Berikut Tips Menghilangkan Bekas Jerawat!

tips menghilangkan bekas jerawat

Pastinya Anda sudah mengetahuinya, hal yang satu ini sangat tidak dianjurkan, namun tetap kita lakukan. Ada saja alasannya, kan? Misalnya gemas atau mungkin ada kencan dadakan dan Anda langsung saja memencet jerawat supaya mengecil. Yah, rasanya semua wanita pernah mengalami kejadian ini. Selain risiko infeksi, memencet jerawat dapat meninggalkan bekas hitam di wajah Anda. Jika Anda terpaksa memencet jerawat, coba lakukan 5 tips menghilangkan bekas jerawat berikut ini:

  1. Kompres dengan handuk hangat

tips menghilangkan bekas jerawat

Tips menghilangkan bekas jerawat yang pertama bisa Anda lakukan kompres bagian jerawat dengan kain lap hangat, selama beberapa menit. Uap air hangat akan membantu pori-pori wajah jadi lebih rileks dan melembutkan tekstur kulit di area jerawat. Pastikan lap atau handuk yang Anda gunakan dalam keadaan bersih.

  1. Lakukan dengan benar

tips menghilangkan bekas jerawat

Anda hanya bisa melakukan hal ini pada jerawat yang sudah memiliki ‘mata’.  Jika jerawat Anda belum memiliki mata, diamkan saja dulu. Hindari juga memencet jerawat menggunakan jari. Sebaiknya, bungkus jari Anda menggunakan tissue atau gunakan 2 cotton bud. Usai memencet jerawat, pada umumnya jerawat akan mengeluarkan cairan. Keluarkan isi jerawat menggunakan cotton bud dari kedua sisi dan tekan dengan lembut. Anda yang ingin praktis dan tidak repot juga bisa menggunakan alat bantu seperti acne remover yang ditargetkan khusus untuk mengeluarkan isi jerawat. Usahakan agar tidak menekan dengan keras atau kasar karena akan memperparah area peradangan di sekitar jerawat sehingga meninggalkan bekas.

  1. Kompres dengan es

tips menghilangkan bekas jerawat

Sesukses apapun adegan memencet jerawat, pasti kulit akan tetap kemerahan dan bahkan sedikit bengkak. Tips menghilagkan bekas jerawat yang lain bisa diredakan dengan mengompres area tersebut menggunakan handuk, kain, atau kapas yang diberi es. Lakukan selama 5 menit.

>> Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat <<

  1. Gunakan astringentatau toneruntuk membersihkan luka

tips menghilangkan bekas jerawat

Ketika jerawat dipencet, maka ada bagian kulit yang terbuka sehingga rawan infeksi. Maka proses pembersihan menjadi krusial. Untuk menghindari infeksi, gunakan toner yang mengandung witch hazel, ekstrak tanaman herbal yang memiliki kemampuan anti bakteri dan desinfektan, mengurangi peradangan dan memperbaiki sel kulit yang rusak.

  1. Beri pelindung tepat dan jangan memegang jerawat

tips menghilangkan bekas jerawat

Setelah dibersihkan, maka hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberi pelindung, dan jangan Anda pegang-pegang kembali. Pasca memencet jerawat membutuhkan penanganan ekstra. Stop mengelupas kulit kering bekas luka jerawat karena akan lebih meninggalkan bekas. Jangan lupa menjaga kelembapan kulit dengan mengaplikasikan moisturizer. Pilih tekstur gel dengan kandungan yang ampuh untuk melawan jerawat, bintik hitam, maupun ruam kemerahan. Kandung allantoin dan panthenol juga baik untuk mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Untuk perawatan berkala, Anda bisa menggunakan Blemish Potion, dengan kandungan bahan-bahan yang terlah dipatenkan, yang berguna untuk mengatasi titik-titik berjerawat pada wajah Anda. Blemish Potion juga mencegah timbulnya bekas jerawat dan kemerah-merahan pada kulit.

5 Tips menghilangkan bekas jerawat tersebut bisa Anda coba terapkan bila memang memencet jerawat jadi keputusan terakhir yang tak bisa dihindari.  Selama kulit Anda masih berjerawat, usahakan perbaiki diet Anda dan kurangi konsumsi makanan makanan pedas dan berminyak agar kulit mulus Anda segera kembali. Selamat mencoba!

BACA JUGA: Benarkah Pasta Gigi Bisa Mengatasi Jerawat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *