Bahan-bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Jerawat

Skin.co.idJerawat yang tidak sedap dipandang dapat disebabkan oleh apapun, termasuk diet, gaya hidup, genetika dan hormon. Memencet jerawat tidak akan menyingkirkan jerawat yang Anda miliki. Selain terasa sakit saat dipencet, bahkan Anda malah bisa saja terkena infeksi dan jerawat tersebut jadi tambah parah. Jerawat memang sangat sulit untuk diatasi.

Biasanya krim jerawat dan produk perawatan kulit yang lain digunakan oleh orang-orang yang mempunyai masalah jerawat. Namun, bahan-bahan alami juga bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan bahan-bahan tersebut hampir tidak mempunyai efek samping bagi orang yang menggunakannya.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami paling efektif untuk mengatasi masalah jerawat, yang bisa Anda coba di rumah.

Kayu Manis & Madu

Skin.co.id Bahan-bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Jerawat

Kayu manis memiliki sifat anti mikroba, sehingga dapat membantu menghentikan jerawat dari penyebaran dan madu adalah antibiotik alami, masker ini adalah masker yang cukup ampuh untuk melawan jerawat.

Yang Anda butuhkan adalah 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh bubuk kayu manis.

Cara menggunakannya, bilas wajah Anda dengan air hangat. Campur 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bersama-sama sampai mereka benar-benar tercampur dan telah membentuk semacam pasta saus yang lengket. Oleskan bahan masker tersebut ke wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas sepenuhnya, dan keringkan wajah Anda.

Khasiat yang bisa Anda dapatkan adalah kulit menjadi lembut dan kenyal. Aroma kayu manis yang khas seperti secangkir espresso untuk kulit Anda.

Lidah buaya (Aloe Vera) & Bawang Putih

Skin.co.id Bahan-bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Jerawat

Gel lidah buaya dan pasta bawang putih memiliki sifat anti bakteri yang sangat baik. Jangan pernah menerapkan bawang putih ke kulit Anda tanpa mengekstraknya terlebih dahulu. Lidah buaya membantu menenangkan kulit, bekerja sebagai anti inflamasi, mengurangi kemerahan dan bengkak.

Yang Anda butuhkan adalah ekstrak 2-3 siung bawang putih dan satu sendok teh gel lidah buaya.

Cara menggunakannya adalah pastikan gel lidah buaya yang Anda gunakan tidak memiliki bahan tambahan sama sekali. Ekstrak dari 2-3 siung jus bawang putih, dicampurkan dengan satu sendok teh ekstrak lidah buaya. Biarkan campuran tersebut selama 10 menit. Selanjutnya, bersihkan wajah Anda secara menyeluruh terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan kapas untuk menyerap campuran tersebut dan oleskan dengan lembut pada titik-titik bekas jerawat. Setelah dibiarkan selama 15 menit, bilas wajah Anda secara menyeluruh.

Hasil yang bisa didapat adalah jerawat Anda akan hilang keesokan harinya.

Daun Basil & Daun Mint

Skin.co.id Bahan-bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Jerawat

Kemangi memiliki sifat anti bakteri dan anti virus yang kuat yang menyembuhkan luka jerawat sementara mint adalah anti inflamasi membantu mengatasi kemerahan dan membuat rasa sakit pada jerawat memudar.

Yang Anda perlukan adalah daun basil dan daun mint dengan jumlah yang sama.

Cara membuat dan menerapkannya adalah ambil segenggam daun basil dan daun mint segar. Rendam selama 30 menit dalam air hangat. Bersihkan wajah Anda secara menyeluruh, lalu gunakan bola kapas, celupkan ke ekstrak daun yang telah dibuat dan selanjutnya oleskan ke seluruh daerah yang terkena jerawat. Biarkan selama semalam sehingga dapat kering secara otomatis. Bilas wajah Anda di pagi hari.

Hasil yang bisa Anda dapat adalah mengurangi sekresi kulit dari minyak dan membuat warna kulit tampak cerah.

Jeruk atau Lemon

Skin.co.id Bahan-bahan Alami yang Bisa Mengatasi Masalah Jerawat

Lemon dan jeruk kaya akan vitamin C yang merupakan nutrisi penting bagi kulit. Asam sitrat membantu pengelupasan kulit. Asam sitrat adalah astringents alami yang mempercepat proses pengeringan jerawat dan juga bisa membuat kulit tampak lebih putih dan mengurangi kemerahan.

Apa yang Anda butuhkan adalah perasan jeruk atau jus lemon.

Untuk cara menggunakannya, mulailah dengan mencuci wajah Anda dengan air hangat karena hal ini dapat membantu untuk melebarkan pori-pori. Celupkan bola kapas dalam jus jeruk atau lemon, lalu oleskan pada jerawat. Selanjutnya, Anda bisa mencuci muka dengan air dingin umtuk menyempitkan pori-pori dan mencegah penyumbatan lebih lanjut.

Hasil yang bisa Anda dapatkan adalah vitamin C mendorong pertumbuhan sel-sel kulit baru yang sehat sehingga membuat kulit wajah terlihat bercahaya dan tampak segar. Semoga membantu!

BACA JUGA: Mengapa Anda Tidak Boleh Memencet Jerawat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *