Begini Loh Cara Menghilangkan Bau Badan yang Benar

cara menghilangkan bau badan

Z: Eh “Si itu” bau badannya bau banget yah! Bikin nggak betah deket-deket! Ihhh….

F: Emmm iya deh, males mau deket-deket dia, males banget sama bau badannya.

 

Pernah membayangkan rekan kerja kita ngomongin soal bau badan kita? Pastinya bikin kita nggak percaya diri lagi buat datang ke kantor, kan? Kita pasti berpikir, apakah karena keringat kita keluar terlalu banyak?

cara menghilangkan bau badan

Ternyata bukan loh! Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan bau badan dengan cara yang lebih tepat! Simak baik-baik apa saja cara menghilangkan bau badan:

1. Mandi Secara Teratur

Banyak yang menduga kalau bau badan disebabkan oleh keringat, padahal sebenarnya tidak. Yang menyebabkan bau adalah ketika keringat bercampur dengan bakteri mikroskopis yang secara alami hidup pada kulit kita.

Nah untuk mengurangi jumlah bakteri ini, cara menghilangkan bau badan dengan jangan malas mandi dua kali sehari. Beri perhatian lebih saat membersihkan daerah yang rawan berkeringat dan rawan menimbulkan bau seperti ketiak dan leher.

2. Pakai Sabun Antibakteri

Salah satu cara menghilangkan bau badan adalah mandi dengan menggunakan sabun antibakteri. Agar bakteri penyebab bau badan dapat dikendalikan, Anda bisa menggunakan sabun jenis ini yang mudah ditemukan di pusat perbelanjaan maupun apotik.

Formulanya efektif mengendalikan bakteri sehingga mampu mengurangi bau badan. Nah, penting juga, setelah mandi, keringkan badan dengan handuk yang bersih. Ini akan mencegah bakteri penyebab bau badan berkembang biak pada tubuh Anda. Perhatikan juga daerah-daerah yang berpotensi menimbulkan bau seperti ketiak, leher, dan paha dalam.

3. Pakai Deodoran atau Antiperspirant

 Mandi sudah, mengeringkan badan sudah. Sekarang lakukan cara menghilangkan bau badan ekstra dengan memakai deodoran. Bagi Anda yang merasa sering muncul bau di area ketiak, deodoran perlu dipertimbangkan sebagai produk esensial yang dipakai sehari-hari. Deodoran bisa membunuh bakteria yang menyebabkan bau badan. Sedangkan untuk Anda yang berkeringat banyak, coba pertimbangkan untuk mencoba antiperspirant. Produk ini mampu menahan keringat dengan menutup saluran keringat. Ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter dulu untuk mendapat rekomendasi antiperspirant yang paling sesuai untuk Anda.

4. Pilih Pakaian dengan Bahan Sejuk yang Menyerap Keringat

Mengenakan pakaian yang menyerap keringat juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan akibat bertemunya bakteri dan keringat. Bahan pakaian seperti katun, linen, atau viscose bisa jadi pilihan.

Jika Anda termasuk orang yang sering berkeringat banyak, tak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan bawa pakaian ganti. Jadi saat tubuh sudah hampir banjir keringat dan terasa lengket, cara menghilangkan bau badan dengan segera ganti dengan pakaian yang masih kering dan bersih.

 

Apa Sih Penyebab Bau Badan?

cara menghilangkan bau badan

Masalah bau badan memang sering kali menganggu, bukan hanya bagi si pemilik bau badan, tapi juga mengganggu orang-orang sekitar. Bau badan akan membuat orang lain menjauh. Kita pasti mencari berbagai informasi bagaimana cara menghilangkan bau badan.

Selain selalu menjaga kebersihan tubuh, ada beberapa hal lain yang perlu Anda perhatikan kalau tidak ingin mengalami problem yang satu ini. Ternyata, ada banyak faktor penyebab bau badan yang terkadang tidak kita sadari. Yuk, cari tahu apa saja penyebab bau badan:

1. Aktivitas Berlebih

Saat melakukan aktivitas fisik yang melelahkan, secara normal tubuh akan mengeluarkan keringat. Nah, sebenarnya berkeringat adalah cara tubuh untuk mendinginkan diri. Ketika suhu tubuh naik, jutaan kelenjar keringat akan diaktifkan dan keluar melalui pori-pori. Saat keringat menguap, suhu tubuh pun akan mendingin. Itu sebabnya Anda tidak bisa mencegah keringat keluar di saat udara panas.

Pada dasarnya, keringat itu tidak berbau dan berwarna. Bau yang dihasilkan merupakan kontribusi dari bakteri yang menyerap keringat di tubuh. Biar tubuh Anda tetap terjaga keharumannya, cara menghilangkan bau badan dengan menggunakan deodoran anti-perspirant sebelum beraktivitas. Kenakan juga pakaian yang menyerap keringat saat beraktivitas fisik seperti olahraga, ya.

2. Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

 Tidak hanya aktivitas fisik, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang jadi pemicu timbulnya keringat dan bau badan, seperti daging merah, makanan yang mengandung kolin seperti hati ikan dan telur, bawang, alkohol, kafein, dan produk olahan susu.

Saat Anda mengonsumsi berbagai produk tersebut, suhu tubuh akan meningkat dan memicu timbulnya keringat. Bakteri alami yang ada di tubuh akan menyerapnya dan melepaskan bau badan tak sedap. Untuk mencegah bau badan, sebaiknya hindari jenis makanan tersebut dan usahakan tubuh tidak kekurangan cairan saat Anda mengonsumsi alkohol.

3. Hormon

Bagi wanita, hormon juga punya pengaruh terhadap timbulnya bau badan, terutama saat memasuki masa menstruasi. Kondisi hormon yang tidak menentu dapat berpengaruh pada keringat dan kemampuan dalam mengatasi suhu tubuh.

Selain di area reproduksi, bagian tubuh lain juga dapat menimbulkan bau badan tak sedap. Jadi pastikan untuk selalu jaga kebersihan tubuh Anda terutama saat menstruasi. Cara menghilangkan bau badan saat menstruasi dengan rutin mengganti pembalut setiap 3-4 jam sekali serta menjaga kebersihan tubuh dengan mandi 2 kali sehari.

4. Faktor Medis

 Nah, ini juga perlu diperhatikan. Terkadang, munculnya keringat berlebih merupakan tanda dari beberapa penyakit, seperti diabetes. Para penderita diabetes tingkat tinggi biasanya mengalami kesulitan dalam mengontrol gula darah. Untuk mengganti glukosa, tubuh memanfaatkan lemak sebagai bahan bakar pengganti. Hasil proses tersebut akan menghasilkan senyawa bersifat asam dalam jumlah yang cukup banyak.

5. Gangguan Genetik

 Selain faktor eksternal, ada juga beberapa faktor genetik yang menyebabkan timbulnya bau badan tak sedap. Salah satunya adalah trimethylaminuria. Penyakit genetik langka ini merupakan kondisi gangguan metabolisme yang menyebabkan tubuh mengeluarkan senyawa kimia trimethylamine.

Senyawa tersebut tidak dapat dipecah oleh tubuh sehingga menimbulkan bau badan tak sedap, meskipun badan tidak dalam kondisi berkeringat. Bau badan jenis ini tidak dapat diatasi hanya dengan mandi dan membersihkan diri. Bahkan, dalam dunia medis sekalipun, belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit ini. Meski hanya dialami oleh 1 dari 200 ribu orang, tapi rata-rata penderita penyakit genetik ini adalah wanita.

 

 Cara Menghilangkan Bau Badan dengan Lemon

cara mnghilangkan bau badan

Para wanita pasti tak ingin tubuhnya bau dan ketiaknya hitam. Itulah mengapa banyak orang akhirnya memakai deodoran untuk menghilangkan bau badan. Namun ketiak hitam justru seringkali terjadi karena ulah deodoran. Nah, bagaimana?

Sebenarnya ada banyak bahan alami yang bisa kita pakai sebagai pengganti deodoran yang tak kalah ampuh untuk cara menghilangkan bau badan serta tak berisiko membuat ketiak hitam. Benda itu adalah buah lemon.

Meski asam, bukan berarti lemon membuat ketiak menjadi bau asam. Lemon justru punya kandungan asam yang bisa menetralisir bakteri di kulit sehingga ketika ketiak kita berkeringat dan lembab, tidak akan menimbulkan bau.

Cara menghialngkan bau badan dengan lemon ini cukup gampang, iris tipis lemon, dan gosokkan pada ketiak seperti pada umumnya. Jika sudah agak kering, pakai pakaian seperti biasa. Selesai. Memakai lemon juga bertahan lama tidak menimbulkan bau badan selama seharian seperti layaknya fungsi deodoran.

Ada beberapa cara menghilangkan bau badan dengan bahan dasar lemon seperti:

1. Perasan Air Lemon

Ambillah lemon dan iris menjadi dua, bisa memeras lemon tersebut untuk mendapatkan air lemon yang kemudian dibutuhkan. Air lemon itu dioleskan ke bagian ketiak anda. Biarkan dulu sampai kering, setelah itu baru memakai pakaian. Akan tetapi hindari penggunaan menggunakan perasan lemon jika kulit sensiitf dan mudah iritasi.

2. Perasan Lemon Ditambahi Air

Cara kedua ini bisa Anda gunakan jika kulit tubuh mudah mengalami infeksi dan iritasi. Maka tambahkan campuran air kedalam perasan hasil lemon tersebut. Setelah dicampur, Anda bisa mengoleskannya ke ketiak anda. Biarkan sampai kering dulu lalu anda pakai baju. Hasilnya sama seperti ketika menggunakan perasan lemon saja.

3. Perasan Lemon Ditamabah Baking Soda

Baking soda ini memiliki manfaat yang mampu menyerap kulit sehingga tidak akan terlalu lembab. Jika Anda menambahkan baking soda ke perasan lemon ini maka akan menghasilkan deodorant yang alami sehingga lebih efektif sebagai cara menghilangkan bau badan dan keringat yang keluar secara berlebihan dalam tubuh Anda.

Cara menghilangkan bau badan cukup mudah, Anda campur saja perasan air lemon dengan baking soda. Campur secara merata, lalu oleskan pada ketiak anda, tunggu sampai 10 menit kemudian basuh dengan air.

 

Cara Cepat Ketahui Apakah Kita Bau Badancara menghilangkan bau badan

 

Ada orang yang punya bau badan menyengat ada juga yang tidak, ada juga yang hanya punya bau badan saat berkeringat saja, ada juga yang tidak bau badan bahkan jika berkeringat banyak. Tapi bau badan bukan hanya bawaan orang tersebut, tapi juga bisa dipicu dari makanan.

Menurut Lifehacker, cukup sulit menentukan apakah diri kita sendiri punya bau badan karena reseptor hidung tertentu akan mati jika mencium bau yang sama dalam waktu lama. Biasanya yang bisa menilai apakah kita punya bau badan atau tidak, adalah orang lain.

Untungnya, ada cara mengetahui apakah ktia punya bau badan atau tidak, yaitu dengan menghirup kopi. Kopi berperan sebagai penyegar indra penciuman. Penelitian mengatakan bahwa bau kopi bisa mengembalikan dan mengaktifkan reseptor hidung kita lagi setelah tertidur karena terpapar bau yang sama dalam waktu lama.

Setelah kita menghirup bau kopi dan merasa penciuman Anda segar, cium bau tubuh Anda sendiri, apakah menyengat atau tidak. Tanyakan juga pada orang terdekat. Jika secara alami Anda punya bau badan, hindari makanan-makanan yang semakin memicu bau badan seperti daging merah, ikan, makanan pedas, dan junk food.

Jadi, tidak heran kan mengapa banyak penjual minyak wangi di mall selalu punya wadah kecil berisi kopi? Tujuannya sederhana, untuk me-refresh penciuman Anda setelah menghirup berbagai wangi minyak wangi.

Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *