Cara Efektif Mencerahkan & Mengurangi Flek Hitam

skin.co.id cara efektif mencerahkan & mengurangi flek hitamKita sering disuguhkan dengan iklan perawatan kulit yang menampilkan wanita berkulit putih. Tampak cantik? Pasti! Tetapi harus Anda ingat bahwa sebagian besar wanita Indonesia terlahir dengan kulit sawo matang. Apakah cantik juga? Tentu! Apapun warna kulit Anda, selama dirawat dengan baik pasti akan membuat penampilan terlihat lebih berkesan.

Penyebab Timbulnya Flek Hitam?

  • Radikal bebas. Radikal bebas yang berasal dari asap kendaraan bermotor maupun asap rokokdi sekitar kita sangat mempengaruhi kondisi kulit. Jadi, idealnya merawat wajah penting dilakukan sejak dini.
  • Paparan Sinar Matahari. Nah, bagi yang sering beraktivitas di luar ruangan, khususnya pada pagi hingga siang hari, sebaiknya selalu simpan pelembab atau krim tabir surya di dalam tas, lalu oleskan pada wajah dan seluruh tubuh. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.Walau cuaca mendung, tetap gunakan tabir surya.
  • Bekas jerawat menjadi penyebab lain timbulnya flek hitam. Hindari jemari menyentuh jerawat. Untuk jerawat membandel segera konsultasi ke dokter kulit dan segera lakukan rutinitas perawatan kulit yang tepat.

Kiat Jitu Mengurangi Flek Hitam

Bukan sekedar ditutupi dengan concealar, BB Cream, dan foundation, tetapi segera lakukan sesuatu untuk membantu mengurangi flek hitam. Jika dibiarkan terlalu lama, flek tersebut kian menebal dan semakin sulit dihilangkan. Cek tip berikut.

Cara Alami

  • Oleskan tipis-tipis perasan air jeruk lemon pada kulit wajah, diamkan selama 10-15 menit. Ini berguna memudarkan warna flek dan mengangkat sel-sel kulit mati.
  • Rendam 1 kantong teh hijau di dalam air mendidih selama 3-5 menit, lalu peras ke atas kapas dan oleskan pada wajah, lakukan 2 kali sehari.
  • Pecahkan kapsul gel vitamin E dan oleskan tipis-tipis cairan tersebut tepat di atas flek.

Produk Perawatan Kulit

  • Pilih produk pelembab bervitamin guna menghaluskan kulit dan memudarkan flek.
  • Gunakan krim wajah yang mengandung Keratin kaya protein, khasiatnya bisa membantu mengatasi masalah flek wajah.
  • Oleskan body lotion yang mengandung shea butter yang mengandung SPF untuk membantu mencegah terjadinya hiperpigmentasi akibat sinar radiasi UV.

Perawatan Spesial

  • Jika flek sudah menebal dan menahun, ambil tindakan lebih lanjut dengan perawatan intensif dari dokter spesialis seperti Laser Treatment, Microdermabrasion, Chemical Peeling, Cryotherapy.
  • Plus, hindari kontak langsung dengan paparan sinar matahari selama seminggu. Gunakan topi lebar atau payung untuk menutupi wajah Anda.

 Tindakan Pencegahan

Seperti yang kita ketahui bahwa pencegahan lebih baik dari pengobatan, berikut tindakan untuk menjaga kulit tetap sehat:

  1. Perhatikan Menu Makanan. Sebaiknya hindari makanan berlemak, sebab semakin usia bertambah proses metabolisme pun semakin lambat. Tingkatkan asupan sayur dan buah-buahan yang kaya akan antioksidan.
  2. Minum Air Putih. Minumlah 8 gelas sehari agar kulit tetap terhidrasi. Sebagai alternatif, Anda juga bisa konsumsi teh hijau yang kaya akan antioksidan. Hindari minuman berkadar gula tinggi dan alkohol.
  3. Olahraga. Keringat yang keluar saat berolahraga bisa mendorong keluar lemak yang menyumbat pori-pori, menjaga sistem metabolisme, detoksifikasi, mengatasi stres yang melanda pikiran dan membuat tubuh kembali bugar.
  4. Istirahat Cukup.Kurangnya istirahat dapat menyebabkan kantung mata yang bisa membuat wajah terlihat kusam. Untuk itu, pastikan Anda tidur selama 8 jam sehari ya ladies.

Warna kulit cerah selalu enak dipandang. Namun, kondisi kulit tersebut bisa kita miliki selama mau menyediakan waktu untuk melakukan perawatan ekstra.Yup, semoga bermanfaat ya!

BACA JUGA: Apa Itu Chemical Peeling?

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *