Bagi-bagi Tips:  Cara Mengatasi Kulit Kusam yang Ampuh dan Cepat

cara mengatasi kulit kusam

Kulit kusam, menjadi salah satu masalah kulit wajah yang sering Anda alami bukan? Kulit kusam ini timbul karena seringnya beraktivitas di luar ruangan, terpapar sinar matahari, terkena debu, dan polusi selama berjam-jam setiap harinya.

Pemilik kulit kusam ini pasti tidak pede saat keluar rumah. Meskipun sudah memakai make up, kulit kusam akan muncul beberapa jam kemudian. Sebelum Anda semakin tersiksa dengan adanya kulit kusam ini, begini cara mengatasi kulit kusam:

1. Tetap Melakukan Perawatan Kulit Saat Menstruasi

Cara mengatasi kulit kusam yang pertama adalah melakukan perawatan kulit yang tepat saat menstruasi. Pasalnya, saat menstruasi kondisi hormone akan mengalami perubahan yang siginifikan, dan ini  bisa sebabkan berbagai masalah kulit.

Selain jerawat yang banyak, biasanya kulit juga akan terlihat kering dan kusam. Cara mentasi kulit kusam saat menstruasi sebaiknya perbanyak asupan cairan pada tubuh, gunakan pelembap yang sesuai jenis kulit.

Jika kulit kusam hardir karena faktor hormon, biasanya setelah menstruasi selesai atau pada hari ke-10, kulit akan kembali pada kondisi sebelumnya.

2. Tinggalkan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok dan minum alkohol juga bisa penyebab dari kulit kusam. Kalau Anda mempunyai kebiasaan ini, sebaiknya untuk mengurangi atau bahkan meninggalkan kebiasaan ini. Ini juga menjadi salah satu cara mengatasi kulit kusam Anda.

Selain memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya, asap rokok juga dapat merusak jaringan kulit dan sebabkan penuaan dini.

Sedangkan kandungan alkohol, dapat menghambat peredaran nutrisi dan mineral dalam tubuh untuk mencapai sel-sel kuit, yang akhirnya menyebabkan kulit tampak pucat dan kusam.

3. Konsumsi Lemak Baik

Eits siapa bilang kalau lemak itu selalu buruk? Umumnya lemak baik atau jenis lemak tak jenuh banyak ditemukan pada minyak zaitun, minyak kacang, alpukat maupun salmon. Lemak baik ini berfungsi untuk melarutkan vitamin A, D, E, maupun K, menjaga tekstur kulit tetap lembut dan sehat. Serta memiliki sifat anti-inflamasi yang efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Karena jenis kandungan ini tidak dapat dihasilkan secara alami oleh tubuh, maka Anda harus mendapatkannya dengan cara mengonsumsi makanan kaya Omega-3. Dan lemak baik ini tentu sangat bisa sebagai cara mengatasi kulit kusam.

4. Jangan Lupa Konsumsi Smoothie

Selain kebutuhan air putih, Anda juga perlu menambahan kebutuhan makanan yang bisa membantu kulit Anda jadi lebih cerah dan bebas kusam. Salah satunya dengan rutin konsumsi smoothie. Minuman yang memanfaatkan berbagai jenis sayur dan buah ini diklaim memiliki jumlah serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan jus biasa.

Selain kaya serat, smoothie juga berfungsi untuk detoksifikasi tubuh, tentu sangat baik sebagai cara mengatasi kulit kusam. Beberapa jenis buah seperti campuran green apple dan tofu, serta kombinasi yogurt dan mangaa, bisa menjadi pilihan resep yang efektif dalam menjaga tampilan kulit.

Untuk memperoleh manfaat baik dari smoothie, ada baiknya Anda memilih buah dan sayur yang kaya anti-oksidan serta vitamin C.

5. Rutin Berolahraga!

Terutama buat Anda yang tinggal di wilayah berpolusi, seperti perkotaan. Anda sangat perlu ekstra dalam melindungi tubuh dan kulit dari ancaman radikal bebas. Salah satu cara mengatasi kulit kusam paling efektif adalah dengan berolahraga.

Mengapa demikian? Karena kegiatan ini disebut dapat membantu meningkatkan sirkulasi pada kulit, sehingga kulit Anda akan selalu ternutrisi dan mengalami regenerasi dengan baik. Selain itu, rutin olahraga juga akan membantu mengeluarkan racun dari sel kulit atau detoksifikasi.

6. Jangan Berlarut Dalam Stres, yah!

Stress bisa terjadi pada siapapun, tak terkecuali Anda. Kabar yang mengejutkan adalah stress bisa jadi penyebab utama kulit Anda kusam. Karena tidak hanya sebatas asupan makanan dan perawatan kulit dari luar saja, berbagai masalah kulit bisa muncul akibat stress yang ada di dalam pikiran Anda.

Hal ini bisa terjadi karena stress dapat meningkatkan hormone kortisol dan menghambat kelancaran peredaran darah yang berperan untuk meregenerasi sekaligus memperbaiki kulit.

Jadi, cara mengatasi kulit kusam adalah dengan menghindari stress yang berlebihan.

7. Waktu Tidur yang Berkualitas

Tidur, jadi salah satu aktivitas penting yang tak boleh dipandang sebelah mata. Karena dari tidur yang berkualitas Anda bisa memperoleh berbagai manfaat baik, seperti sebagai cara mengatasi kulit kusam Anda. saat tidur tidak hanya fisik saja yang beristirahat tapi sel kulit juga turut bekerja dengan melakukan regenerasi atau perbaikan pada jaringan kulit.

Menurut Sleep Health Journal, jam tidur yang baik bagi usia 19-24 tahun adalah 7-9 jam. Selain itu tidur yang cukup juga meningkatkan hormone melatonin yang memperkuat sistem imun tubuh.

 

Lakukan Juga Cara Mengatasi Kulit Kusam yang Ini

cara mengatasi kulit kusam

Ada beberapa cara mengatsi kulit kusam yang lain, yang sangat untuk Anda lewatka. Seperti ini misalnya:

1. Mandi Panas yang Terlalu Lama

Meski mandi dengan air panas itu membuat tubuh rileks, tapi pastikan jangan terlalu lama menghabiskan waktu untuk itu. Mandi air panas yang lama dapat menghilangkan kelembaban kulit dan menghilangkan minyak alami kulit. Jadi, batasi mandi selama 10 menit dan gunakan air yang sejuk sebagai cara untuk mengatasi kulit kusam.

2. Gunakan Sikat Mandi Setiap Hari

Cara mengatasi kulit kusam yang selanjutnya, ketika mandi, perlahan gosok bagian kulit yang tebal dengan gerakan memutar dengan loofah, untuk menyingkirkan kulit mati.

3. Aplikasikan Gel Lidah Buaya

Asam yang ada pada lidah buaya akan menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhan. Potong ujung lidah buaya dan olesi gelnya pada kulit kering Anda, dan ini bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi kulit kusam.

4. Produk Kecantikan yang Simpel

Jangan terlalu banyak menggunakan produk kecantikan. Justru, hal ini membuat kulit tidak sehat. Belum tentu, produk kecantikan yang Anda beli cocok bagi kulit, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif.

Jadi, jauhi produk dengan warna, aroma wangi semerbak, yang membuat busa berlebihan, atau yang mengandung anti-bakteri. Semua itu dapat mengiritasi kulit dan akhirnya membuat kulit jadi rusak.

5. Teteskan Minyak Zaitun pada Kulit

Oleskan minyak zaitun di siku, dengkul, dan di balik lengan Anda setiap sore. Minyak ini mengandung lemak tak jenuh  yang dapat menyegarkan dan menghidrasi kulit tanpa meninggalkan residu. Cara mengatasi kulit kusam yang mudah ini bisa segera Anda aplikasikan.

6 Buah-buahan yang Pas Untuk Kulit Kusam

cara mengatasi kulit kusam

Dengan cara mengatasi kulit kusam yang tepat, Anda dapat terhindar dari kulit kering dan kusam yang membuat Anda tidak percaya diri. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi buah-buahan segar yang baik untuk kulit dan bisa membuat wajah terlihat lebih cerah. Apa saja buah-buahan segar yang disarankan?

Apel

Buah apel dikenal sebagai sumber asam malat yang sangat baik. Asam malat adalah sejenis asam yang sangat lembut dan biasa digunakan sebagai kandungan bahan untuk merawat wajah kusam. Kandungan ini dipercaya bisa membuat kulit jadi lebih sehat dan terlihat segar karena dapat membantu meremajakan kulit Anda.

Selain itu, kandungan tinggi serat pada buah segar ini juga berperan penting dalam memperlancar sistem pencernaan sehingga Anda bisa terbebas dari masalah jerawat. Cara mengatasi kulit kusam dengan buah apel, cukup mudah bukan?

Alpukat

Buah berdaging lembut ini memang terkenal  kaya nutrisi. Tak hanya lezat untuk dikonsumsi, buah alpukat juga punya manfaat yang baik untuk perawatan cara mengatasi kulit kusam. Kandungan biotin alias vitamin B7 pada buah alpukat, dapat membantu proses regenerasi kulit, sehingga membuatnya terlihat lebih bercahaya. Selain itu, alpukat juga kaya vitamin E dan asam lemak yang bisa membantu kulit memproduksi pelembap alami dan menciptakan efek glowing yang segar.

Pisang

Agar kulit Anda tak kusam, selain mencuci muka dengan sabun cuci muka yang bagus, buah pisang juga bisa menjadi andalan Anda sebagai cara mengatasi kulit kusam. Pisang dikenal dengan kandungan potasium yang tinggi untuk membantu menjaga kelembapan kulit, sehingga dapat membuat nya terlihat kenyal dan segar, serta tidak kering.

Lemon

Buah lemon sangat kaya manfaat untuk kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, lemon juga dapat mengatasi jerawat dan menghilangkan noda bekas jerawat. Tak hanya itu, buah yang satu ini juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dengan membersihkan pori-pori yang tersumbat untuk mengatasi komedo.

Untuk mengonsumsi lemon yang aman, Anda bisa menjadikannya infuse water atau air lemon yang diminum kapan saja. Pastikan Anda sudah mengisi perut terlebih dahulu untuk menghindari adanya masalah pada lambung akibat asam dari buah lemon.

Pepaya

Tahukah Anda? Ekstrak pepaya sudah sering digunakan sebagai salah satu bahan dasar perawatan kecantikan, lho. Buah yang rasanya manis ini, banyak mengandung vitamin A serta antioksidan, sehingga mampu menghalau radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan kulit.

Sebagai cara mengatasi kulit kusam dan kering secara alami, Anda bisa menggunakan pepaya sebagai salah satu solusi. Mengonsumsi pepaya saat sahur dan berbuka tak hanya bisa membuat kulit Anda terlihat cerah dan bercahaya, namun juga melancarkan pencernaan Anda.

Aneka buah berry

Aneka buah berry juga bagus untuk perawatan kulit. Buah-buahan seperti strawberry, blueberry, blackberry dan raspberry adalah sumber vitamin C yang sangat baik sebagai antioksidan untuk cara mengatasi kulit kusam. Selain itu, kandungan ellagic acid di dalamnya, dapat membantu melindungi wajah dari sinar UV akibat paparan sinar matahari langsung.

 

Bagaimana dengan cara mengatasi kulit kusam yang sudah dipaparkan di atas? Segera aplikasi tips-tips di atas dan ucapakn bye-bye kulit kusam!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *