Bintik-bintik Di Wajah: Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

skin.co.id Bintik-bintik Di Wajah Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Bintik-bintik di wajah biasanya berbentuk bulat dan berwarna cokelat dengan berbagai ukuran (umumnya berukuran kecil) yang muncul pada kulit. Menurut American Association of Dermatologist (AAD) bintik-bintik di wajah adalah tanda kerusakan di kulit. Bintik-bintik ini tidak hanya bisa muncul di kulit wajah, akan tetapi bisa muncul  di lengan dan bahu karena paparan sinar matahari yang berlebihan. Hal ini umum terjadi pada orang dengan berkulit normal yang sensitif terhadap matahari dan kerusakan yang diakibatkan oleh sinar matahari. Bintik-bintik di wajah merupakan hasil peningkatan produksi melanin pada sel kulit. Hal ini akan mengakibatkan munculnya bintik-bintik kecil yang sedikit lebih gelap daripada kulit di sekitarnya.

Bintik-bintik di wajah memiliki beberapa jenis tergantung pada penyebabnya, di antaranya bintik-bintik gelap dan bintik-bintik yang diakibatkan karena kulit terbakar. Bintik-bintik di wajah yang cenderung gelap cenderung muncul saat cuaca sedang terik dan menghilang ketika cuaca berubah menjadi dingin. Di sisi lain, bintik-bintik yang diakibatkan karena kulit terbakar akan muncul dengan warna yang lebih gelap yang juga disebut lentigenes. Jenis bintik-bintik ini biasanya muncul sebagian besar di bahu dan punggung dan bukan merupakan faktor keturunan.

Terbentuknya bintik-bintik di wajah memiliki hubungan yang kuat dengan faktor keturunan dan paparan sinar matahari. Namun, setiap orang yang terpapar sinar matahari akan memiliki bintik-bintik yang berbeda. Dan saat Anda melakukan tanning secara alami maupun menggunakan bed tanning yang memiliki gelombang sinar ultra violet, kulit akan menebal. Pigmen melanin pada kulit akan memproduksi sel-sel dan melanosit juga akan meningkat sehingga kulit cenderung lebih gelap dan kecoklatan. Bagi mereka yang memiliki kulit gelap cenderung kurang sensitif terhadap paparan sinar matahari. Akan tetapi, jika terlalu lama terpapar sinar matahari kulit mereka juga bisa mengalami luka bakar dan berbagai kerusakan lainnya. Ada beberapa penelitian menemukan bahwa kulit yang berwarna cerah, berambut pirang lebih rentan terhadap bintik-bintik di wajah. Hal ini membuktikan bahwa faktor keturunan dalam memainkan peran penting dalam munculnya bintik-bintik di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Cara Mencegah Bintik-bintik Di Wajah

Mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Dalam masalah kulit yang satu ini sebagian besar orang tidak menemukan perawatan yang memuaskan. Karena bintik-bintik di wajah disebabkan oleh dua faktor yaitu keturunan dan sinar matahari, kami akan merekomendasikan beberapa cara untuk mencegah bintik-bintik yang diakibatkan oleh sinar matahari. Bagaimana pun Anda tidak bisa menyalahkan dan mengutuk faktor keturunan sebagai dalang dari munculnya bintik-bintik di wajah. Berikut ini beberapa cara dan tip untuk mencegahnya:

  • Mulailah perlindungan kulit dari matahari di usia muda. Kerusakan kulit dari paparan sinar matahari biasanya terjadi pada usia muda terutama kulit anak-anak di bawah usia 18 tahun. Pada usia tersebut kebanyakan orang akan lebih sering menghabiskan lebih banyak waktu di luar untuk bermain.
  • Gunakan tabir surya yang mengandung SPF yang sesuai dengan kondisi lingkungan di mana Anda berada. Lebih sering Anda terpapar matahari, maka harus lebih sering pula Anda memakai tabir surya berSPF.
  • Pastikan bahwa Anda mengoles ulang tabir surya secara berkala. Tidak ada tabir surya yang tahan keringat atau air. Pada akhirnya tabir surya tersebut akan luntur dan perbedaannya adalah seberapa lama tabir surya itu bertahan.
  • Hindari paparan sinar matahari selama pada jam 10.00 – 04.00.
    Hindari paparan sinar matahari sebanyak mungkin. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang memiliki kulit yang normal.

skin.co.id Bintik-bintik Di Wajah Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan

Sebuah peringatan bagi Anda semua untuk mengecek kepekaan kulit terhadap panas secara berkala untuk mencegah munculnya bintik-bintik di wajah. Bintik-bintik hitam ini merupakan salah satu tanda adanya kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UV dan membuka kesempatan untuk munculnya kanker kulit ganas di masa yang akan datang. Ada beberapa bahan alami yang dapat mengobati dan menyingkirkan bintik – bintik di wajah, di antaranya adalah:

Jus Lemon

Jus lemon adalah bahan yang sangat efektif untuk mengobati bintik-bintik di wajah serta bintik-bintik kecokelatan. Jus lemon memiliki sifat pemutih alami yang baik akan memutihkan bintik-bintik gelap pada kulit Anda.

  • Terapkan jus lemon segar pada kulit yang berbintik dan pijat secara lembut. Biarkan selama 10 sampai 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini dua kali sehari.
  • Pilihan lain adalah dengan menggunakan lemon scrub. Potong lemon menjadi dua bagian dan taburi setengah sendok teh gula di atasnya. Secara lembut, gosok kulit Anda selama beberapa menit dan kemudian cuci dengan air. Lakukan ini sekali atau dua kali dalam seminggu secara teratur.

Krim Susu Asam

Kehadiran asam laktat dalam susu asam dapat membantu untuk menyingkirkan bintik-bintik gelap di wajah. Hal ini juga sangat berguna bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

  • Terapkan beberapa krim susu asam pada kulit yang berbintik dan biarkan hingga kering selama beberapa menit. Saat membilasnya dengan air, Anda juga harus hati-hati untuk membersihkannya dengan tisu lembut atau handuk. Setelah itu terapkan beberapa pelembab.
  • Selain itu, Anda dapat mencuci wajah Anda dengan susu asam setiap hari. Jika Anda tidak memiliki susu asam, Anda masih bisa menggunakan yoghurt.

VITALIZER WHITE GEL

Pemutih Kulit Yang Aman dan Bebas Kontaminan Berbahaya

  • Mencerahkan & memutihkan kulit
  • Mengurangi flek & noda hitam
  • Melembabkan & menyegarkan kulit


Tuntaskan Buat kulit Anda lebih putih bebas noda hitam. Beli SEKARANG JUGA!!

Madu

Madu sangat ampuh untuk memudar bintik-bintik karena mengandung enzim yang membantu meringankan pigmentasi kulit. Selain itu, madu sangat bagus untuk melembabkan kulit Anda.

  • Campur madu dan air panas di dalam microwave. Setelah beberapa menit terapkan pada wajah yang berbintik kemudian diamkan selama beberapa menit. Setelah itu bilas secara menyeluruh dengan air hangat. Lakukan hal setiap hari ini untuk beberapa minggu.
  • Anda juga dapat membuat masker herbal dengan mencampur sedikit gandum dengan madu hangat. Oleskan masker ini dan diamkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan air hangat dan kemudian cuci lagi dengan air dingin. Ulangi dua sampai tiga kali dalam seminggu selama beberapa bulan.
  • Pilihan lainnya adalah dengan membuat campuran madu dan yoghurt. Terapkan pada bintik-bintik selama 30 menit setiap hari sampai Anda mendapatkan hasil yang diinginkan.

Pepaya

Pepaya adalah obat lain yang efektif untuk menyingkirkan bintik-bintik di wajah. Pepaya mengandung papain, sejenis enzim yang dapat membantu meringankan noda dan bintik gelap di wajah.

  • Terapkan pepaya segar yang sudah dihancurkan hingga halus langsung pada wajah berbintik menggunakan bola kapas dan pijat secara lembut.
  • Setelah 10 menit, bilas kulit Anda dengan air dingin.
  • Lakukan ini sekali sehari selama setidaknya selama beberapa minggu atau sampai Anda puas dengan hasilnya.

Bawang

Bawang juga dapat digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik karena kandungan sulfur yang memiliki kemampuan mengelupasi sel-sel kulit mati. Untuk hasil terbaik, gunakan bawang merah.

  • Potong satu bawang merah menjadi irisan tebal dan gosok bintik-bintik di wajah dengan irisan tersebut dengan lembut dua kali sehari. Lakukan pengobatan ini sampai bintik-bintik memudar.
  • Pilihan lain adalah dengan memarut satu bawang merah dan terapkan pada kulit yang berbintik dua kali sehari. Untuk hasil terbaik, tambahkan satu sendok teh cuka. Ulangi pengobatan ini setiap hari selama satu atau dua minggu.

Pengobatan bintik-bintik di wajah ini merupakan cara terbaik untuk mengurangi tampilan wajah yang memiliki noda gelap. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Cara Menutupi Noda Di Wajah 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *