Cara Menjaga Tubuh Tetap Fit Sampai Perawatan Kulit Selama Puasa

perawatan kulit

Di bulan puasa, tentu ada yang berubah dari kegiatan Anda, mulai dari jam tidur, pola makan, hingga rutinitas perawatan kulit Anda. Berpuasa yang mewajibkan Anda untuk menahan nafsu termasuk makan dan minum, normalnya akan membuat cairan tubuh berkurang. Cairan tubuh yang berkurang ini pun berpengaruh terhadap kelembaban kulit tubuh Anda.

Di minggu pertama berpuasa, mungkin tanda-tanda ini kurang terlihat. Tapi di minggu kedua ini, tanda kulit kering bisa mulai terlihat. Kulit kusam dan kehilangan binar alaminya, hingga bibir menjadi pecah-pecah. Pasti Anda akan bingung bagaimana cara melakukan perawatan kulit agar kulit kering yang Anda keluhkan bisa teratasi.

Perawatan kulit selama puasa tidak hanya dilakukan untuk kecantikan kulit Anda. Menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa juga sangat penting bagi Anda yang bekerja secara rutin. Ingin tetap fit dan sehat selama berpuasa?

1. Makan Makanan yang Sehat

perawatan kulit

 

 

Kurma dan air adalah pilihan terbaik untuk berbuka. Yang pertama, kedua sajian itu merupakan sumber yang sangat baik untuk energi, kalium dan magnesium. Sementara yang kedua, sajian tersebut penting untuk mengganti cairan yang hilang.

2. Jangan Sampai Dehidrasi

perawatan kulit

Usahakan minum setidaknya 10 gelas cairan, terutama air, dari berbuka puasa sampai sahur setiap harinya.

3. Mengontrol Berat Badan Anda

perawatan kulit

Berlatihlah mengontrol porsi makan dan menghindari lemak, seperti gorengan, karena mengandung energi padat (energy dense) dan dapat menyebabkan rasa mulas dan sendawa.

4. Rajin Berolahraga

perawatan kulit

Tetaplah pada latihan rutin yang biasa Anda lakukan. Anda sebaiknya berolahraga setelah berbuka atau pagi hari sebelum sahur.

5. Tidur yang Cukup

perawatan kulit

Cobalah untuk cukup tidur di malam hari. Jika tidur malam masih belum cukup, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Meski singkat, tidur ini bisa membantu memulihkan energi Anda.

<< Stem Cell, Bahan Perawatan Kulit Yang Patut Anda Gunakan >>

 

 

Perawatan Kulit Saat Puasa

perawatan kulit

Well, perawatan kulit saat Anda menjalani puasa tentu akan berbeda saat hari biasanya. Biasanya make up akan lebih sulit menempel jika kulit Anda sangat kering. Perlunya adaptasi dan perubahan-perubahan kecil pada perawatan kulit Anda. Simak info tentang perawatan kulit berikut, agar selama puasa Anda tetap tampil cantik:

1. Ganti Pelembab yang Lebih Banyak Kadar Airnya

Cara utama yang akan berpengaruh besar adalah pelembab. Teorinya begini, “jika kadar air berkurang dari dalam tubuh, tambahkan kadar air lebih banyak dari luar tubuh”. Coba cek pelembab Anda sekarang. Jika sebelumnya Anda hanya menggunakan pelembab dengan tekstur yang ringan, kini Anda bisa gunakan pelembab dengan tekstur yang lebih berat atau kental.

Pelembab jenis cream atau yang mengandung minyak juga bisa menjadi alternatif. Namun, jika Anda sudah cocok dengan pelembab Anda dan tak ingin menggantinya, tambahkan beberapa produk seperti essence atau serum.

Begitu juga untuk pelembab tubuh, pastikan Anda menggunakan pelembab tubuh yag memiliki lebih banyak kandungan airnya. Atau, jika ingin lebih simpel, campurkan body oil dalam pelembab Anda.

2. Face Mist? Itu Perawatan Kulit yang Harus Sering Anda Gunakan

Anda selalu menggunakan face mist setiap hari? Berapa kali dalam sehari Anda menyemprotkannya ke wajah? Sesekali saja? Selam bulan puasa, sebaiknya Anda menggunakan face mist dengan lebih sering. Ini adalah cara instan untuk melembabkan  dan juga menyejukkan wajah. Namun ingat, semprotkan face mist dengan mulut tertutup ya, Ladies.

3. Selalu Sediakan Hand Cream

Setelah salat, biasakan selalu untuk mengaplikasikan hand cream ke seluruh bagian tangan Anda. Terutama jika Anda beraktivitas dalam ruangan berpendingin, membuat kulit Anda semakin kering. Selalu sediakan hand cream di meja kerja atau dalam tas Anda.

4. Konsumsi Vitamin

Untuk menjaga kulit tetap terjaga kesehatannya selama bulan puasa, Anda bisa menggunakan tambahan suplemen vitamin. Nutrisi terbaik yang mudah Anda dapatkan adalah dari suplemen vitamin E. Vitamin ini dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang akan mencegah penuaan, kulit kering, dan kulit kusam.

5. Maksimalkan Penggunaan Masker

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit kering selama berpuasa adalah dengan memaksimalkan penggunaan masker di malam hari. Masker cenderung memiliki kandungan anti oksidan dan pelembab yang lebih tinggi dibanding krim malam pada umumnya. Jika sebelumnya Anda hanya menggunakan masker sekali dalam seminggu, coba gunakan masker dua kali dalam seminggu.

Anda bisa menggunakan Green Tea Stem Cell Mask, masker yang mengandung sel induk teh hijau untuk menenangkan dan menyejukkan kulit. Terbuat dari bahan 100% selulosa Tencel yang tidak membuat iritasi pada kulit.

>>Waktu Terbaik untuk Menggunakan Produk Perawatan Kulit<<

 

DIY Masker Kurma sebagai Perawatan Kulit di Rumah

perawatan kulit

Yang identik dengan bulan puasa adalah banyaknya kurma yang dijual di pasaran. Bahkan kita tinggal pilih saja mau kurma jenis apa. Kurma memang sering jadi menu andalan untuk berbuka puasa. Rasanya yang manis dan legit sangat pas untuk mengembalikan energi setelah berpuasa seharian.

Tapi pernakah Anda mencoba untuk membuat masker dari kurma? Kurma ini kandungannya bagus untuk kulit, rambut, dan kuku. Kurma mengandung vitamin B5 yang bagus untuk memperkuat rambut dan kulit. Selain itu, kurma juga dipercaya bisa mengatasi masalah kerontokan rambut dan stretch marks di kulit.

Kita juga bisa membuat masker kurma yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap awet muda. Bagaimana cara membuatnya?

Bahan:

  • 8-9 butir kurma
  • ½ buah lemon

Cara membuat:

  • Buang biji kurma, lalu blender kurma sampai lembut
  • Tambahkan air perasan jeruk lemon
  • Aduk rata kedua bahan jadi satu

Sebelum menggunakan masker kurma ini, pastikan wajah sudah bersih dan kering. Aplikasikan masker ini merata ke seluruh permukaan wajah sambil sedikit dipijat. Diamkan selama 10 menit. Baru setelah itu bilas dengan air dingin.

Perawatan kulit selama puasa ini bisa Anda lakukan di rumah. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Imbangi dengan pola makan yang sehat saat berbuka dan sahur. Serta, puasa juga bukan menjadi alasan kita untuk tidak berolahraga.

Stay be beautifulLadies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *