Bye-bye Pori-pori Besar!

pori-pori besar

Apakah Anda memiliki pori-pori besar di area wajah yang sangat mengganggu? Pori-pori yang terbuka biasanya ada di sekitar hidung dan pipi. Meskipun Anda bisa menutupinya sementara dengan make up, ada beberapa cara mengatasi dan menghilangkan pori-pori tersebut.

Pori-pori besar pada kulit akan berkontribusi terhadap timbulnya jerawat dan komedo, terutama bagi orang-orang dengan kulit berminyak. Sebum berlebih yang menyatu dengan kotoran dan bakteri cenderung menyumbat pori-pori. Dan lebih buruknya, komedo tersebut akan memperparah kondisi kulit dengan membuat pori-pori terlihat lebih besar dan terbuka. Sebelum membahas cara mengatasi pori-pori besar, ada beberapa informasi menarik dari Dr. Kiran Lohan, seorang dermatologis dan terapis wajah di India.

Mengapa Kulit Membutuhkan Pori-pori?

pori-pori besar

Pori-pori adalah sebuah jalan bagi minyak untuk mencapai permukaan kulit atau kulit lapisan teratas. Di bawah pori-pori ada kelenjar sebacus atau kelenjar minyak yang memproduksi sebum untuk membantu agar kulit tetap terjaga kelembabannya dan terlindungi. Saat diproduksi, sebum atau minyak akan berjalan menuju kanal dan keluar melalui pori-pori. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menjaga kulit agar tetap lembut dan kenyal secara alami.

Ada beberapa faktor yang membuat pori-pori besar muncul pada kulit Anda, di antaranya adalah:

Kulit Berminyak

Orang yang memiliki kelenjar keringat yang memproduksi sebum berlebih kebanyakan memiliki pori-pori besar. Pada dasarnya, dengan banyaknya sebum yang diproduksi akan membuat pori-pori Anda tersumbat dan mengakibatkan peradangan pada pori. Penumpukan sebum dan peradangan ini akan meregangkan dinding kanal pori-pori sehingga elastisitas pori Anda berkurang dan menjadi lebih besar.

Usia

Akibat dari menurunnya protein alami dalam tubuh yang berfungsi untuk memperbaiki tekstur dan warna kulit, kulit akan kehilangan elastisitas dan pori-pori besar muncul.

Seringnya Terpapar Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebih akan mengakibatkan kerusakan kolagen yang mengurangi elastisitas pori-pori yang memicunya menjadi lebih besar.

Selain faktor yang telah disebutkan di atas, kondisi pori-pori juga semakin parah karena faktor genetika, stres, dan rutinitas perawatan kulit yang buruk. Yang bisa Anda lakukan pertama adalah dengan tidak mencuci wajah secara berlebihan. Kedua adalah dengan memilih produk perawatan yang tepat dan lengkap khusus untuk merawat pori-pori Anda.

 

Perawatan Kulit Untuk Menutupi Pori-pori Besar

pori-pori besar

Untuk memaksimalkan perawatan yang Anda jalani, Anda bisa mencoba membuat beberapa perawatan dari bahan yang ada di sekitar Anda untuk meminimalkan tampilan pori-pori besar. Di antaranya adalah dengan bahan berikut ini:

Es Batu

pori-pori besar

Es batu menjadi salah satu obat rumahan yang simple alias sederhana untuk mengecilkan pori-pori. Es sendiri biasanya digunakan untuk mengecilkan tampilan pori-pori besar sebelum memakai make up.  Es juga dapat melancarkan sirkulasi dan meningkatkan kulit agar lebih sehat.

  • Bungkus beberapa buah es batu kecil dengan handuk bersih dan tahan selama 15-30 detik. Lakukan hal ini beberapa kali dalam sehari.
  • Anda juga bisa mencuci muka dengan air es yang dingin sekali sehari.
  • Untuk meningkatkan manfaat yang tinggi dari perawatan ini, Anda bisa menggunakan infused ice cubedicampur dengan mentimun, jus apel, the hijau atau dengan air mawar.

Putih Telur

pori-pori besar

Putih telur juga banyak digunakan untuk mengecilkan pori-pori besar karena kemampuannya dalam mengencangkan kulit. Masker putih telur juga bagus untuk mengatasi kelebihan minyak pada kulit berminyak.

  • Kocoklah putih telur dan oleskan secara merata pada wajah Anda. Biarkan hingga benar-benar kering kemudian bilas dengan air putih.
  • Anda bisa menggunakan potongan kertas tisu kemudian merendamnya ke dalam kocokan putih telur. Biarkan mengering dan bilas. Lakukan hal ini sekali atau dua kali dalam seminggu secara teratur.
  • Alternatif lainnya adalah dengan mencampur dua buah putih telur dengan perasan jus lemon. Oleskan secara merata hingga 10 menit atau sampai mengering. Kemudian bilas dengan air dingin.
  • Anda juga bisa mencampur putih telur dengan dua sendok makan jus lemon dan oatmeal. Biarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air dingin. Untuk hasil terbaik, lakukan hingga dua kali seminggu dalam beberapa minggu.

Cuka Sari Apel

pori-pori besar

Cuka sari apel memiliki sifat antimikroba dan anti peradangan yang membantu mengobati jerawat. Ia juga berfungsi sebagai zat dan toner alami bagi kulit yang mengancangkan kulit, mengurangi pori-pori besar, dan mengembalikan keseimbangan pH kulit.

  • Campurlah cuka sari apel organik dengan air dalam jumlah yang sama.
  • Rendam bola kapas dalam larutan dan terapkan di wajah secara merata.
  • Biarkan selam beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih.
  • Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan campuran ini setelah membersihkan wajah kemudian dapat dilanjutkan dengan menggunakan krim malam khusus untuk merawat pori-pori

Selain menggunakan bahan alami di atas, ada juga beberapa hal yang sebaiknya jangan Anda lakukan agar pori-pori besar Anda tidak semakin membesar. Hal tersebut di antaranya adalah:

  • Hindari penggunaan minyak rambut yang berlebihan sehingga tidak menetes di dahi
  • Kurangi frekuensi untuk menyentuh dan menggosok-gosok wajah
  • Mengubah gaya fashion Anda yang suka menggunakan syal atau bando yang tinggi dan bergesekan dengan wajah Anda
  • Hindari pijat wajah sembarangan karena gerakan pijat wajah yang salah akan meningkatkan ukuran pori-pori kulit

 

5 Cara Membuat Pori-pori Tampak Lebih Kecil

pori-pori besar

Apa sih yang sebenarnya membuat pori-pori kita menjadi besar? Debu, sisa makeup, sebum (minyak), dan sel kulit mati dapat menumpuk di dalam pori-pori kulit wajah kita dan membentuk sumbatan sehingga membuat lubang pori-pori kita menjadi lebih besar. Selain membuat pori-pori menjadi besar, sumbatan ini juga dapat memicu munculnya komedo, bahkan jerawat jika ada bakteri di sana. Jadi, cara mengecilkan pori-pori yang paling tepat dan efektif adalah dengan membuat pori-pori kita tetap bersih.

Bagaimana Caranya?

  1. Jaga wajah Anda tetap bersih. Yang paling perlu diperhatikan adalah, pastikan Anda sudah membersihkan wajah sebelum Anda tidur. Keringat, debu, dan sisa makeup yang masih menempel akan membuat pori-pori Anda tersumbat. Jika Anda memiliki kulit berminyak, pilihlah pembersih wajah bebas minyak dengan asam salisilat untuk membantu mengangkat sebum.
  2. Lakukan pengelupasan sel kulit mati secara rutin. Salah satu cara mengecilkan pori-pori dengan efektif adalah dengan menghilangkan sumbatan dan mengangkat sel kulit mati, yang bisa Anda lakukan dengan pengelupasan kulit secara berkala, baik menggunakanscrub, peel gel, dan sebagainya.
  3. Pilih makeup yang tepat. Menggunakan makeup base dan foundation memang dapat menutupi pori-pori yang besar, tetapi Anda juga tidak ingin keduanya menyumbat pori-pori Anda ‘kan? Solusinya, gunakan produk kosmetik yang bebas minyak dan non-comedogenic, serta gunakan bedak taburuntuk finishing makeup Anda.
  4. Hindari sengatan sinar matahari yang merusak. Paparan sinar ultraviolet dalam jangka waktu lama dapat merusak kolagen sehingga menyebabkan proi-pori membesar. Gunakantabir surya ataupun pelembab yang mengandung SPF 15 atau lebih tinggi dari itu jika Anda menghabiskan banyak waktu berada di bawah sinar matahari.
  5. Kurangi menyentuh wajah. Ini adalah cara mengecilkan pori-pori yang sangat penting Anda perhatikan. Terutama jika Anda memiliki jerawat, maka menyentuh ataupun memencet jerawat bisa membuat pori-pori Anda membesar secara permanen akibat peradangan yang terjadi.

Nah, ikuti 5 cara mengecilkan pori-pori di atas dan jangan lupa untuk menerapkan gaya hidup sehat agar kulit dan wajah Anda senantiasa bersih, segar, dan sehat. Good luck!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *