Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam yang muncul pada wajah atau yang disebut juga dengan hiperpigmentasi disebabkan oleh kelebihan produksi melanin. Debu yang menempel pada kulit, serta sisa-sisa makeup yang belum dihapus dan bercampur dengan sebum juga dapat menimbulkan flek hitam pada kulit. Dengan rutinitas perawatan kulit yang tepat dan benar dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi flek hitam. Berikut 5 hal penting dalam rutinitas perawatan kulit yang wajib Anda lakukan:

  1. Membersihkan wajah. Pilih sabun pembersih sesuai dengan jenis kulit Anda. Untuk kulit berminyak dan kombinasi, pilih sabun pembersih berbentuk gel atau foam. Jika jenis kulit Anda kering, pilih yang berbentuk oil atau crème. Sedangkan untuk jenis kulit yang berjerawat sebaiknya pilih sabun pembersih yang mengandung glycolic acid, lactic acid, atau salicylic acid. Pastikan untuk selalu membersihkan wajah secara rutin dua kali sehari setiap pagi dan malam hari. Dan jangan lupa untuk membersihkan makeup sebelum tidur. Tidur dengan makeup yang masih menempel pada wajah dapat menyebabkan jerawat dan muncul flek-flek hitam.
  2. Gunakan toner setelah membersihkan wajah. Toner ini membantu mengangkat kotoran yang tidak ikut terangkat saat membersihkan wajah dengan sabun pembersih. Toner ini akan membantu melembutkan kulit dan mempersiapkan kulit Anda sebelum Anda mengoleskan pelembab dan serum.
  3. Melembabkan kulit dengan pelembab yang sesuai untuk jenis kulit Anda. Kulit Anda butuh pelembab untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Pilih pelembab yang mengandung bahan-bahan yang melembabkan dan menutrisi kulit seperti hyaluronic acid, glycolic acid.
  4. Gunakan serum setiap hari. Mengaplikasikan serum merupakan rutinitas perawatan kulit yang wajib dilakukan bagi yang bermasalah dengan flek hitam pada kulit wajah. Cari serum yang mengandung kandungan vitamin C, glycolic acid, retinol, dan kojic acid. Bahan glycolic acid berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati (exfoliation) dan mengurangi kelebihan melanin pada lapisan epidermis kulit. Sedangkan retinol, kojic acid, dan vitamin C berguna untuk mencegah terbentuknya flek-flek hitam.
  5. Selalu gunakan tabir surya. Seringnya terpapar sinar matahari merupakan salah satu penyebab munculnya flek-flek hitam pada kulit. Untuk mencegahnya, lindungi kulit Anda dari paparan sinar matahari dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Oleskan atau semprotkan tabir surya setiap hari setelah Anda melembabkan kulit.

Untuk mendapatkan kulit bersih tanpa noda atau flek hitam tidak bisa Anda dapatkan dalam waktu sekejap. Butuh cukup waktu sekitar beberapa minggu untuk mengembalikan kecerahan kulit Anda. Jadi bersabarlah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *