Cara Memakai Lipstik yang Benar Biar Nggak ‘Beleber’

cara memakai lipstik

Bagi wanita, benda mungil satu ini sangat wajib hukumnya ada di tas mereka. Sebagai pemanis bibir dan menjadikan penampilan semakin memesona, tidak heran jika semua wanita selalu membawanya kemana pun pergi.

Lipstik ini menjadi andalan kosmetik para wanita. Memang cara memakai lipstik ini terbilang sangat mudah dibanding dengan jenis kosmetik lainnya, misal seperti eyeliner, mascara, ataupun eyeshadow. Tapi masih banyak diantara kaum hawa ini yang belum begitu paham cara memakai lipstik yang benar, biar nggak ‘beleber’. Masih bingung kan sebelum pakai lipstik harus didahului dengan produk apa saja? Yuk intip tips dari kita tentang bagaimana cara memakai lipstik yang benar, seperti:

1. Awali dengan Membersihkan Bibir

cara memakai lipstik

Lipstik akan menempel pada bibir yang bersih dan sehat. Pastikan tidak ada kulit bibir yang terkelupas sebelum memakai lipstik. Kalau kulit Anda mudah kering, oleskan madu atau campurkan gula dengan minyak zaitun pada bibir yang kering secara rutin, ya.

2. Lalu Lanjutkan dengan Pelembab Bibir

cara memakai lipstik

Cara memakai lipstik yang benar adalah mengawali dengan pelembab bibir. Karena bibir yang kering bisa membuat lipstik tampak pecah. Aplikasikan  pelembab bibir tipis saja, kalau terlalu tebal, ini bisa membuat bibir menjadi terlihat basah minyak. Terkadang hal ini juga malah membuat warna lipstiknya sendiri tidak muncul karena pelembab bibir yang terlalu tebal.

3. Bentuk Garis Bibir

cara memakai lipstik

Cara memakai lipstik yang benar selanjutnya adalah membuat garis dengan pensil bibir. Membuat garis bibir terlebih dahulu ini tentu membantu Anda saat mengaplikasian lipstik. Selain itu, dengan adanya garis bibir, lipstik Anda tidak akan ‘beleber’ atau melebihi garis bibir Anda. Pakailah warna pensil bibir yang warnanya mendekati warna lipstik yang akan Anda pakai.

4. Tempelkan Tisu Kering

cara memakai lipstik

Cara memakai lipstik yang benar dengan menggunakan tisu kering. Biasanya saat menggunakan lipstik, kita terlalu berlebihan mengaplikasikannya. Yang terjadi bibir terlihat penuh. Untuk mengatasinya tempelkan di tengah-tengah bibir dan tekan sedikit saja dengan tisu kering. Ini akan membantu setidaknya lipstik yang berlebih tadi sedikit berkurang dan jadi rata.

5. Pakailah Sikat Bibir

cara memakai lipstik

Cara memakai lipstik yang benar dengan memakai sikat bibir. Sikat khusus bibir ini akan memudahkan Anda saat mengoleskan lipstik di bibir, jadi lebih rapi. Mengoles lipstik dengan lip brush juga sekaligus mengurangi minyak berlebih yang menempel.

 

 

7 Jenis Lipstik yang Harus Anda Pahami

cara memakai lipstik

Well, setelah tahu bagaiaman cara memakai lipstik yang benar biar nggak ‘beleber’, saatnya Anda juga tahu jenis lipstik yang ada. Semakin berkembangnya jaman, produsen konsumsen tepatnya lipstik, banyak sekali mengeluarkan berbagai macam jenis lipstik dengan warna-warna yang membuat Anda ingin memiliki semuanya.

Anda bisa memilih lipstik dengan hasil matte, glossy, atau bahkan dengan lipstik metalik. Dari bebagai jenis lipstik yang ada, apakah Anda tahu tahu perbedaannya?

1. Dengan Hasil Matte

cara memakai lipstik

Buat yang tidak terlalu sudah dengan hasil akhri yang berkilau, Anda bisa menggunakan jenis lipstik yang satu ini, yaitu matte. Cara memakai lipstik yang satu ini biasanya memiliki pigmentasi yang cukup baik sehingga pas untuk Anda yang ingin warna lipstiknya terlihat nyata di bibir indah Anda.

2. Dengan Hasil Glossy

cara memakai lipstik

Yang mau ke acara special, lipstik dengan hasil glossy ini sangat dianjurkan. Lipstik ini memang sudah terkenal sejak dulu. Hasil akhirnya yang mengilap bisa membuat wajah terlihat lebih segar dan muda. Sayangnya, karena lipstik ini mengandung pelembab yang cukup banyak, lipstik ini pun mudah luntur ketika dipakai.

3. Dengan Hasil Metalic

cara memakai lipstik

Buat Anda yang ingin tampil beda, lipstik metalik bisa jadi pilihan. Pewarna bibir yang satu ini memberikan hasil akhir mengilap dan berkilau, karena biasanya mengandung shimmer atau glitter. Pigmentasinya yang sangat baik akan memberi kesan bold dan keren pada bibir Anda.

4. Dengan Hasil Satin

cara memakai lipstik

Warna yang satu ini berada di antara lipstik dengan hasil akhir creamy dan matte. Lipstik ini pun terasa lembut ketika dipakai di bibir. Hasil akhirnya yang semi-matte dan memancarkan sedikit kilau di bibir. Cocok untuk Anda yang ingin memakai lipstik dengan hasil yang tidak akan membuat bibir Anda kering.

5. Dengan Hasil Sheer

cara memakai lipstik

Suka dengan penampilan yang natural? Warna ini solusinya! Ingin memakai lipstik meskipun tetap dengan penampilan natural, bisa Anda aplikasikan warna sheer. Warnya yang cenderung transparan akan membuat wajah terlihat lebih segar, dan cocok sekali untuk dipakai sehari-hari.

6. Dengan Hasil Velvet

cara memakai lipstik

Anda pernah mendengar lip cream velvet, kan? Lipstik yang satu ini merupakan perpaduan antara lipstik matte, creamy, dan glossy, sehingga terlihat seperti memakai lipstik semi-matte. Serunya, lipstik yang satu ini tidak membuat bibir jadi kering!

7. Dengan Hasil Creamy

cara memakai lipstik

Maksudnya bukan lip cream, yah. Tapi ini adalah lipstik yang memberi hasil akhir yang terlihat creamy. Umumnya, lipstik dengan hasil akhir creamy mengandung vitamin E dan shea butter, sehingga dapat melembapkan bibir. Hasil akhirnya pun terlihat halus dengan sedikit efek mengilap.

 

Wajib Tahu Bahan Apa Saja yang Ada di Dalam Lipstik Anda!

cara memakai lipstik

Saat Anda membaca label pada makanan tentunya Anda tidak akan membeli makanan yang mengandung racun, pengawet buatan, ataupun bahan berbahaya lainnya bukan? Sama halnya dengan lipstik. Bahan-bahan yang terkandung dalam lipstik akan sangat mudah diserap ke dalam tubuh melalui bibir. Menurut hasil statistik, kebanyakan wanita mampu menelan hingga 2,5 kg lipstik setiap tahunnya.

Sebagian besar bahan yang terkandung dalam lipstik tidak berbahaya. Hampir 90% bahan utama pada lipstik tidak lebih ofensif dari minyak jarak, lilin lebah dan lilin lainnya. Namun, ada juga beberapa bahan lain yang beracun. Jadi sebelum memilih lipstik, ada beberapa bahan lipstik yang wajib Anda ketahui, di antaranya adalah:

Serangga

Pigmen yang digunakan dalam lipstik merah biasanya terbuat dari bangkai serangga yang dihancurkan, seperti bug cochineal, untuk lebih tepatnya. Bug Cochineal, serangga yang hidup di kaktus, direbus dalam larutan natrium karbonat atau dalam amonia untuk mengeluarkan warna merah di dalamnya. Mereka kemudian dikeringkan menjadi bubuk dan ditambahkan ke lipstik Anda.

Bubuk Cabai

Satu lagi bahan yang umum digunakan dalam lipstik adalah bubuk cabai. Kekenyalan yang berasal dari lipstik berasal dari capsaicin, senyawa yang ditemukan dalam cabai dan senyawa yang menciptakan panas, sensasi terbakar ketika Anda memakannya. Capsaicin tidak berbahaya, tetapi bertindak sebagai iritan kulit ringan dan itu membuat kulit Anda membengkak. Hal inilah yang terkadang membuat bibir Anda terlihat lebih gemuk.

Sisik Ikan

Lipstik yang memiliki shimmer terbuat dari bahan seperti sisik ikan. Para ilmuwan sedang berusaha  untuk mencari alternatif sintesis sebagai pengganti serangga dan sisik ikan. Meskipun sampai saat ini mereka belum menemukan cara yang efektif biaya untuk menciptakan merah tua dari bug cochineal dan shimmer halus dari sisik ikan .

Timbal Plastik

Meskipun penggunaan timbal plastik dalam lipstik sudah dilarang bertahun-tahun yang lalu, bahan ini masih ditemukan di banyak lipstik. Timbal yang masuk dalam tubuh dapat menyebabkan masalah neurologis. Timbal plastik memang tidak dengan sengaja digunakan dalam lipstik, namun bahan ini datang dalam bahan-bahan lainnya. Hal ini masih menjadi perhatian dunia, meskipun dalam satu studi yang dilakukan pada tahun 2009 menemukan bahwa hampir setiap lipstik yang diuji mengandung jejak timbal.

Methylparaben

Methylparaben adalah pengawet yang telah dilarang untuk digunakan dalam kosmetik di banyak negara di Eropa. Namun kenyataan membuktikan bahwa pengawet ini masih ada dalam bahan lipstik di beberapa negara lain. Methylparaben dapat diserap oleh kulit dengan sangat mudah dan telah dikaitkan dengan timbulnya kanker dan mengganggu sistem endokrin.

Propylparaben

Propylparaben, yang merupakan salah satu anggota dari pengawet paraben yang sering digunakan dalam lipstik dan kosmetik lainnya. Paraben dianggap mampu mengganggu sistem hormonal dan dapat mengiritasi kulit serta menyebabkan reaksi alergi.

Tokoferol Asetat

Tokoferol asetat digunakan dalam kosmetik sebagai alternatif untuk pengganti alami Vitamin E karena dianggap lebih murah dan bekerja lebih lama. Tokoferol asetat telah diketahui menyebabkan iritasi pada kulit.

Retinyl Palmitate

Retinyl palmitate adalah salah satu bahan disintesis lipstik yang digunakan sebagai pengganti vitamin A. Meskipun zat ini adalah salah satu yang juga dinilai tidak terlalu berbahaya, beberapa ahli medis percaya bahwa zat ini dapat menyebabkan kanker dan kemandulan pada wanita.

Jika Anda khawatir tentang bahan yang benar-benar terdapat dalam lipstik Anda, Anda bisa membeli  lipstik organik atau lipstik yang tidak menggunakan salah satu bahan kimia yang berpotensi membahayakan. Meskipun begitu, Anda harus pintar pula dalam memilih lipstik terbaik untuk bibir Anda sesuai warna kulit, penampilan, dan acara. Berikut ini panduannya:

  • Tentukan warna dan nada kulit Anda. Fokuslah pada warna rahang Anda.
    Kulit yang normal akan terlihat sangat pucat dan akan sangat mudah terbakar sangat mudah. Anda mungkin juga memiliki bintik-bintik dan kemerahan. Kulit yang berwarna cerah ketika berada di bawah sinar matahari akan terasa terbakar dan menjadi gelap.
  • Pilih warna bibir yang tepat sesuai dengan warna kulit Anda
    Untuk warna kulit normal, Anda bisa menggunakan lipstik dengan warna merah menyala dan berani. Untuk warna kulit yang gelap, Anda bisa memilih warna berry dan merah atau hindari warna lipstik yang terang dan pucat. Untuk warna kulit yang cerah, Anda bisa menggunakan warna pink, oranye, ataupun warna lembut lainnya.

Semoga bermanfaat!

 

BACA JUGA: 12 Bahan Memerahkan Bibir Yang Hitam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *