Begini Cara Melancarkan Haid dengan 7 Gerakan Yoga Sederhana

cara melancarkan haid

Bagaimana kalau cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda ini dengan melakukan beberapa gerakan simpel seperti ini? Dengan sedikit gerakan simpel yang punya manfaat luar biasa untuk kram perut Anda, tentu akan menolong keluar dari rasa sakit yang berlebih.

Apa saja gerakana simple sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda? Mari kita terapkan satu-satu:

1. Gerakan Downward Facing Dog

cara melancarkan haid

Gerakan dari yoga ini bisa digunakan untuk cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda. Mempraktikkannya pun tak sulit, cukup mulai dengan posisi tengkurap, angkat tubuh perlahan, atur napas, luruskan kaki, tangan dan tubuh bagian belakang serta lakukanlah gerakan menarik supaya otot-otot yang kaku dapat tertarik demi nyeri yang beranngsur hilang.

Dengan melakukannya rutin selama 30 detik saat menstruasi, nyeri-nyeri menyakitkan terutama pada bagian punggung akan reda secara perlahan. Kabar baiknya, gerakan ini juga bisa meredakan insomnia atau sekit kepala akut loh!

2. Luruskan Kaki dan Regangkan Punggung

cara melancarkan haid

Untuk gerakan yang satu ini, mungkin sudah tak asing lagi bagi Anda karena sudah menjadi bagian dari gerakan pemanasan saat berolahraga. Namun, kendala paling umum adalah sulitnya meluruskan serta menyentuh jari kaki yang memang terasa sakit jika dipaksakan.

Tapi tak usah khawatir, dengan menyiapkan alas yang nyaman, Anda bisa praktikkan perlahan serta mengatur napas panjang yang dilanjutkan dengan meluruskan kaki agar tak terjadi cidera. Lalu, tekuk satu kaki, tahan selama 10-20 detik hingga bibir menyentuh lutut dan jari tangan menyentuh tumit. Cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri bisa Anda lakukan dengan gerakan ini.

3. Gerakan Jongkok

cara melancarkan haid

Dalam yoga, gerakan ini juga biasa dipakai pada pose duduk sat yoga berlangsung. Meski agar sulit, Anda bisa membiasakan diri dengan gerakan jongkok biasa dan dilanjutkan dengan memutar bagian tubuh atas serta tangan yang berada di punggu. Tarik perlahan seperti saat Anda menggeliat, supaya lebih terasa manfaatnya.

Dengan memutar bagian tubuh atas ini, rongga dada Anda akan lapang dan secara otomatis melancarkan pernapasan. Gerakan ini bisa menjadi cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda.

4. Gerakan Angkat Satu Kaki

cara melakukan haid

Karena sebagian besar nyeri haid itu disebabkan oleh otot-otot paha, punggung, dan kaki yang kaku, gerakan yang satu ini sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid yang akan menyelematkan Anda. Ini langkah mudahnya:

  • Ambil posisi terlentang senyaman mungkin
  • Angkat satu kaki, sentuh jari kaki
  • Angkat kepalamu perlahan, mulailah melenturkan seluruh bagian tubuh terutama kaki dan punggung.
  • Tahan selama 1 tahun dan ulangi dengan kaki satunya.
  • Kalau sudah lentur, dijamin nyeri haid Anda akan berkurang.

 

5. Gerakan Setengah Kayang

cara melancarkan haid

cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda bisa Anda atasi dengan gerakan yang satu ini. Garakan yang biasa disebut dengan setengah kayang ini memang agak sulit untuk dipraktikkan. Selain susah menyeimbangkan tubuh, mendongakkan kepala juga kadang menyakitkan buat sebagia orang. Untuk itu Anda disarankan untuk berhati-hati dalam melakukan gerakan ini.

Mulailah dengan menekuk kedua kaki dan luruskan tubuh Anda, perlahan jatuhkan tubuh Anda dengan posisi kepala mendongak serta tangan yang menyentuh tumit. Tahan pose ini selama 30-60 detik supaya lebih terasa manfaatnya. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, gerakan ini bisa sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda, karena fokus pada otot-otot yang biasanya kaku saat sedang datang bulan.

6. Gerakan Tengkurap, Locust Pose

cara melancarkan haid

Anda mungkin sering tengkurang saat sedang merasakn sakit yang luar biasa. Tapi tahukah Anda kalau ada gerakan untuk cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda dengan tengkurap? Ya, Anda bisa melakukan Locust Pose. Gerakan ini membutuhkan tubuh Anda tengkurap, lalu tangan diarahkan lurus ke belakang punggung. Jangan lupa mengangkat dada dan kaki bersamaan sambil menghela napas. Lakukan hingga lima kali napas panjang.

7. Cat Pose

cara melancarkan haid

Cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda bisa Anda terapkan cat pose atau Marjaryasana yang satu ini. Pose ini dilakukan dengan membengkokkan punggung ke atas dan ke bawah seperti kucing. Jangka waktu yang bisa dipakai yaitu sekitar 5 menit atau 10 kali dalam helaan napas panjang. Cat pose ini juga dapat meregangkan otot kaki di bagian tulang belakang dan mengurangi rasa tegang pada punggung. Sehingga tubuh Anda benar-benar terasa rileks.

 

 

Redakan Nyeri Haid Bulanan dengan Cara Sederhana Ini

cara melancarkan haid

Bagaimana ekspresi Anda saat datang bula hari pertama? Tentu cemberut seharian. Isitlahnya kalau para wanita sedang haid, jangan sampai ada yang berani menyentuh “macan tidur”.  Terlebih lagi ternyata haid tidak lancar, dan ini akhirnya membuat nyeri di perut Anda. Adakah cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda?

Melakukan perubahan-perubahan kecil dalam pola makan pola hidup akan sangat bisa menjadicara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid sekaligus. Nah, agar tidak badmood secara berlanjutan selama massa datang bulan, bisa Anda terapkan cara melancarkan haid yang juga bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda, seperti:

1. Menghangatkan Perut

Gunakanlah bantal peghangat, atau jika tidak ada bisa dengan menggunakan botol yang diisi air panas. Letakkan bantal, atau botol berisi air panas tersebut di atas perut Anda untuk meningkatkan aliran darah, dan melemaskan otot yang berkontraksi di area perut. Kompres selama 10 sampai 15 menit , lakuka dua hingga tiga kali sehari.

Selain itu cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda dengan mengonsumsi minuman hangat. Banyak wanita mengaku minuman atau makanan hangat (atau hangat sedikit panas). Mengonsumsi jahe hangat atau sup bening hangat bisa menjadi pilihan Anda sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda.

Jahe hangat terbukti bisa untuk menormalkan siklus menstruasi Anda. Caranya dengan, campurkan 1 sdt jahe bubuk kering dengan segelas air hangat, lalu minum di pagi hari saat perut masih kosong. Perut akan terasa hangat dari dalam.

2. Berbaring

Berbaring di tempat tidur atau sofa bisa Anda gunakan sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid yang lain. Terutama jika Anda sering mengalami nyeri punggung ketika menstruasi. Beri bantal untuk menyangga lutut Anda. Tahan 30-60 detik sambil mengatur napas, pejamkan mata, tarik napas panjang, buang perlahan untuk mengatur oksigen dalam tubuh agar kembali bagus dan seimbang. Lakukan terus sampai Anda merasa nyaman.

3. Perbanyak Minum Air Putih dan Hindari Kafein

Sebelum dan selama datang bulan adalah waktu yang tepat untuk lebih memperhatikan apa yang Anda minum dan makan. Batasilah konsumsi atas produk makanan dan minuman tertentu. Misalnya saja yang mengandung kafein, seperti kopi dan teh. Kenapa demikian? Karena minuman berkafein akan membuat perut Anda semakin mulas dan tubuh semakin lesu. Kafein memang bisa memperparah dehidrasi. sementara dehidrasi sendiri adalah salah satu penyebab utama nyeri haid.

Anda yang mengatakan bahwa minuman bersoda bisa membuat menstruasi Anda lancar dan cepat selesai? Mitos! Justru minuman bersoda adalah salah satu minuman yang harus dihindari ketika datang bulan. Perlu Anda tahu bahwa soda mengandung kafein dan kandungan gula tingkat tinggi. Ini juga bisa membuat Anda menjadi cepat lesu karena kadar gula darah bisa tiba-tiba naik.

Satu-satunya cara melancarkan haid agar juga bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Segala rasa sakit yang Anda keluhkan, akan hilang secara perlahan saat Anda rajin untuk mengonsumsi air putih. Memang, Anda akan sering ke toilet untuk buang air kecil, tapi sisi kebaikannya adalah Anda menemukan cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda.

4. Pijat Ringan Bagian yang Sakit

Salah satu cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda yang ini memang takkan banyak menyita waktu Anda. Cukup gunakan tangan dan jari-jari Anda untuk memijat perut, terutama bagian bawah pusar yang biasanya menjadi pusat sirkulasi saat haid berlangsung. Pijatlah perlahan dengan gerakan  memutar dari atas ke bawah, lakukan berulang-ulang sesuai kemampuan Anda. Biar lebih mudah memijatnya, Anda bisa memakai minyak atau lotion kesukaan Anda.

Sakit yang menyerang bukan hanya pada perut, tapi juga pada pinggang. Rasanya seperti Anda selesai barang yang sangat berat. Jika Anda merasakan sakit yang luar biasa pada bagian tersebut, cukup dengan pijat selama 10-15 menit, Anda pun punya solusi cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda.

5. Konsumsi Makanan yang Kaya Nutrisi

Hindari makanan junk food yang dapat memperparah kram pertu Anda. Gantilah dengan makanan yang kaya vitamin E dan omega 3 yang bisa digunakan sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda.

Anda juga bisa konsumsi makanan asam sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda. Kata nenek moyang, asam jawa selain melancarkan, juga akan membantu mengencerkan darah menstruasi yang menggumpal, sehingga nyeri hair bisa teratasi.

Nah yang terpenting lagi, cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan. Disarankan untuk konsumsi buah-buahan yang segar, bukan buah kalengan yang kaya kandungan pengawetnya. Buah seperti nanas dan pepaya bisa dipakai sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda.

6. Cukuplah Istirahat dan Tidur Nyenyak

Ketika semua cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda sudah dilakukan dan tak mempan, tidak jarang para wanita akan beralih pada obat pereda rasa nyeri haid. Obat-obat analgesik dijual bebas di apotek dan minimarket, dan aman sebenarnya aman untuk dikonsumsi. Namun, jika Anda tetap takut pada efek samping obat kimia, pilihan terakhir yang bisa Anda lakukan adalah istirahat dan mencoba tidur dengan nyaman.

Cobalah tidur telentang dengan plastik berisi air hangat di atas perut sebagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda. Pastikan kaki Anda dalam posisi lebih tinggi dibandingkan bahu, agar otot-otot tubuh Anda mendapatkan asuoan oksigen yang cukup. Dengarkan musik yang bisa membuat Anda tenang. Pejamkan mata, bayangkan Anda di suatu taman dengan pemandangan paling indah. Perlahan-lahan, atur napas,  hingga Anda cukup rileks untuk tidur nyenyak.

 

Datang bulan bukan lagi sesuatu yang harus ditakutkan saat Anda tahu bagaimana cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda. Tidak ada lagi rasa badmood saat PMS datang menyarang. Cukup dengan melakukan berbagai cara melancarkan haid agar bisa mengatasi nyeri haid bulanan Anda di atas.

Enjoy your day!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *