Cara Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat

skin.co.id bekas jerawat

Jerawat merupakan masalah kulit yang selalu menjadi masalah utama yang dialami hampir setiap orang. Salah satu masalah yang sangat sulit diatasi adalah menghilangkan bekas jerawat. Tahap menghilangkan bekas jerawat ini cukup membutuhkan waktu yang lama. Berikut beberapa tip perawatan kulit untuk membantu menghilangkan dan mencegah timbulnya jerawat.

Jenis Bekas Jerawat
Memiliki jenis kulit yang berjerawat dan berminyak tidak bisa lepas dari bekas jerawat, namun dengan perawatan kulit yang tepat dapat membantu menghilangkannya bahkan mencegah munculnya bekas jerawat. Sebelum membahas cara mengatasinya, ketahui dahulu jenis-jenis bekas jerawat sebagai berikut:
• Ice Pick Scars  : berbentuk bintik-bintik hitam dan merupakan jenis yang paling umum.
• Box Car Scars  : bekas luka tampak sedikit kaku dan biasanya muncul di area pipi dan pelipis.
• Rolling Scars   : bekas jerawat yang membuat kulit tampak bergelombang atau tidak rata.
• Hypertrophic : bentuknya tebal dan biasa disebut keloid.

Tip Merawat Kulit Berjerawat
Idealnya, melakukan perawatan kulit sebaiknya dilakukan sebelum munculnya bekas jerawat. Jenis atau metode perawatan untuk mengatasi bekas jerawat tergantung oleh jenis bekas jerawatnya dan jenis kulit Anda. Konsultasikan pada dokter kulit Anda terlebih dahulu untuk mengetahui jenis perawatan yang tepat.

Perawatan Kulit Untuk Mengatasi Bekas Jerawat
Menurut dokter kulit dari University of Western Ontario, Canada menjelaskan bahwa ada beberapa jenis perawatan kulit untuk mengurangi bekas jerawat yang mana terbagi menjadi 2 metode yaitu surgical and non-surgical treatment. Ada beberapa pilihan untuk surgical treatment, antara lain seperti microdermabrasion yang pernah dijelaskan pada artikel sebelumnya, photorejuvenation, scar revision, resurfacing (laser, dermabrasion). Metode microdermabrasion sangat efektif untuk mengatasi bekas jerawat dengan melakukan 6 sesi perawatan setiap 2 minggu sekali. Untuk metode photorejuvenation, menggunakan laser yang dilakukan setiap 3-4 minggu. Metode scar revision sangat efektif digunakan pada jenis bekas jerawat seperti ice pick scars dan box car scars.

Sedangkan untuk non-surgical treatment terdiri atas skin camouflage, topical creams or serum, dan chemical peels yang pernah dijelaskan sebelumnya. Yang dimaksud dengan skin camouflage atau cover-up adalah menutupi bekas jerawat dengan foundation atau bb cream. Namun, Anda tidak bisa menggunakan sembarang bb cream. Pilihlah bb cream khusus yang diformulasikan untuk kulit berjerawat dan berminyak. Topical creams atau acne serum bisa menjadi alternatif cara lain untuk mengurangi bekas jerawat.

Rawatlah dan cegah munculnya bekas jerawat pada wajah Anda dengan produk perawatan kulit berkualitas. Semoga Membantu!

 

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *