Cara Make Up Agar Tahan Lama Saat Musim Hujan

cara make up

Musim hujan telah tiba. Dan banyak deretan wanita yang bingung bagaimana cara make up yang bisa tahan lama saaat diguyur hujan. Pendiri The Blossom Khochhar Group of Companies, dr. Blossom Kochhar tidak menyarankan Anda menggunakan cara make up dengan pilihan warna terlalu terang dan mencolok. Sebaiknya gunakan pilihan warna make up yang natural dan ringan saja.

“Gunakan cara make up warna peach atau pink untuk lipstik dan eyeliner. Untuk cara make up perona pipi, gunakan juga warna ringan segar seperti warna pastel, jangan lupakan pelembab bibir agar tidak terlalu kering meski musim hujan,” ujarnya.

Agar wajah tetap bersih, sehat, serta tidak kering, dr. Blossom menyarakan agar Anda menggunakan pelembab pada siang dan malam hari. Agar cara make up tetap awet menempel di wajah, pilihlah alas bedak yang berkualitas.

 

Cara Cerdas Tampil Cantik di Musim Hujan

cara make up

Musim hujan masih berlangsung hingga saat ini. Kondisi cuaca dan angin juga masih sering berubah-ubah. Cuaca dingin seperti ini membuat Anda lebih waspada untuk menjaga kesehatan tubuh Anda tentunya. Cuaca di musim ini juga memiliki kecenderungan untuk meninggalkan kulit kusam dan kering. Ikuti tips kecantikan berikut untuk memastikan Anda memiliki kulit cantik  bersinar yang menemani Anda melalui musim ini.

Gunakan Produk yang Merangsang Aliran Darah

Sirkulasi darah bisa terganggu akibat kurang tidur, merokok, dan masalah genetika. Hal ini adalah alasan terbesar yang berkontribusi terhadap kulit kusam dan pucat. Untungnya, ada bahan-bahan seperti peppermint dan ginseng yang mampu bekerja untuk memberikan dorongan yang sangat dibutuhkan untuk melebarkan pembuluh darah yang memungkinkan kulit untuk menampung lebih banyak darah yang kaya nutrisi.

Perbaiki Jaringan Lemak yang Rusak

Ketika kulit Anda terlihat kusam, hal ini diakibatkan karena adanya jaringan lemak yang rusak. Lapisan lemak yang rusak menciptakan retakan yang terlihat di dalam kulit dan membuatnya tidak dapat menahan kelembaban diantara sel-sel di permukaan kulit.

Menggunakan krim khusus akan membantu Anda untuk memperbaiki dan mengembalikan energi kulit. Krim ini mengandung banyak nutrisi dan memberikan kelembapan sehingga membuat kulit tampak supple dan lembap. Selan itu, juga membuat lapisan pelindung yang secara efektif membantu meningkatkan penetrasi zat-zat nutrisi. Pastikan untuk mengoleskan pelembab atau minyak dengan gerakan melingkar untuk meningkatkan aliran darah.

Exfoliate

Kulit bermasalah adalah hasil dari penumpukan sel kulit mati. Cara tercepat untuk menghilangkan sel-sel kulit mati adalah pengelupasan secara teratur.

Gunakan peeling wajah 2-3 kali seminggu untuk menghaluskan tekstur kulit dan menghilangkan penumpukan sel-sel kulit mati. Kulit akan terlihat segar dan bercahaya. Dengan menghindari peeling alami dengan butiran kasar yang dapat mengikis kulit akan sangat membantu dalam mencegah iritasi.

 

Menjaga Kecantikan Kulit Saat Musim Hujan

cara make up

Tetap tampil cantik saat musim hujan bukan hanya sekadar menggunakan baju dan riasan yang tepat, namun juga menjaga kecantikan kulit. Semakin dingin cuaca, makin besar kemungkinan kulit untuk menjadi kering. Kulit kering bukan hanya akan mengganggu penampilan Anda, namun juga akan menyebabkan kulit berisiko gatal-gatal dan iritasi.

Untuk menjaga kecantikan kulit di musim hujan, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut:

  1. Jangan terlalu lama berendam saat mandi pagi. Meskipun Anda menggunakan air hangat, berendam berlama-lama akan menyebabkan turunnya suhu di atas permukaan kulit, sehingga menutup pori-pori, dan pada akhirnya akan menyebabkan kulit lebih kering.
  2. Hindari produk pembersih kulit atau kosmetik kulit yang bersifat keras seperti sabun, penyegar atau astringen yang umumnya beralkohol. Terlebih bagi Anda yang berjenis kulit kering.
  3. Setelah mandi, keringkan kulit dengan menepuk-nepuknya menggunakan handuk yang lembut.
  4. Aplikasikan lotion pelembab kulit secara merata.
  5. Meski cuaca mendung, hujan turun, dan matahari tertutup awan, bukan berarti ia tak bersinar. Ia tetap ada dan memancarkan sinar ultraviolet sepanjang siang hari. Jadi, jangan sesekali mengabaikan efek buruk sinar ultraviolet ini. Selalu gunakan tabir surya dengan SPF, baik pada wajah maupun tubuh. Sesuaikan dengan waktu intensitas Anda beraktivitas di luar ruangan.
  6. Usahakan untuk tidak menggunakan make up dengan alas bedak atau foundation tebal. Pasalnya, hal ini justru akan mengakibatkan pori-pori tak bisa bernapas. Semakin tertutup bahkan sulit beradaptasi dengan suhu sekitar.
  7. Pastikan cadangan air dalam jaringan kulit cukup tersedia. Konsumsi air putih secara cukup untuk membantu menjaga kelembapan kulit Anda.
  8. Selain konsumsi air putih yang cukup, Anda diperkenankan untuk mencukupi asupan buah dan sayuran hijau.

 

Riasan Make Up yang Awet Meski Diguyur Hujan

cara make up

Meskipun tidak terlihat, kulit wajah dan rambut mengalami perubahan selama musim hujan. Ini diindikasikan dari kelembaban kilut yang cenderung berkurang, bibir pecah-pecah dan kering, kulit pucat, dan mungkin berimbas pada rambut dan banyak lagi hal lainnya.

Untuk yang sehari-harinya beraktivitas dengan menggunakan make up lengkap, pada musim hujan disarankan untuk memilih make up yang tahan terhadap air agar riasan tidak mudah luntur. Berikut beberapa tip make up untuk Anda agar tetap cantik di musim hujan:

  1. Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembab wajah untuk menjaga kesimbangan dan kelembapannya.
  2. Lanngkah make up selanjutnya, gunakan alas bedak atau foudation untuk menutupi kekurangan pada wajah serta meratakan warna kulit dan menghaluskan permukaan kulit.
  3. Riasan make up terlihat kurang saat Anda belum mengaplikasikan blush on agar pipi tampak merona, sapukan tipis dari tulang pipi ke bawah cuping hidung.
  4. Aplikasikan juga make up dengan bedak two way cake, baurkan secara merata pada wajah hingga ke leher.
  5. Lanjutkan riasan make up dengan mengaplikasikan eye shadow dengan warna-warna cerah seperti soft orange atau warna-warna hangat, agar riasan make up mata lebih hidup dan membuat mata lebih bersinar.
  6. Gunakan make up maskara waterproof agar riasan mata tidak luntur.
  7. Saat musim hujan, biasanya bibir menjadi kering. Sebelum memakai lipstik, oleskan lipcare atau lipbalm untuk menjaga bibir tetap lembap.

 

Tetap Cerah Saat Musim Hujan

cara make up

Saat cuaca mendung, kita cenderung mengantuk maupun bosan. Mood bisa turun karena redupnya cuaca. Namun Anda bisa menerapkan beberapa hal ini untuk menjaga semangat anda tetap cerah bahkan saat mendung gelap sekalipun.

Gunakan Pakaian Berwarna Cerah

Pakailah pakaian dengan warna shocking dan bold. Hindari warna-warna tanah karena akan meredupkan penampilan anda. Warna seperti kuning, oranye, hijau stabilo, biru langit, dapat membantu Anda menemukan semangat Anda yang tertelan cuaca mendung. Kombinasikan pakaian yang bermotif dengan yang polos. Jangan lupa untuk menggunakan aksesoris yang sesuai dan tidak terkesan terlalu ramai.

Mata atau Bibir

Untuk dandanan, pilih salah satu. Mata anda atau bibir Anda. Pertegas mata Anda dengan warna-warna yang natural namun tidak mengesankan Anda pucat atau bahkan horor. Gunakan eyeliner untuk mempertegas garis mata Anda dan eyeshadow yang mampu menghidupkan tatapan mata Anda. Apabila Anda memilih bibir sebagai pusat perhatian, jangan menggunakan warna yang pucat atau natural. Gunakan warna merah untuk meningkatkan aura tegas Anda.

Pasang Senyum

Walau sederhana, tersenyum membantu Anda untuk optimis saat cuaca hujan. Hidupkanlah hari-hari anda dengan sejenak memberikan humor ringan bersama teman. Memulai hari dengan senyuman dapat membantu meningkatkan optimisme dan semangat positif meski hujan tengah mengiringi hari-hari Anda.

 

5 Items Andalan Tampil Stylish Saat Musim Hujan

cara make up

Berhubung sekarang sudah memasuki musim penghujan, sudah saatnya Anda mulai mengobrak-abrik kembali beberapa koleksi jaket atau sweater kesayangan Anda dari lemari. Di musim hujan dengan cuaca dingin yang menusuk ini, Anda sangat membutuhkan outerwear sebagai penghangat tubuh sekaligus tameng untuk menghindari basah kuyup hujan deras. Apalagi jika berada di dalam kantor atau kampus selama berjam-jam menggunakan AC, tentu akan dingin sekali! Namun sayangnya, Anda juga akan dipusingkan dengan membawa sekelumit barang-barang tambahan seperti payung, baju atau bahkan sandal cadangan yang pastinya bikin tambah ribet!

Nah, jangan biarkan kebiasaan Anda untuk tampil stylish tiba-tiba hilang karena harus berbalut jaket super tebal dengan kondisi sepatu yang basah. Karena ada beberapa item terkini yang justru didesain dengan nyaman dan keren, sehingga tidak membuat Anda terlihat out of style saat musim hujan.

1. Leather Jacket

Leather Jacket atau jaket kulit pada umumnya memiliki sifat bahan yang tahan air sehingga tetap aman buat Anda pakai hujan-hujanan, apalagi jika harus terpaksa berlari-larian dari parkiran menuju gedung kantor atau kampus. Selain itu, meskipun cukup tipis, jaket ini tetap dapat diandalkan sebagai penghangat tubuh karena pori-porinya yang cenderung kecil dapat menahan udara dingin untuk masuk ke dalam baju. Untungnya, jaket kulit saat ini sudah sah dipadankan dengan kemeja atau simple dress sehingga Anda tetap dapat tampil formal dan rapi di hadapan teman sekantor. Jadi, penggunaan jaket kulit kini tidak hanya menjadi milik para anak motor saja!

2. Parka

Mungkin sebagian dari kita malah sudah sangat sering menggunakan Parka, dikarenakan outerwear yang satu ini memang tak lama ini melejit di dunia fashion. Parka biasanya berbahan tebal dan empuk karena sering digunakan pada musim winter di luar negeri. Sebagian dilengkapi dengan hoodie yang menggunakan bahan fur. Namun di Indonesia, Parka yang digemari justru terbuat dari bahan taslan yang ringan dan anti air sehingga cocok digunakan pada musim hujan.

Dikarenakan desain Parka yang cenderung ‘gombrong’ dan memiliki panjang hingga selutut dapat membuat tampilan Anda menjadi ‘penuh’, ada baiknya jika Parka dipadankan dengan skinny jeans agar Anda dapat menonjolkan bentuk kaki yang lebih ramping.

3. Waterproff Sock

Wah terobosan baru nih! Apalagi buat Anda wanita-wanita yang lebih suka tampilan sporty dengan menggunakan sneakers atau boots untuk keseharian.

Musim hujan sekarang bukan lagi menjadi penghalang Anda untuk tetap menggunakan sepatu bertali dalam beraktivitas. Anda tinggal menggunakan kaos kaki waterproof supaya kondisi kaki Anda tetap kering, tidak kedinginan, dan terhindar dari penyakit kulit yang bandel. Pilih yang bahannya wool dan tak perlu tebal karena biasanya kaos kaki model ini juga windproof alias anti angin. Kalau begini sih enaknya dibarengi dengan pemakaian sepatu yang anti air juga supaya lebih aman. Nah, sekarang Anda tidak perlu lagi deh repot-repot bawa sendal jepit cadangan!

4. Transparant Bag

Tas juga jadi barang yang penting untuk dilindungi di musim hujan. Kalau tas Anda tidak berbahan waterproof, beberapa barang berharga seperti handphone, charger/powerbank, berkas-berkas, atau dompet bisa tidak terselamatkan karena terkena air hujan. Tak hanya itu, kualitas bahan tas Anda juga dapat menurun dan lama-lama bisa rusak.

Nah, untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan alternatif tas plastik seperti ini. Tas ini berbahan cukup tebal sehingga tidak mudah rusak serta tetap elastis. Tas ini bahkan dapat Anda buat sendiri lho! Tinggal cari bahan PVC Vinyl Plastic dan desain sendiri sesuai kesukaan Anda. Dengan tas transparan ini, Anda juga lebih dimudahkan untuk mencari barang-barang yang dibutuhkan tanpa harus sibuk merogoh semua isinya.

5. Raincoat

Nah, option terakhir untuk Anda yang memang harus menggunakan jas hujan karena seharian mengendarai motor? Tidak perlu khawatir! Anda tetap bisa tampil stylish dan kece dengan transparent raincoat ini. Pilih yang berwarna bening, supaya Anda tetap dapat menunjukkan outfit of the day Anda dan tidak sia-sia tampil well-prepared. Namun, raincoat ini jarang sekali didesain sepanjang mata kaki karena dapat mengganggu pergerakan kaki pemakainya. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memadankannya dengan menggunakan boots setinggi lutut sehingga dapat menutupi bagian celana panjang Anda agar terhindar dari genangan air.

 

Setelah mengetahui cara make up dan perawatan kulit tersebut, apakah Anda akan mencobanya? Selalu tampil cantik di musim hujan bisa Anda dapatkan dengan terus menggunakan produk perawatan yang tepat dan asupan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *