Bagaimana Panduan Merawat Kulit Berminyak & Berjerawat ?

skin.co.id bagaimana merawat kulit berminyak dan berjerawat

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kulit yang berjerawat cenderung dialami oleh mereka yang memiliki kulit berminyak. Kondisi kulit berminyak ini disebabkan oleh kelebihan produksi sebum. Hal ini bisa jadi sebuah tantangan tersendiri bagi yang memiliki pori-pori kulit yang lebar karena rentan sekali muncul komedo. Dengan perawatan kulit yang tepat pada kulit berminyak dapat membantu meminimalisir munculnya komedo dan jerawat. Berikut rutinitas harian untuk merawat kulit yang berminyak dan berjerawat.

  1. Pembersih Untuk Kulit Berminyak & Berjerawat

Tahapan ini merupakan bagian terpenting pada setiap perawatan kulit baik untuk jenis kulit berminyak, kering maupun kombinasi. Untuk kulit berminyak dan berjerawat, gunakan sabun pembersih khusus yang diformulasikan untuk kulit berminyak. Frekuensi membersihkan wajah tidak perlu terlalu sering,  cukup dua kali sehari saja. Terlalu sering membersihkan wajah justru dapat meningkatkan produksi sebum.

  1. Toning

Dengan penggunaan yang tepat, toner berguna untuk mengatur produksi sebum. Penggunaan toner setelah membersihkan wajah akan membuat kulit jadi terasa lebih segar. Pemilihan jenis toner juga tidak boleh sembarangan. Cari jenis toner yang diformulasikan khusus untuk kulit berminyak seperti Blemish Toner.

  1. Moisturizing for Oily Skin

Kebanyakan orang yang memiliki jenis kulit berminyak berpikir untuk tidak perlu lagi memakai pelembab karena kondisi kulit sudah lembab. Ini sebetulnya keliru. Anda tetap memerlukannya, karena setelah membersihkan wajah dengan sabun pembersih, Anda perlu mengembalikan kelembaban kulit dengan pelembab khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat.

  1. Exfoliation

Tahapan ini bertujuan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan kotoran pada kulit sampai ke dalam pori-pori kulit. Anda bisa menggunakan masker wajah alami ataupun masker wajah instan yang lebih praktis dan instan.

  1. Sunscreen

Jenis kulit apapun termasuk kulit berminyak dan berjerawat juga wajib memakai tabir surya. Ini akan melindungi dari paparan sinar UV yang dapat merusak kulit, mempercepat penuaan kulit, memperjelas bekas jerawat, menghindari kulit terbakar/sunburns. Pilih tabir surya dengan kandungan titanium oxide yang cocok dipakai untuk kulit berminyak

  1. Oil Free Cosmetics

Tidak ada larangan untuk bermakeup bagi yang memiliki kulit jenis berminyak. Namun, menggunakan kosmetik yang tidak tepat pada kulit berminyak dapat menimbulkan jerawat. Oleh karena itu, pilih kosmetik yang tepat contohnya seperti alas makeup BB Cream yang khusus untuk kulit berminyak dan berjerawat seperti Blemish Recover Balm.

  1. Makeup Remover

Jangan pernah pergi tidur dengan kosmetik yang masih menempel, terlebih lagi jika kondisi kulit Anda berminyak dan berjerawat. Ini akan menjadi mimpi buruk yang nyata bagi Anda di keesokan hari. Selalu bersihkan wajah Anda dari bekas makeup dan kotoran yang menempel pada kulit dengan makeup remover.

Kulit berminyak dan bejerawat memang membutuhkan perhatian khusus. Apa pun kondisi kulit Anda, itu merupakan anugerah yang perlu dirawat dan dijaga. So, lakukan perawatan kulit yang tepat! Semoga Membantu.

BACA JUGA: Kenapa Kulit Berjerawat Membutuhkan Tabir Surya?

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *