Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengatasi Jerawat?

skin.co.id Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan peradangan kulit yang dihasilkan oleh pori-pori tersumbat. Pori-pori tersumbat biasanya diikuti dengan munculnya komedo. Keringat, kotoran, dan ketidakseimbangan hormon merupakan beberapa penyebab dari munculnya jerawat. Meskipun jerawat sering muncul dalam waktu yang singkat, akan tetapi ia dapat meninggalkan bekas dan jaringan parut permanen pada kulit yang tidak sedap dipandang.

Ada banyak bahan pengering dan krim anti jerawat yang menjanjikan untuk memperkecil ukuran dan kemerahan akibat jerawat. Dan bagi pencinta bahan alami, Anda pasti pernah mendengar bahwa pasta gigi bisa mengatasi jerawat.

Pasta gigi mengandung bahan-bahan tertentu seperti baking soda, hydrogen peroxide, alkohol, dan mentol yang menyebabkan jerawat Anda mengering. Meskipun hal ini masih menjadi kontroversi di kalangan para ahli karena sebenarnya pasta gigi diciptakan untuk gigi bukan kulit, untuk mengeringkan jerawat Anda perlu mengoleskan pasta gigi langsung pada jerawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda sebaiknya mengompres jerawat Anda dengan es terlebih dahulu setidaknya 10 menit sebelum memakai pasta gigi. Anda bisa mengoleskan pasta gigi ini di malam hari dan bilas dengan air bersih.

BB CREAM KHUSUS UNTUK KULIT BERJERAWAT ANDA

  • Mengontrol sebum
  • Menenangkan & melembabkan kulit kemerahan
  • Melindungi kulit dari paparan sinar UV A & B matahari
  • Meratakan warna kulit

BB krim terbaik untuk kontrol minyak di wajah sekaligus berfungsi sebagai tabir surya. BELI SEKARANG JUGA!

Meskipun pasta gigi bisa mengatasi jerawat karena memiliki efek pengeringan, Dr. Baxt seorang dermatologi di New York memperingatkan bahwa pasta gigi diformulasikan untuk merawat gigi Anda bukan untuk merawat kulit. Pada beberapa kasus, pasta gigi dapat dengan mudah mengiritasi kulit Anda, bahkan bisa menyebabkan kemerahan yang lebih parah dan pengelupasan pada kulit.

Meskipun setiap orang akan merasakan hasil yang berbeda saat menggunakannya, masih ada banyak sekali bahan alami lainnya yang mampu mengatasi jerawat Anda.

  • Hancurkan aspirin dan tambahkan sedikit air hingga membentuk pasta. Terapkan langsung pada daerah yang berjerawat.
  • Oleskan madu selama semalam untuk mengeringkan jerawat.
  • Gunakan calamine lotion sebagai alternatif pengganti pasta gigi.

Banyak orang yang menggunakan berbagai bahan dan pengobatan rumahan untuk menyingkirkan jerawat di kulit mereka. Pasta gigi dapat mengiritasi kulit dan mampu mengeringkan jerawat seiring menghilangnya iritasi di kulit Anda. Bagaimanapun, benzoil peroksida dan asam salisilat merupakan bahan ampuh untuk mengatasi jerawat. Meskipun pasta gigi mampu mengeringkan kulit, hal ini bukanlah metode atau cara yang direkomendasikan para ahli untuk mengatasi jerawat Anda.

BACA JUGA: Perawatan Praktis Untuk Atasi Jerawat

Untuk menghindari datangnya jerawat ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, di antaranya adalah:

  • Selalu bersihkan kulit secara menyeluruh sebelum tidur dan di pagi hari untuk menyingkirkan sel-sel kulit mati.
  • Jangan memakai makeup saat berolahraga atau berkeringat.
  • Minum setidaknya delapan gelas air per hari atau teh hijau.
  • Lakukan diet sehat dengan buah-buahan dan sayuran segar.
  • Lembabkan kulit Anda setiap hari karena kulit kering dapat menyebabkan kelebihan produksi minyak, sehingga jerawat.
  • Bilas sampai benar-benar bersih jika Anda menggunakan tabir surya berSPF karena produk ini lebih kental.
  • Stres adalah salah satu penyebab jerawat. Jika Anda mengalami masa stres, temukan cara untuk melakukan relaksasi seperti pijat, yoga atau pilates.

Ada beberapa cara bagaimana memilih pasta gigi yang tepat untuk mengatasi jerawat Anda.

Pilihlah Pasta Gigi Yang Berwarna Putih

Jangan pernah menggunakan pasta gigi berwarna untuk mengatasi jerawat. Hal ini terjadi karena bahan yang membantu mengeringkan jerawat seperti baking soda, dan hydrogen peroxide ada di bagian putih pasta gigi. Dan biasanya bagian pasta gigi yang berwarna mengandung bahan keras yang dapat mengiritasi kulit.

Hindari Pasta Gigi Pemutih

Banyak sekali pasta gigi yang mengandung pemutih gigi yang dapat membakar kulit Anda. Hal ini terutama akan sangat bereaksi bila terkena kulit yang lebih gelap di mana melanin kulit tersebut lebih reaktif terhadap pemutih. Orang dengan kulit normal mungkin akan tidak terlalu terpengaruh dengan adanya pemutih pada pasta gigi yang mereka pakai.

skin.co.id Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengatasi Jerawat

Jangan Gunakan Pasta Gigi Berbentuk Gel

Pasta gigi berbentuk gel memiliki kandungan atau formula yang berbeda dengan pasta gigi umumnya. Kebanyakan pasta gigi bergel ini memiliki lebih banyak kandungan bahan aktif yang bisa mengiritasi kulit Anda lebih parah.

Pasta Gigi Rendah Fluoride

Fluoride merupakan salah satu bahan yang hampir 95% ada pada setiap pasta gigi yang dijual di pasaran. Bahan ini digunakan untuk menghilangkan plak gigi dan mencegah penyakit gusi. Namun, banyak sekali orang yang mengalami ruam karena alergi dengan bahan yang ini. Untuk menghindari hal ini, Anda sebaiknya memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang rendah.

Pilih Pasta Gigi Organik

Pasta gigi organik mungkin pilihan jika Anda ingin mengobati jerawat dengan pasta gigi. Pasta gigi organik tidak mengandung fluoride dan tidak ada hormon pertumbuhan jahat, pestisida atau bahan kimia lainnya jika benar-benar bersal dari alam. Namun di sisi lain, pasat gigi ini masih mengandung bahan-bahan yang diperlukan untuk pengeringan jerawat seperti baking soda dan minyak pohon teh ditambah dengan zat penenang alami dan anti bakteri seperti lidah dan minyak kayu putih.

Tidak peduli apapun penyebab jerawat yang Anda miliki sekarang, banyak cara mengatasi jerawat yang lebih efektif dan lebih baik daripada menggunakan pasta gigi. Anda masih bisa menyamarkannya sekaligus menyembuhkannya dengan Blemish Recover Balm. Lakukan aktivitas Anda dengan santai untuk mengontrol kadar hormon testosteron, yaitu salah satu pemicu timbulnya jerawat.

BACA JUGA: Benzoil Peroksida, Bahan Terampuh Atasi Jerawat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *