Cara Menjaga Kulit Agar Tetap Cantik Saat Hamil

skin.co.id Cara Menjaga Kulit Cantik Anda Saat Hamil

Berita kehamilan merupakan hal yang membahagiakan bagi seorang wanita. Akan tetapi  di sisi lain, seiring membesarnya perut Anda akan ada banyak perubahan fisik yang akan terjadi. Selain perubahan ini, banyak wanita hamil juga mengalami perubahan kulit yang signifikan saat hamil. Maka dari itu, perawatan kulit Anda harus benar-benar diperhatikan agar kulit tetap cantik saat hamil. Perubahan kulit yang paling umum terjadi di antaranya adalah:

Stretch Mark

Stretch mark adalah garis-garis merah muda atau kemerahan yang ada di bawah perut. Stretch mark ini hampir terjadi pada 80-90% dari semua wanita hamil.

Chloasma

Chloasma adalah bercak atau garis berwarna gelap yang terdapat di wajah yang dialami wanita hamil akibat perubahan hormon, disebut mask of pregnancy. Pigmentasi ini dikarenakan produksi melanin berlebih oleh sel pigmen melanocyte. Daerah yang paling umum terkena adalah dahi, pipi bagian atas, hidung dan dagu.

Jerawat

Sekresi hormon ekstra yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih sehingga memicu timbulnya jerawat.

Varises

Varises adalah kelainan di pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkut darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Perubahan ini sering terjadi pada kulit karena tubuh Anda sedang mengompensasi aliran darah ekstra untuk bayi. Jika Anda memiliki riwayat keluarga varises, Anda lebih mungkin rentan mengalaminya.

Melihat beberapa masalah kulit yang dialami oleh ibu hamil, berikut ini beberapa cara untuk mengatasinya:

  1. Melembabkan Dengan Minyak Vitamin E

Untuk meminimalkan efek stretch mark dan mengurangi gatal di perut Anda, oleskan lotion atau minyak yang mengandung vitamin E seperti minyak zaitun. Hal ini dapat ditemukan di sebagian besar toko-toko, apotek kesehatan dan dapat diterapkan secara topikal.

  1. Pilihlah Makanan Yang Kaya Vitamin C

Vitamin C terlibat dalam produksi kolagen dan melindungi sel dari kerusakan radikal bebas. Menurut Dr. Joey Shulman DC, RNCP, studi ilmiah menemukan bahwa ketika hewan laboratorium makan vitamin C yang diperkaya makanan, kulit mereka mampu melawan kerusakan oksidatif lebih baik. Tingkatkan asupan vitamin C dengan mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran yang kaya vitamin C setiap hari. Sumber yang baik di antaranya adalah paprika (merah / hijau / kuning), jeruk, anggur, stroberi, lemon, dan brokoli.

  1. Makanlah Makanan Yang Mengandung Omega 3

Selain membantu fungsi dan perkembangan otak bayi Anda, omega 3 lemak juga sangat baik untuk kulit Anda. Lemak Omega 3 dapat membantu mengurangi tampilan garis-garis halus dan meningkatkan elastisitas kulit. Makanan sumber omega 3 termasuk ikan berminyak seperti salmon dan tuna, makanan yang diperkaya seperti omega 3 telur, roti atau jus, ditambah sayuran berwarna hijau tua, dan kenari. Perlu diingat bahwa ikan tertentu dapat menjadi racun karena terkena kontaminan seperti merkuri. Inilah sebabnya mengapa penting untuk membatasi konsumsi ikan seperti ikan hiu, ikan king makarel, dan steak tuna.

  1. Minumlah Air Putih

Minum air akan membantu melembabkan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan. Menambahkan perasan jeruk lemon segar ke dalam air juga merupakan langkah yang efektif untuk meningkatkan kesehatan, mengurangi masalah pencernaan (yang sering dialami ibu hamil) dan masalah kulit. Lemon bertindak sebagai zat alami dalam tubuh.

  1. Berolahraga

Untuk mengurangi kemungkinan terjadinya varises, penting sekali bagi ibu hamil untuk berjalan sebanyak mungkin. Hal ini perlu dilakukan untuk meningkatkan aliran darah dan aliran darah vena ke jantung. Tips lain untuk meningkatkan sirkulasi darah yang sehat adalah menempatkan bantal di bawah kaki Anda, dan menghindari obesitas saat hamil.

Selain tips di atas, cobalah untuk mengelupaskan kulit Anda seminggu sekali dengan peeling alami seperti peeling bervitamin dari BRTC dan gunakan juga krim pelembab serta serum yang menghidrasi kulit Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat menjaga kulit agar tetap cantik saat hamil dan saat menjadi ibu baru!

BACA JUGA: Kulit Adalah Jendela Kesehatan Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *