Cara Menjaga Kulit Sehat dan Indah Setelah Berolahraga

Skin Care

Berolahraga sangat bagus untuk kesehatan dan untuk kepercayaan diri. Olahraga juga baik untuk kulit Anda. Olahraga membawa darah beroksigen ke wajah, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi stres yang selalu membuat Anda terlihat lebih baik. Mengurangi stres juga memiliki banyak manfaat anti-aging untuk kulit. Tetapi untuk memastikan bahwa kulit sehat Anda terlihat indah pasca olahraga Anda perlu mengikuti beberapa tips berikut yang dilakukan baik sebelum dan sesudah berolahraga.

Ikat Rambut Anda

Jika rambut Anda terkena wajah Anda saat Anda berolahraga, minyak alami pada rambut Anda ditambah semua produk styling yang Anda gunakan pada rambut akan mengenai wajah Anda ketika berkeringat. Hal ini dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya menyebabkan jerawat. Jadi ikat rambut Anda seperti ekor kuda atau “mencepolnya” sebelum berolahraga. Pastikan poni Anda juga tidak terkena dahi agar tidak menimbulkan jearawat pada dahi.

Skin.co.id Cara Jaga Kulit Anda Tetap Sehat dan Indah Setelah Berolahraga

Hapus Makeup dari Wajah Anda

Semua orang tahu bahwa tidur dengan memakai makeup akan menyebabkan jerawat, iritasi kulit, kemerahan, dan komedo. Jika Anda benar-benar tidak memiliki waktu, gunakan tisu pembersih wajah (facial cleansing wipes) untuk membersihkan makeup sebelum memulai olahraga rutin Anda, tetapi jika Anda memiliki lebih banyak waktu, bersihkan wajah Anda secara menyeluruh dengan air dan pembersih wajah. Gunakan pembersih yang lembut untuk membersihkan wajah sebelum berolahraga. Oleskan pelembab jika kulit Anda kering atau dehidrasi.

Meskipun mungkin akan sulit bagi Anda yang sudah terbiasa kemana-mana dengan makeup, tapi jangan sampai tidak percaya diri tanpa makeup Anda. Anda pergi ke gym tidak untuk fashion show bukan? Yang terpenting adalah kulit sehat Anda tetap terjaga dengan baik.

Gunakan Tabir Surya

Jelas jika Anda akan berolahraga di luar ruangan, Anda harus menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya yang dapat melindungi kulit Anda dari UVA dan UVB dan tidak hilang saat Anda berkeringat. Bahkan jika Anda berolahraga di dalam ruangan Anda perlu menggunakan tabir surya jika Anda berada di dekat jendela. Sinar UVA bisa menembus kaca dan menyebabkan penuaan kulit sehingga yang terbaik adalah untuk selalu dilindungi oleh tabir surya bahkan di dalam ruangan.

Ganti Pakaian Anda yang Terkena Keringat

Ini mungkin tampak sepele tapi banyak orang tidak mengganti pakaian olahraga mereka setelah berolahraga. Sebaliknya mereka mungkin tetap menjalankan pekerjaan, bertemu teman-teman, atau hanya memakai pakaian mereka terkena keringat sepanjang hari. Jika Anda memakai pakaian yang terkena keringat Anda sepanjang hari, hal tersebut bisa menyebabkan munculnya jerawat di punggung, dada dan folikulitis yang merupakan infeksi pada folikel rambut. Hal ini akan sangat mengganggu kulit sehat Anda. Masalah kulit ini dapat dengan mudah dicegah dengan melepas pakaian olahraga Anda dan mandi setelah berolahraga. Jika Anda tidak mandi di gym setidaknya mandilah segera ketika Anda tiba di rumah.

Mencuci Wajah Setelah Berolahraga

Sebelumnya, Anda disarankan untuk mencuci muka sebelum olahraga Anda dan sekarang  Anda juga disarankan untuk mencuci muka lagi setelah berolahraga. Anda pasti tidak ingin keringat dan mungkin kotoran juga debu yang telah terkumpul di wajah dan kulit sehat Anda saat berolahraga tertinggal. Sekali lagi Anda dapat menggunakan tisu pembersih wajah jika Anda tidak mempunyai cukup waktu, tapi lebih baik lagi mencuci muka dengan pembersih yang lembut karena membersihkan dengan tisu pembersih tidak efektif. Jika Anda tidak benar-benar membersikan wajah berolahraga, pori-pori yang tersumbat oleh keringat dan kotoran akan menyebabkan jerawat.

Skin.co.id Cara Jaga Kulit Anda Tetap Sehat dan Indah Setelah Berolahraga

Kulit Anda tidak akan terlihat indah jika berjalan-jalan dengan wajah berkeringat. Body wash atau sabun untuk tubuh tidak boleh digunakan pada wajah Anda karena dapat membuat kulit wajah Anda kering.

Gunakan Pelembab

Setelah membersihkan wajah dan mandi pastikan untuk menggunakan pelembab. Ingat bahwa produk untuk tubuh Anda tidak cocok untuk wajah Anda. Jika Anda menderita iritasi atau kemerahan oleskan serum yang bisa menenangkan wajah Anda sebelum menggunakan pelembab. Jika Anda menggunakan produk untuk mengatasi jerawat atau hiperpigmentasi (bintik hitam), ini adalah waktu yang tepat untuk menggunakannya. Ikuti dengan pelembab dan tabir surya, jika masih di luar ruangan masih panas karena sinar matahari.

BACA JUGA: Senam Wajah untuk Kulit Awet Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *