Begini Cara Mendekteksi Penyebab Bau Mulut

bau mulut

Hal yang sangat penting untuk kita jaga saat berinteraksi dengan orang, terutama klien Anda, selain penampilan adalah bau mulut. Apa jadinya saat kita bertatap muka dan berbicara dengan orang lain, tapi kita memberikan aroma tak sedap ke lawan bicara. Bisa-bisa membuat keki lawan bicara kita. Hanya karena bau mulut, klien akhirnya mundur teratur? No way!

Kebersihan mulut adalah hal yang begitu penting untuk dijaga, mengingat kebersihan organ tubuh yang satu ini sangat menunjang penampilan. Meski begitu, mulit sering kali terkena masalah. Dari mulai sariawan, gusi berdarah, hingga bau mulut. Padahal napas yang segar begitu diperlukan agar bisa tampil sempurna. Karena tak cuma diri sendiri yang terganggu, orang lain tentunya akan bisa merasakan aroma tak sedap dari mulut.

Bau mulut  yang tidak sedap umumnya disebabkan penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah. Umumnya aroma tersebut muncul ketika terjadi penurunan kadar air liur yang berperan sebagai pembersih bakteri. Kondisi ini disebut mulut kering atau xerostomia. Bau mulut karena menurunnya kadar air liur biasanya paling dirasakan pada saat-saat berikut ini:

1. Saat Merasa Lapar atau Sedang Berpuasa

Air liur muncul ketika Anda sedang mengunyah makanan. Namun air liur menjadi berkurang ketika Anda tidak mengunyah dalam waktu lama. Akibatnya bakteri berkembang dan menyebabkan bau mulut.

2. Di Pagi Hari

Produksi air liur berhenti saat Anda tidur. Berkurangnya air liur menyebabkan pertumbuhan bakteri.

3. Saat Anda Haus atau Tidak Minum

Tubuh juga tidak memproduksi banyak air liur sehingga proses pembersihan bakteri akan berkurang. Mulut kering juga dapat disebabkan oleh tarikan napas melalui mulut, bukan melalui hidung.

 

Selain karena menurunnya kadar air liur, bau mulut  tidak sedap juga dapat disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

1. Tidak Menggosok Gigi

Jika Anda tidak menggosok gigi setiap hari, partikel makanan akan memicu perkembangan bakteri di dalam mulut dan menyebabkan bau tidak sedap. Bau tidak sedap juga dapat muncul dari permukaan lidah yang penuh bakteri.

2. Konsumsi Makanan dan Minuman

Proses pengolahan makanan dalam mulut dapat meningkatkan jumlah bakteri yang menimbulkan bau busuk. Mengonsumsi makanan dengan bau atau rasa kuat seperti bawang merah/putih dan bumbu rempah-rempah lainnya juga dapat menyebabkan mulut berbau tidak sedap.

Hal ini juga terjadi pada minuman-minuman dengan aroma kuat seperti alkohol dan kopi. Setelah dicerna, makanan yang masuk ke dalam pembuluh darah ini dibawa ke paru-paru dan memengaruhi napas Anda.

Bau mulut akibat konsumsi makanan dan minuman semacam ini umumnya tidak berlangsung lama dan akan hilang setelah menggosok gigi atau berkumur dengan obat kumur antiseptik.

3. Diet

Proses pencernaan lemak di dalam tubuh, sayangnya, juga menimbulkan pelepasan zat kimia bernama keton yang menyebabkan bau mulut tidak sedap.

>> Awet Muda dengan Terapi Air Putih <<

 

Penyebab Lain Bau Mulut

bau mulut

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh masalah kesehatan gigi, gusi dan makanan yang berbau menyengat. Beberapa kondisi kesehatan lain yang bisa menjadi penyebabnya bau mulut adalah:

  • Xerostomia (mulut kering karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut)
  • Gangguan saluran pencernaan seperti infeksi oleh bakteri H.pylori dan penyakit refluk gastro-esofageal.
  • Sinusitis yang menghasilkan post nasal drip(aliran cairan kental dari rongga sinus ke tenggorokan)
  • Gangguan hati
  • Infeksi saluran pernapasan seperti bronkitis kronis

>> Buah Anggur, Kecil Ukurannya Besar Manfaatnya <<

 

Cara Sederhana Atasi Bau Mulut

bau mulut

Bau mulut sendiri muncul akibat berbagai alasan, seperti mulut kering, kebiasaan merokok, ataupun mengonsumsi makanan-makanan yang memicu aroma tak sedap. Tapi, tahukah Anda penyebab bau mulut yang utama umumnya berasal dari penumpukan bakteri pada gigi, gusi, dan lidah, loh! Untuk itu, hal yang penting bagi Anda menjaga kebersihan tiga bagian mulut itu dengan cara yang benar.

Lalu kira-kira bagaiman cara caranya mengatasi  bau mulut dengan mudah dan efektif?

1. Jaga Kelembapan Mulut

Salah satu cara pemicu aroma tak sedap adalah karena kondisi mulut yang kering. Untuk itu Anda perlu memastikan mulut Anda dalam keadaan lembap. Anda bsa menjaga kelembapan itu dengan minum air putih secara teratur agar dapat meningkatkan produksi air liur, karena air liur berfungsi sebagai antiseptik dan enzim yang membunuh bakteri. Selain itu, air putih yang  Anda minum bisa membersihkan mulut Anda.

2. Konsumsi Permen Karet Tanpa Gula

Permen karet juga bisa membuat mulut Anda lebih lembap, karena aktivitas mengunyah bisa menstimulasi produksi air liur. Sebaliknya, pilihlah permen karet yang tanpa gula agar terhindar dari risiko penyakit gigi lainnya. Dan yang paling penting, mengonsumsi permen karet bisa menutupi bau mulut menjadi aroma yang segar.

3. Pebanyak Makan Buah dan Sayur-sayuran

Anda jarang makan buah ataupun sayur-sayuran? Bisa jadi itulah pemicu bau mulut. Karena makan buah dan sayur-sayuran ternyata baik untuk kebersihan mulut juga. Terutama buah yang mengandung vitamin C seperti jeruk, apel, atau pisang. Karena kandungan vitamin C tersebut akan membantu Anda membersihkan mulut dengan melawan bakteri-bakteri yang ada.

4. Minum Teh Hijau

Satu lagi manfaat dari green tea alias teh hijau adalah bisa mengurangi bau mulut. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya bisa mencegah pertumbuhan bakteri. Sehingga memulai kebiasaan minum teh hijau merupakan pilihan yang baik bagi Anda. Bukan hanya green tea saja, black tea pun memiliki kandungan di dalam yang tak kalah ampuh dengan green tea untuk menjaga aroma mulut Anda.

5. Gunakan Kayu Manis

Salah satu cara alami menghilangkan bau mulut adalah dengan menggunakan cinnamon atau yang mungkin Anda kenal dengan kayu manis. Bahan yang satu ini bisa menutupi bau dan mengurangi jumlah bakteri yang ada pada mulut. Cara menggunakan kayu manis pun mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk kayu manis dan sacangkir air. Kemudian saring airnya dan gunakanlah sebagai  obat kumur.

6. Hindari Kebiasaan Merokok

Ternyata bukan hanya berbahaya bagi tubuh saja, merokok juga bisa membuat mulut Anda mengluarkan aroma tak sedap. Bau tembakau yang dihasilkan rokok bisa tinggal di dalam mulut dan pada akhirnya akan menghasilkan bau. Ingin memiliki napas yang segar? Yang perlu Anda ingat adalah menghidari kebiasaan merokok.

7. Perbaiki Cara Menggosok Gigi

Cara yang tidak boleh terlupa bila Anda ingin terbebas dari bau mulut adalah rutin menggosok gigi. Ya, gosoklah gigi setidaknya dua kali sehari dan tentunya dengan cara yang benar. Gosok gigi Anda hingga ke bagian dalam mulut, karena semakind alam Anda menggosok gigi, maka akan semakin bersih pula mulut Anda. Tentunya akan banyak bakteri yang bisa Anda angkat dari mulut, sehingga Anda pun bisa mengurangi bakteri yang menumpuk pada gigi, langit-langit mulut, lidanh, hingga seluruh gusi.

 

Kunyah Daun Mint, Cara Cepat Hilangkan Bau Mulut Tak Sedap

bau mulut

Setiap orang bisa saja punya masalah bau mulut, karena berbagai alasan. Jika Anda sadar punya bau mulut, akan lebih baik lagi, karena Anda tak perlu harus malu mengakuinya dan tak perlu harus diingatkan orang lain, yang mana bisa bikin malu.

Bau mulut bisa diatasi dengan berbagai cara, dan salah satunya adalah dengan tanaman herbal satu ini, daun mint. Cukup ambil beberapa helai daun mint segar dan kunyah di dalam mulut. Kemudian telan bersama sedikit minum air putih. Ulangi 2-3 kali jika Anda masih merasa bau mulut.

Cara ini cukup efektif meredakan bau mulut berlebih. Rasanya mungkin sedikit aneh, tapi Anda bisa langsung melihat hasilnya. Ini karena daun mint mengandung senyawa klorofil yang bisa menetralisir bau dan sifat antibakteri yang kuat. Setelah mengunyah, perbanyak pula minum air putih.

Daun mint bisa didapatkan di supermarket dalam keadaan segar atau Anda bisa membelinya di tukang jual bunga, dan harganya pun tak mahal. Daun mint bisa dicampurkan juga ke dalam salad buah favorit Anda atau bisa juga dijadikan minuman segar dengan perasan lemon dan tambahan es batu.

Jadi, Anda tak perlu lagi bingung mengatasi bau mulut, jika ingin cara cepat maka siapkan tanaman mint di rumah, atau bawa beberapa helai di kotak makan saat pergi keluar rumah.

>> Teh Hijau. Apa yang Membuatnya Begitu Spesial? <<

 

Baking Soda, Juga Bisa Membantu Atasi Bau Mulut!

bau mulut

Tak bisa dipungkiri, bau mulut menjadi salah satu momok yang menyeramkan bagi setiap orang. Bau mulut sama seperti bau badan akan sangat berpotensi membuat percaya diri setiap orang terjun bebas. Meskipun Anda menghindari mengonsumsi bawang atau makanan penyebab bau mulut tak sedap lainnya, bau mulut tetap bisa menghantui.

Salah satu penyebab bau mulut adalah karena adanya  bakteri-bakteri yang menempel di lidah dan gusi. Bau mulut ini terjadi karena kurang bersih membersihkan mulut. Nah, untuk menghindari bau mulut karena bakteri-bakteri ini, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membersihkan seluruh bagian mulut tanpa terkecuali saat menggosok gigi. Selain itu Anda bisa mencoba satu cara super mudah ini. Yang Anda perlukan hanyalah baking soda.

Baking soda adalah cara yang paling alami untuk menyegarkan nafas. Baking soda membantu dalam menetralisir asam yang terjebak pada gigi dan lidah, sehingga mencegah bau busuk terbentuk.

Ada dua alternatif yang bisa Anda coba. Yang pertama campurkan setengah sendok baking soda dalam segelas air dan gunakan sebagai obat kumur. Yang kedua, Anda bisa mencelupkan sikat gigi pada baking soda dan menggosok gigi dua kali sehari dengan bahan ini. Kedua cara ini sama-sama efektif untuk mengusir bau mulut. Anda akan dapat melihat hasil yang luar biasa dalam beberapa hari saja.

Nah, sangat praktis bukan? Selain itu harga baking soda juga terbilang terjangkau. Nafas segar dan ramah di kantong!

Selamat mencoba, Ladies!