan Masalah Jerawat Di Wajah, Dada, dan Punggung Dengan Sekali Semprot!

Blemish Soothing Mist memiliki kelebihan di antaranya:

  • Mengontrol sebum berlebih
  • Mencerahkan kulit
  • Tidak lengket dan tidak berminyak
  • Tidak membuat iritasi
  • Cocok untuk kulit kering dan berminyak


Bebaskan Punggung Anda dari Jerawat!
BELI SEKARANG

Hindari Kondisi Lembab dan Tertutup

Jerawat di wajah, dada, ataupun punggung sama-sama disebabkan oleh 4 pemicu di antaranya adalah:

  1. Bakteri Propionobacterium acnes. Bakteri ini merupakan penghuni di permukaan kulit manusia. Sebenarnya bakteri ini tidak berbahaya, akan tetapi jika kulit Anda kurang terjaga kebersihannya maka barulah bakteri ini akan menyebabkan jerawat timbul.
  2. Tingginya produksi sebum. Ketika kulit memproduksi minyak berlebih dan ditambah kebersihan yang kurang terjaga maka akan berpeluang menimbulkan jerawat.
  3. Adanya gangguan proses pengelupasan lapisan kulit luar. Jika hal ini terjadi, lapisan kulit yang mestinya mengelupas malah akan menyumbat saluran kelenjar sebum.
  4. Reaksi radang. Peradangan ditambah dengan pemakaian baju yang terlalu ketat akan memperparah kondisi kulit sehingga memudahkan bakteri untuk berkembang biak.

Untuk jerawat di punggung, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan jerawat semakin merajalela. Salah satunya adalah penggunaan dan pemilihan kain baju yang kurang tepat. Ditambah lagi dengan ruangan panas dan gerah yang bisa merangsang tubuh untuk mengeluarkan keringat. Lingkungan yang lembab dan tertutup seperti bagian punggung bisa menjadi tempat subur bagi jerawat.

Untuk menghindari hal tersebut, setiap Anda selesai melakukan aktivitas yang merangsang banyak keringat. Usahakan untuk segera membuka pakaian, mengeringkan punggung dan hindari pemakaian pakaian ketat supaya punggung terkena sirkulasi udara dan tidak lembab.

Atasi Dengan Mentimun dan Putih Telur

Ada banyak sekali obat dan perawatan untuk mengatasi jerawat di punggung. Salah satunya adalah mentimun dan putih telur. Putih telur dianggap dapat mengangkat sisa kotoran dan sel-sel kulit mati. Mentimun diklaim sebagai penghilang noda jerawat paling ampuh. Cara membuat campuran ini cukup mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut ini:

  • Kocoklah satu buah putih telur di dalam wadah hingga kaku
  • Persiapkan mentimun dan potong kecil-kecil
  • Blender timun dan putih telur hingga menjadi seperti jus
  • Jika sudah menjadi jus, Anda tinggal mengoleskannya ke bagian punggung yang berjerawat dan diamkan hingga mengering (10-15 menit)
  • Setelah mengering bilaslah dengan air hangat atau air bersih.
  • Lakukan hal ini setidaknya dua kali dalam seminggu.

Dan jika kulit punggung Anda masih tetap berminyak, kering, atau berjerawat Anda harus melakukan beberapa solusi ampuh berikut ini:

  • Hindari makanan berlemak seperti kacang-kacangan dan makanan pedas
  • Jika kulit Anda berminyak, cobalah untuk menjadi vegetarian dalam dua minggu
  • Bila terjadi kemerahan dan gatal di punggung, segeralah untuk membilas punggung Anda dengan air bersih
  • Jika kulit punggung Anda kasar dan kering, gunakan garam mandi dan minyak zaitun untuk dioleskan ke punggung
  • Tidur yang cukup. Tidur merupakan saat terbaik bagi sirkulasi darah untuk mengalir lancar ke bagian punggung

Semoga tip dan saran di atas dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat di punggung Anda. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *