Bahaya Merkuri Pada Produk Perawatan Kulit

skin.co.id Bahaya merkuri pada produk perawatan kulit Anda

Bagi Anda yang sangat peduli akan kesehatan kulit dan tubuh Anda, sebaiknya jangan pernah mengabaikan zat yang satu ini yaitu merkuri. Merkuri adalah salah satu logam yang berbahaya yang seringkali ditemukan pada produk makanan, bahkan produk perawatan kulit Anda. Merkuri yang ditemukan dalam krim kulit pada tahun 2012 dan 2013 ini terus menimbulkan bahaya bagi siapapun yang tidak pernah memperhatikan label pada produk kecantikan yang dibeli. Banyak sekali produk bermerkuri ini yang dijual di pasaran meskipun tidak disetujui oleh berbagai badan pemeriksaan obat-obatan dan makanan, seperti BPOM di Indonesia dan FDA di Amerika bahkan juga tidak disetujui oleh WHO.

Di Amerika, FDA telah melarang lebih dari 71 produk karena tingginya kadar logam beracun pada produk tersebut. Di Indonesia, zat merkuri ini tidak hanya ditemukan pada krim pencerah kulit saja, akan tetapi juga ditemukan pada krim wajah dan lotion. Dalam dokumen yang diterbitkan oleh WHO yang berjudul “Preventing Disease Through Helathy Environment” menjelaskan tentang produk bermerkuri berikut ini:

  • Produk pencerah kulit datang dalam bentuk yang berbeda, termasuk sabun dan krim. Sabun ini sering dijual sebagai “sabun antiseptik”. Produk-produk ini kebanyakan harus dipakai atau dioleskan pada kulit wanita sepanjang malam. Dalam kasus ini telah dilaporkan bahwa beberapa wanita menggunakan produk ini selama hampir 20 tahun.
  • Produk dengan tingkat kontaminasi merkuri yang sangat tinggi terlihat berwarna keabu-abuan atau pada krim yang berwarna.
  • Jumlah atau konsentrasi merkuri dalam produk dapat diberi label pada kemasan atau dalam daftar bahan. Nama-nama zat yang termasuk dalam merkuri antara lain Hg, iodida merkuri, klorida mercurous, merkuri ammoniated, amida klorida merkuri, air raksa, cinnabaris (merkuri sulfida), hydrargyri oxydum rubrum (merkuri oksida).
  • Namun, banyak perusahaan yang menjual produk yang mengandung merkuri, tidak selalu mencantumkannya pada label sebagai bahan atau komposisi produk.

Bahaya Produk Kecantikan Mengandung Merkuri

Menurut WHO, efek samping paling utama dari penggunaan merkuri anorganik yang terkandung dalam sabun pencerah kulit dan krim pemutih wajah adalah kerusakan ginjal. Beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh penggunaan merkuri diantaranya adalah:

  • Merkuri pada produk pencerah kulit juga dapat menyebabkan kulit ruam, perubahan warna kulit dan jaringan parut, serta pengurangan kekebalan kulit untuk terhadap infeksi dan bakteri.
  • Kecemasan, depresi atau psikosis , iritabilitas, dan gangguan memori
  • Terserang sindrom nefrotik, sebuah kondisi yang ditandai oleh tingginya tingkat protein dalam urin.
  • Berbahaya bagi ibu hamil. Merkuri dalam sabun, krim dan produk kosmetik lainnya yang dibuang ke air limbah kemudian bisa memasuki lingkungan, di mana merkuri tersebut dapat memasuki rantai makanan sebagai methylmercury sangat beracun pada ikan. Wanita hamil yang mengkonsumsi ikan yang mengandung methylmercury akan mentransfer merkuri untuk janin mereka. Hal ini dapat menurunkan perkembangan dan merusak saraf pada janin atau calon bayi mereka.

Bacalah Label Dengan Benar

Walaupun orang yang menggunakan krim pencerah kulit berbahan merkuri atau produk kosmetik lainnya dengan tingkat beracun dari logam ini adalah orang yang paling rentan terhadap bahaya zat ini, tetapi orang lain juga bisa terkena. Bahkan anak-anak kecil juga bisa terkena hanya dengan menghirup atau menelan uap dari merkuri dalam krim kulit, dan menyentuh kulit seseorang yang menggunakan produk kecantikan yang mengandung merkuri ini.

Bagaimana Cara Menghindari Merkuri di Produk Perawatan Kulit?

  • Periksa label dari setiap pencerah kulit, anti-penuaan atau produk kulit lainnya yang Anda gunakan. Jika Anda melihat kata-kata “klorida mercurous,” “kalomel,” “mercuric,” “mercurio,” atau “merkuri,” hentikan penggunaan produk tersebut segera.
  • Jika tidak ada label atau bahan tidak terdaftar, jangan gunakan produk. BPOM mengharuskan bahan-bahan komposisi harus tercantum pada label kosmetik atau obat apapun.
  • Jangan gunakan produk berlabel dalam bahasa lain selain bahasa Inggris kecuali disediakan pelabelan bahasa Inggris disamping bahasa aslinya.
  • Jika Anda mencurigai Anda telah menggunakan produk bermerkuri, berhenti menggunakannya segera. Cuci tangan dan bagian tubuh Anda lainnya yang telah terkontak langsung dengan produk. Hubungi ahli kesehatan atau klinik perawatan medis untuk nasihat.
  • Sebelum membuang produk yang mungkin mengandung merkuri, segel itu dalam kantong atau wadah plastik anti bocor. Konsultasikan dengan kesehatan atau lembaga limbah untuk petunjuk pembuangan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pencemaran akibat merkuri.
  • Gunakan produk berlisensi resmi dari pemerintah dan produk perawatan alami terpercaya seperti BRTC yang bebas kontaminan.

Kesadaran masyarakat perlu dibangkitkan untuk mengenal jenis produk atau spesifikasi produk yang mengandung merkuri dan risiko yang terkait dengan paparan merkuri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *