Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick?

skin.co.id Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick

Jerawat merupakan masalah kulit yang sering membuat Anda tampil dengan tidak percaya diri. Apalagi jika Anda memiliki jaringan parut atau bekas jerawat yang susah dihilangkan. Salah satu jenis jerawat yang ada ialah ice pick. Bekas jerawat sering kali mengingatkan Anda tentang jerawat yang pernah Anda miliki. Saat jerawat sudah menyingkir dari kulit dan wajah Anda, belum tentu bekasnya juga dengan mudah hilang.

Bekas jerawat sangatlah beragam jenisnya, oleh karena itu perawatan untuk menghilangkan jenis jerawat harus sesuai. Dari sekian banyak jenis dari bekas jerawat, ice pick merupakan bekas jerawat yang sangat sulit untuk dihilangkan. Namun, saat ini, dengan pengobatan yang dirancang khusus, Anda dapat memiliki kulit yang lebih halus dan bebas bekas jerawat. Sebelum mengetahui cara menghilangkan bekas jerawat ini, ketahui terlebih dahulu bagaimana bekas jerawat ini terbentuk.

Bagaimana Bekas Jerawat Ice Pick Terbentuk?

Bekas jerawat muncul dan terbentuk akibat dari jerawat batu yang terinfeksi yang merusak jaringan kulit dan meninggalkan bekas luka yang sempit dan panjang. Bekas jerawat ini terbentuk dari sebuah jerawat yang ringan yang disebut komedo. Komedo ini terbentuk saat minyak yang diproduksi dari kelenjar sebaceous yang menumpuk dengan kotoran dan sel-sel kulit mati di folikel rambut.

Setelah komedo terbentuk, bakteri mulai berkembang biak di dalam folikel rambut yang tersumbat. Sel-sel darah putih berkumpul dan menuju infeksi untuk menghancurkan bakteri. Dengan menumpuknya sel darah putih di folikel rambut, nanah akan terbentuk.

Dalam beberapa kasus, bakteri dan sel-sel darah putih dan sebum dapat menggumpal ke dalam kulit dan menyebabkan peradangan kulit lebih lanjut. Dengan adanya tekanan pada kulit, peradangan akan terdorong lebih dalam ke dalam kulit. Pada akhirnya, hal ini akan menyebabkan kerusakan parah dan mengarah pada pembentukan nodula dan jerawat batu.

Peradangan pada jaringan kulit akan mengganggu struktur kolagen sehingga jaringan parut terbentuk. peradangan ini akan tenggelam ke dalam kulit dan muncul sebagai bekas jerawat yang disebut ice pick.

PENGHILANG BEKAS JERAWAT TERBAIK & ALAMI

  • Memperbaiki area kulit yang gelap karena bekas atau noda jerawat
  • Mengatasi flek atau noda hitam
  • Membuat tekstur kulit menjadi lebih halus
  • Mempercepat proses regenerasi kulit
  • Cocok untuk kulit sensitif

Singkirkan noda & flek hitam bekas jerawat Anda sekarang juga!

Beli DI SINI!

Pengobatan Terbaik Untuk Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick

Bekas jerawat ini biasanya diobati dengan tehnik punch grafting, punch excision, perawatan laser, dan perawatan chemical peeling. Anda perlu mengunjungi dokter untuk mengobati bekas jerawat ini. Jenis perawatan di atas hanya dapat dilakukan dengan dokter.

Perawatan Laser

Pengobatan laser ini merupakan pengobatan paling populer untuk menghilangkan berbagai jenis bekas dan luka akibat jerawat. Perawatan ini juga membantu membunuh bakteri dan mengurangi kemerahan yang disebabkan oleh jerawat.

Punch Excision

Pengobatan ini merupakan prosedur bedah yang digunakan untuk pengobatan bekas jerawat seperti es pick bekas luka. Selama perawatan, pasien diberikan anestesi. Sebuah alat biopsi kecil digunakan untuk memotong setiap bekas luka. Kemudian, bagian pinggir kulit ditutup bersama-sama menggunakan lem kulit dan jahitan. Setelah sembuh, tekstur dan kulit tampak halus.

skin.co.id Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick

Punch Graft

Punch graft merupakan sebuah alat kecil yang digunakan untuk memotong bekas luka. Perawatan ini dapat meninggalkan bekas luka, tapi kulit secara keseluruhan terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya.
Anda juga dapat memilih untuk menghapus bekas luka kecil yang dihasilkan dengan melakukan perawatan seperti laser dan chemical peeling.

Chemical Peeling

Berbagai perawatan chemical peeling dapat membantu untuk menghaluskan permukaan kulit dan mengurangi munculnya bekas jerawat. Chemical peeling akan mengelupasi lapisan bagian atas kulit. Dokter akan merekomendasikan chemical peeling terkuat untuk mengatasi masalah bekas jerawat ice pick.

Mikrodermabrasi

Perawatan ini merupakan pengobatan bekas luka jerawat di lapisan kulit untuk merangsang pembentukan kolagen dan membuat kulit Anda lebih segar. Perawatan ini sangat bekerja pada jaringan parut yang tidak terlalu dalam.

Bagaimana Membantu Menyembuhkan Bekas Jerawat?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu menyembuhkan bekas jerawat, di antaranya adalah:

Kurangi Paparan Sinar Matahari

skin.co.id Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick?

Membiarkan bekas jerawat dengan terpapar sinar matahari akan menyebabkan kulit Anda menggelap dan memperlambat proses penyembuhannya. Sinar ultraviolet akan merangsang melanosit (sel-sel penghasil pigmen) yang merubah warna dan corak kulit Anda lebih gelap.

Sebelum keluar ruangan, kenakan tabir surya dengan spektrum yang luas dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 30 atau lebih tinggi.

Bahan dengan perlindungan spektrum luas termasuk benzofenon (sulisobenzone dan oxybenzone), cinnamates (octylmethyl sinamat dan cinoxate), salisilat, titanium dioksida, zinc oxide, avobenzone (Parsol 1789), dan ecamsule (Mexoryl SX) akan membantu melindungi Anda dari sinar UVA dan UVB. Batasi waktu Anda di bawah sinar matahari terutama jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Pakailah pakaian pelindung seperti kemeja lengan panjang, celana, atau topi yang lebar.

Jangan Memencet atau Mencongkel Jerawat

skin.co.id Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick?

Bekas jerawat yang tenggelam ke dalam kulit terjadi karena kehilangan kolagen akibat dari peradangan yang parah. Memencet jerawat akan mengarahkan kulit pada peradangan yang serius yang memberikan warna lebih hitam dan jaringan parut. Mencongkel ataupun memencet jerawat akan menyebabkan nanah dan bakteri masuk lebih dalam ke kulit dan membawa kerusakan kolagen yang lebih.

Jangan Menggunakan Vitamin E Pada Bekas Jerawat

skin.co.id Bagaimana Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Ice Pick?

Anda mungkin pernah mendengar bahwa dengan menerapkan vitamin E pada bekas jerawat akan membantunya lebih cepat sembuh. Namun menurut sebuah studi dari University of Miami, menerapkan nutrisi ini secara langsung pada bekas jerawat akan benar-benar dapat menghambat penyembuhan.

Namun, Anda tidak perlu khawatir tentang bekas jerawat di kulit Anda. Sebelum melakukan perawatan yang mahal, cobalah dulu solusi alami yang mudah dan efektif.

BACA JUGA: Macam-macam Bekas Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *