Bagaimana Cara Merawat Kulit Berminyak?

cara merawat kulit berminyak

Sebum yang diproduksi kelenjar minyak berguna untuk menjaga agar kulit tampak lebih sehat, namun jika produksi sebum berlebihan juga bisa menimbulkan beberapa masalah kulit seperti jerawat maupun tertutupnya pori-pori kulit akibat sel-sel kulit mati yang bercampur dengan sebum. Berikut beberapa tip perawatan kulit untuk mengendalikan kelebihan sebum pada kulit yang berminyak:

  • Pembersih
    Para ahli dermatologis sepakat bahwa cara yang efektif untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan membersihkan wajah secara rutin setiap pagi dan malam dengan pembersih khusus untuk kulit berminyak. Menurut April Amstrong, MD., seorang asisten professor dari Departement Dermatology University of California menyarankan untuk memilih sabun yang lembut daripada memilih harsh soap yang justru dapat meningkatkan produksi sebum. Pilih sabun dengan kandungan benzoyl peroxide, salicylic acid, glycolic acid, atau beta-hydroxy acid.
  • Toner
    Untuk mengaplikasikan toner, cukup digunakan pada area yang berminyak saja dan tidak perlu digunakan pada area kulit yang kering. Seperti pada kulit kombinasi, cukup diaplikasikan pada area dahi, hidung, dan dagu atau T-zone.
  • Masker
    Menggunakan masker dapat membantu mengurangi kelebihan sebum dan membersihkan pori-pori. Karena biasanya setelah menggunakan masker kulit jadi lebih kering, maka jangan lupa menggunakan pelembab setelahnya.
  • Pelembab
    Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembab? Sebuah ide yang buruk jika Anda yang memiliki kulit berminyak malah menjauhi pelembab. Kulit berminyak pun juga membutuhkan pelembab, maka dari itu pilihlah pelembab yang oil free.
  • Sunscreen
    Biasanya orang dengan kulit berminyak malas menggunakan tabir surya karena membuat kulit terlihat semakin berminyak. Padahal tabir surya sangat dibutuhkan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit.

Laser dan chemical peel dapat membantu mengurangi kelebihan sebum dan memperbaiki kulit. Namun Anda harus berkonsultasi dengan dokter kulit terlebih dahulu. Perlu Anda ketahui juga bahwa kulit berminyak cenderung memiliki sedikit keriput saat mengalami penuaan kulit nantinya. Jangan berlebihan untuk menghilangkan sebum karena kulit Anda tetap membutuhkannya. Semoga Membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *