Cara Membersihkan Pori-pori Tersumbat

skin.co.id Cara Membersihkan Pori-pori Tersumbat

Pori-pori di wajah Anda sering kali tersumbat karena tumpukan minyak, sel-sel kulit kering atau mati, dan kotoran yang menempel di wajah. Tak jarang pula, pori-pori dapat tersumbat saat kulit meradang akibat kelebihan sel-sel darah putih.

Menjaga pori-pori tetap bersih sangatlah penting karena hal tersebut merupakan upaya pencegahan timbulnya komedo dan jerawat. Untuk menghindari pori-pori Anda tersumbat, maka janganlah sampai Anda meninggalkan perawatan kulit harian. Eksfoliasi atau pengelupasan akan membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati, minyak, serta kotoran-kotoran lainnya yang menyebabkan pori-pori tersumbat. Ada beberapa bahan alami yang dapat membantu Anda menyingkirkan pori-pori tersumbat sehingga Anda bisa mendapatkan kulit lembut dan tampak lebih muda.

skin.co.id Cara Membersihkan Pori-pori Tersumbat

Madu

Madu sangatlah baik untuk mencegah pori-pori tersumbat. Madu dapat mengurangi kelebihan minyak pada kulit, mengencangkan pori-pori, dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Ada beberapa cara dalam menggunakan madu untuk mengatasi masalah di pori-pori Anda, di antaranya adalah:

  • Oleskan madu mentah di area kulit yang bermasalah. Kemudian pijat dengan lembut dan biarkan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan hal ini setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu.
  • Campurkan tiga sendok makan madu dan dua sendok teh bubuk kayu manis. Oleskan campuran ini pada daerah pori-pori yang Anda inginkan. Biarkan selama 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan cukup satu hingga dua kali dalam seminggu untuk menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menempel di pori-pori Anda.
  • Menjadikan madu sebagai masker wajah. Anda dapat membuat masker wajah dengan campuran madu, yoghurt, dan minyak zaitun. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan masker wajah ini sekali seminggu untuk menghilangkan kotoran dan menutrisi kulit Anda.

Lemon

Lemon juga dapat digunakan untuk menjaga kulit Anda bebas dari pori-pori tersumbat. Asam sitrat yang ada dalam lemon dapat membantu pengelupasan kulit dan membersihkan kotoran dan minyak yang menyumbat pori-pori. Ada beberapa cara dalam menggunakan lemon untuk mengatasi masalah di pori-pori Anda, di antaranya adalah:

  • Terapkan perasan jeruk lemon segar pada daerah kulit yang Anda inginkan dan gosoklah secara lembut selama lima hingga sepuluh menit. Bilas dengan air hangat, keringkan dan kemudian gunakan pelembab ringan.
  • Buatlah scrub wajah dengan mencampur satu sendok makan jus lemon, satu sendok garam, yogurt, dan madu. Oleskan campuran tersebut pada daerah wajah terutama hidung dan gosok-gosok selama lima menit. Diamkan selama 10 menit dan bilas.
  • Anda juga bisa menggunakan kulit lemon sebagai pembersih yang lembut. Untuk mencegah pori-pori tersumbat, Anda bisa menggosok-gosokkan kulit lemon tersebut dan kemudian membilasnya dengan air hangat.

Baking Soda

Baking soda adalah bahan eksfoliasi lembut yang dapat membersihkan pori-pori dengan mengangkat sel-sel kulit mati, kotoran-kotoran lainnya. Selain itu, baking soda akan membantu mengatur keseimbangan pH kulit agar terlihat muda dan halus.

  • Anda bisa membuat pembersih wajah dengan mencampur dua teh baking soda dan satu sendok teh air. Campur bahan bersama hingga membentuk pasta yang lembut. Oleskan pasta pada wajah Anda dan pijat secara lembut dengan gerakan melingkar selama beberapa menit. Biarkan selama sekitar lima menit, dan kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan.
  • Anda dapat membuat campuran dengan dua sendok makan baking soda, satu sendok teh bubuk kayu manis, perasan setengah lemon, dan lima sendok makan madu. Campur semua bahan kemudian gunakan pada wajah Anda. Diamkan selama lima menit kemudian bilas.

Selain menggunakan bahan alami di atas, Anda bisa menggunakan beberapa produk perawatan kulit khusus untuk membersihkan pori-pori tersumbat. Kami perkenalkan rangkaian perawatan untuk membersihkan pori-pori tersumbat & komedo terbaik MINI PORE CLEANSET.

perfect-pore-clean

Temukan bagaimana cara penggunaan mini pore cleanset ini dalam video berikut ini:

Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Cara Menghilangkan Komedo & Mengecilkan Pori-pori 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *