Batas Penggunaan Produk Kecantikan dan Perawatan Kulit

skin.co.id batas pemakaian produk perawatan kulit

Pernah tidak Anda berpikir berapa lama produk-produk makeup dan perawatan kulit boleh digunakan setelah Anda membukanya? Bagaimana tip-tip mengetahui ketahanan suatu produk? Simak penjelasan berikut ini.

Kita semua memiliki produk kecantikan dan perawatan kulit yang digunakan setiap hari. Sama halnya dengan makanan yang memiliki masa kadaluwarsa, produk kecantikan dan perawatan kulit Anda juga memiliki masa berlaku. Hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah cari tanggal kadaluwarsa pada label produk. Dengan melihat label produk, Anda akan mengetahui secara tepat kapan masa berlaku suatu produk. Bagaimana dengan produk kosmetik dan perawatan kulit yang tidak ada tanggal kadaluwarsa?

skin.co.id perawatan kulitBaik di Amerika maupun Eropa tidak ada aturan yang jelas mengenai masa berlaku produk kosmetik dan perawatan kulit. Namun, ada cara lain untuk mengetahui berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk membuang produk setelah pertama kali Anda membukanya. Sistem ini disebut Period After Opening yang diberlakukan pada produk-produk kecantikan yang diproduksi di Eropa. Sistem penanggalan ini dicirikan dengan kode pada kemasan. Kode ini diawali dengan angka dan diikuti dengan huruf M yang berarti bulan. Contohnya seperti kode 6M pada gambar di atas yang artinya adalah Anda harus membuang produk tersebut 6 bulan setelah Anda membukanya untuk pertama kali.

Walaupun cara ini bisa diterapkan, namun juga belum didasarkan aturan yang jelas. Jika Anda sudah terlanjur memiliki produk kecantikan tanpa ada tanggal masa berlaku, berikut beberapa hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk memperpanjang masa berlaku suatu produk:
1. Simpan produk pada tempat penyimpanan yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung.
2. Cuci tangan Anda sebelum menggunakan produk.
3. Tutup rapat kemasan produk setelah Anda menggunakannya.
4. Pertimbangkan suhu dan tingkat kelembaban ruang penyimpanan yang akan mempengaruhi lamanya produk.
5. Tuliskan tanggal pembelian pada kemasan produk.
6. Sebaiknya jangan berbagi produk dengan orang lain. Ini untuk mencegah kontaminasi bakteri pada produk.
7. Jangan membeli produk yang kemasannya rusak.

Akan lebih baik jika Anda memilih produk-produk perawatan kulit dan kecantikan yang memiliki masa berlaku yang jelas. Cermati produk dengan seksama dan tanyakan pada penjual secara detail tentang masa berlaku suatu produk yang hendak Anda beli. Semoga Membantu!

BACA JUGA: Tip Memilih Masker Wajah Sesuai Jenis Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *