Bikin Rumah Sehat Itu Mudah!

rumah sehat

Home sweet home. Istilah yang sering kita jumpai untuk menggambar bahwa rumah kita adalah rumah paling nyaman. Tapi Anda perlu tahu bahwa nyaman saja tidak cukup, tapi juga butuh rumah sehat. Seperti apa sih rumah sehat itu?

 

Rumah sehat merupakan cerminan perilaku penghuninya. Memastikan tempat tinggal selalu dalam keadaan bersih dan nyaman sangatlah penting. Bagaimana cara membuat rumah sehat dan nyaman untuk ditinggali? Skin.co.id punya solusinya!

1. Membersihkan Setiap Sudut Ruangan

rumat sehat

Jika Anda tidak nyaman dengan tempat tinggal Anda bisa jadi Anda merasa tidak nyaman karena rumah tersebut kotor. Coba bersihkan setiap sudut rumah Anda. Periksa tempat yang biasa Anda tinggalkan saat membersihkan rumah. Dengan rumah sehat, tentu  Anda akan merasa nyaman.

2. Rajin Mengatur Ulang Ruangan

rumah sehat

Agar mendapat suasana yang berbeda Anda dapat mengatur ulang ruangan yang Anda tinggali. Menata ulang perabot di dalam kamar, ruang tamu, atau keluarga akan memberikan suasana yang berbeda. Anda pun akan merasa lebih nyaman untuk tinggal di rumah sehat impian Anda.

3. Perhatikan Sirkulasi Udara dan Sinar Matahari

rumah sehat

Saat pagi hari jangan lupa untuk membuka jendela rumah. Agar ada pergantian udara dan sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan. Sinar matahari pagi baik karena dapat membantu tubuh untuk menghasilkan vitamin D. Tidak hanya itu sinar matahari juga akan membuat suasana dalam rumah akan lebih terang dan menyenangkan. Rumah sehat pun, akan segera terwujud!

4. Minyak Esensial

rumah sehat

Jika Anda menyukai wewangian, tidak ada salahnya Anda meletakkan wewangian yang Anda suka di sudut ruangan. Wewangian dari minyak esensial akan memberikan ketenangan sehingga Anda menjadi lebih nyaman untuk tinggal di rumah.

5. Tanaman di Sudut Ruangan

rumah sehat

Untuk membuat nyaman rumah tidak ada salahnya meletakkan satu atau dua tanaman dalam ruangan. Pilih tanaman hijau, karena melihat tanaman hijau dapat mengurangi stres. Tanaman hijau juga memberikan efek positif. Dan salah satu syarat untuk mencipatkan rumah sehat juda dengan adanya tanaman di dalam rumah Anda.

 

Rumah Sehat, Bau Wangi yang Alami

rumah sehat

Rumah sehat, tentunya juga menjadi hunian yang memiliki aroma wangi yang alami. Terkadang kita bisa mencium bau yang khas di setiap ruangan rumah. Banyak orang yang menggunakan penyegar ruangan untuk lebih berhemat. Berikut beberapa cara agar rumah Anda lebih harum, supaya pikiran lebih rileks dan segar, seperti:

1. Letakkan Lembaran Fabric Softener

Salah satu trik terbaik, yang dapat Anda gunakan untuk membuat rumah sehat Anda wangi adalah meletakkan lembaran pelembut kain. Anda dapat menempatkannya di bawah selimut, di laci, dan di bawah bantal sofa.

2. Nyalakan Tungku Aromaterapi

Aromaterapi akan membuat ruangan dan rumah sehat Anda menjadi wangi seperti di tempat spa.

3. Memanggang Kue

Harum kue yang sedang dipanggang, akan menciptakan sensasi lezat yang bisa Anda cium.

4. Buka Jendela

Mungkin ini terdengar sangat sederhana, namun sangat bekerja, untuk memberikan keharuman ruangan dan rumah sehat yang menyegarkan. Udara yang segar dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

5. Bunga

Meletakkan bunga-bunga, adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga rumah Anda agar berbau harum dan menyegarkan.

 

Tanam Tanaman Hijau, Bantu Ciptakan Rumah Sehat

rumah sehat

Rumah sehat yang dihias dengan tanaman serta bunga tentu akan membuatnya menjadi semakin indah dan mengesankan. Tak hanya itu saja, keberadaan beberapa tanaman ternyata juga bisa membuat otak menjadi semakin sehat, udara semakin segar, dan lingkungan semakin menarik. Setidaknya ada beberapa tanaman hias yang bisa membuat suasana rumah sehat Anda menjadi lebih indah lagi.

Menariknya lagi, tanaman-tanaman ini juga merupakan tanaman yang sangat aman untuk anak-anak dan akan membuat mereka menjadi lebih nyaman, tenang, serta sehat. Beberapa tanaman hias ini juga akan menjadikan beberapa serangga dan nyamuk serta lalat enggan datang ke rumah. Peneliti di State University of New York menyebutkan bahwa ada beberapa tanaman hias yang bisa menyaring racun dan polusi udara.

Tanaman tersebut antara lain adalah tanaman dari jenis paku-pakuan dan kaktus. Tak hanya dua tanaman itu saja, beberapa tanaman lain yang erat kaitannya dengan wilayah tropis seperti halnya pinus, palem-paleman, bunga mawar, melati, sepatu dan bugenfil serta sejenisnya juga menjadi tanaman hias yang akan menyerap racun di udara dengan baik serta mengesankan.

Studi yang dilakukan di New York mengungkapkan bahwa ketika Anda ingin menempatkan beberapa tanaman hias baik di teras rumah, di halaman, atau di samping jendela, hal ini akan membantu Anda mendapatkan udara yang segar lagi bebas dari polusi.

Keberadaan tanaman ini dipercaya juga mampu menangkal radiasi gadget maupun benda elektronik lain yang berbahaya bagi kesehatan. Sementara itu, beberapa jenis tanaman yang memiliki bunga warna-warni indah akan menjadikan kita merasa lebih bahagia, nyaman, dan tenang.

Dr Vadoud Niri yang tak lain adalah pemimpin dari studi ini mengatakan, “Rumah yang dihias dengan tanaman khususnya paku-pakuan, kaktus, dan jenis tanaman tropis akan menjadikannya lebih sehat, udara yang ada lebih segar dan pemandangannya lebih menawan. Adanya tanaman ini juga memungkinkan ia menyerap racun serta zat kimia berbahaya akibat polusi yang ada di udara,” tuturnya.

Dr Tijana Blanusa seorang ilmuwan dari Royal Horticultural Society bahkan mengungkapkan bahwa keberadaan tanaman hias baik di dalam maupun luar rumah akan bantu seseorang memiliki suasana hati yang tenang, bahagia, serta nyaman. Dr Tijana mengatakan, “Tanaman memiliki manfaat yang luar biasa mengesankan untuk kesehatan psikis seseorang. Tanaman telah terbukti membuat suasana hati menjadi lebih bahagia, menghilangkan stres, lebih nyaman dan lebih tenang. Tanaman juga memungkinkan seseorang untuk selalu dapatkan oksigen yang alami dan sehat buat sistem peredaran darah maupun hal penting lainnya,” ungkapnya.

 

Rumah Sehat Bebas Serangga

rumah sehat

Bicara tentang serangga, apakah Anda juga sering merasa terganggu dengan kehadiran serangga di rumah? Terutama serangga yang sangat mengganggu, seperti nyamuk, lalat, atau semut. Yang dikatakan rumah sehat tidak hanya mempunyai ruangan yang selalu harum, perabotan tertata dengan ra[i, tapi juga bebas dari yang namanya serangga.

Untuk mengusir serangga, Anda tidak harus selalu menggunakan bahan-bahan kimia lho! Dengan cara mudah ini, Anda juga bisa mengusir serangga tanpa bahan kimia. Anda cukup dengan menyiapkan:

Kemangi

Anda bisa menjadikan kemangi sebagai pengusir serangga, sekaligus hiasan. Letakkan kemangi dalam botol kecil berisi air, dan tata agar cantik. Rumah sehat yang wangi, cantik, dan bebas serangga.

Kopi Bubuk

Kopi bubuk juga bisa Anda pakai. Caranya, letakkan kopi bubuk di piring, lalu bakar dengan api hingga membara dan berasap. Nah asap tersebut akan membuat serangga kabur. Bye-bye insect!

Tuna Kaleng

Cara ini bisa dipakai saat di rumah Anda sedang mengadakan suatu acara, dan Anda tidak ingin ada serangga. Caranya mudah, cukup buka tuna kalengan, dan letakkan di luar rumah, yang tidak didatangi orang. Serangga-serangga akan mendatangi tuna tersebut.

Kipas Angin

Nyalakan kipas angin, dan para serangga akan ikut terbang menjauh. Nyamuk adalah hewan terbang yang lemah, sehingga nyamuk tidak dapat menggigit Anda jika uda di sekitar Anda bergerak cepat.

Kapas dan Borak

Rendam kapas dalam larutan yang terbuat dari air, borak, dan gula. Campuran tersebut akan memikat serangga, dan membunuhnya. Jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan Anda.

 

Apa yang Harus Di Lakukan Saat Terkena Gigitan Serangga?

rumah sehat

Selama ini kita mengenal berbagai metode pengobatan herbal menggunakan bahan-bahan alami. Bahan herbal memang dipercaya berkhasiat mengobati berbagai penyakit dengan efek samping yang elbih minim daripada bahan-bahan kimiawi.

Coba bayangkan unsur kimiawi yang terpapar masuk ke dalam tubuh kita sejak lahir? Salah satu yang sering tanpa disadari dikonsumsi adalah obat-obatan. Meski terlihat ringan, obat-obatan tetap memiliki dampak jangka panjang bagi tubuh.

Untuk kesehatan jangka panjang bagi Anda dan keluarga, sebaiknya gunakan essential oils. Pengobatan alami yang cukup populer akhir-akhir ini memang menggunakan essential oils. Tertarik menggunakan essenstial oils sebagai alternatif pengobatan alami untuk keluarga Anda?

Saat terkena gigitan serangga, cukup gunakan Bugs Spray Blended Oil. Terbuat dari essential oils yang berasal dari air. Minyak ini akan membantu Anda dan keluarga untuk melindungi kulit dari gigitan serangga. Cukup semprotakan secara menyeluruh pada kulit Anda dan biarkan saja meresap dengan sendirinya. Essesntial oils yang satu ini bebas dari bahan kimia. Tentunya tidak akan berbahaya untuk Anda dan keluarga Anda.

Terdiri dari bahan-bahan alami, seperti: citronella oillemongrass oilsweet almond oil, dan sunflower seed oil.

Essential oils di atas akan membantu atasi semua keluhan kesehatan Anda dan keluarga. Sudah saatnya Anda dan kelurga kembali menggunakan produk-produk alami. Tanpa efek samping jangka panjang, essential oils juga bisa menjaga kesehatan Anda dan keluarga.

Let’s back to nature!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *