Cara Merawat Kulit Agar Terhindar dari Dehidrasi

cara merawat kulit

Pernah mengalami kulit terasa bersisik, kering, dan lebih sensitif dari biasanya? Bisa jadi Anda sedang mengalami kulit dehidrasi. Bagaimana cara merawat kulit yang mengalami dehidrasi?

Topik dehidrasi kulit rasanya selalu seru untuk diperbincangkan, apalagi kalau menyangkut tentang bagaimana cara merawat kulit yang mengalami dehidrasi. terdengar simple sih, namun dehidrasi kulit bisa menjadi kompleks jika diabaikan dan tidak ditangani dengan tepat. Sebelum keburu bingung tujuh keliling, yuk kita telusuri lebih jauh, apa yang dimaksud dengan kulit dehidrasi dan bagaimana cara merawat kulit seperti ini?

Kulit dehidrasi adalah keadaan kulit yang kandungan kadar airnya kurang optimal sehingga dapat memengaruhi kondisi tekstur kulit. Keadaan ini berbeda dengan kulit kering yang merupakan jenis kulit dengan kandungan minyak atau sebum yang tidak cukup.

Banyak hal yang memicu kulit dehidrasi, seperti pemakaian produk yang  kurang tepat dan tidak memenuhi kebutuhan kulit, faktor cuaca, ikut berkontribusi sehingga kelembapan kulit tidak terjaga dengan baik. Kulit dehidrasi dapat terjadi pada jenis kulit apapun, baik kulit kering atau kulit berminyak.

 

cara merawat kulit

 

Ada juga yang mengira dehidrasi adalah jenis kulit baru, padahal dehidrasi ini lebih cocok dikatakan sebagai kondisi kulit. Jadi kulit berminyak, kering, normal, maupun kombinasi bisa mengalami kulit dehidrasi. Akibat dari dehidrasi kulit adalah kulit kusam, kering, bersisik, menimbulkan rasa tidak nyaman, dan kulit menjadi lebih sensitif.

 

Cara Merawat Kulit yang Terdehidrasi

cara merawat kulit

Saat kulit dalam kondisi dehidrasi, perawatan yang dibutuhkan pun otomatis berbeda dari biasanya. Ada beberapa cara merawat kulit yang harus dilakukan agar kondisi kulit membaik. Apa saja itu?

1. Memakai Sunblok Setiap Hari

Sinar matahari dapat menimbulkan iritasi dan dehidrasi pada kulit. Gunakan sunblock setiap hari pada wajah dan badan, setidaknya 30 menit sebelum beraktivitas sebagai proteksi kulit.

2. Gunakan Pembersih Wajah yang Aman untuk Kulit

Ada beberapa pembersih wajah yang setelah digunakan dapat membuat kulit terasa kering dan kesat. Hati-hati kalau pembersih wajah yang Anda gunakan meninggalkan efek seperti itu. Cara merawat kulit seperti ini dengan memilih pembersih wajah yang baik, mampu membersihkan tanpa mengangkat kelembapan alami kulit sehingga kelembapan kulit tetap terjadi dengan baik.

Anda bisa gunakan Bubble Refining Cleanser yang bisa membantu mengontrol produksi sebum, membuang racun dalam kulit, dan juga bisa melembabkan dan menutrisi kulit dengan baik. Cara merawat kulit dengan cleanser ini memiliki banyak manfaatnya sehingga menjadikan kulit Anda semakin cantik sempurna.

3. Pilih Produk Perawatan Wajah yang Mampu Menahan Kelembapan Kulit dengan Baik

Kulit dehidrasi butuh bantuan ekstra. Tak hanya rajin minum air mineral saja, kulit pun perlu dibantu dari luar dengan produk perawatan wajah yang sesuai. Produk-produk dasar seperti pembersih, toner, dan pelembab penting untuk digunakan sehari-hari agar kondisi kulit membaik.

 

Mitos Seputar Kulit Dehidrasi

cara merawat kulit

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Ya, memang lebih baik untuk mencegah kulit dehidrasi kita daripada mengobatinya. Dalam mencegah dan mengobati kulit dehidrasi, Anda harus memiliki pengetahuan yang cukup apa saja hal yang hanya menjadi wacana dan belum terbukti kebenarannya. Mari kita simak beberapa mitos yang sering disalahartikan oleh sebagian orang dalam cara merawat kulit yang dehidrasi.

Mitos 1: Anda Hanya Perlu Minum Lebih Banyak Air

Ya, minum lebih banyak air memang harus Anda lakukan. Akan tetapi hal ini tidak cukup untuk menyelesaikan masalah dehidrasi pada kulit Anda. 75% tubuh kita memang terdiri dari air, akan tetapi semua sel-sel yang ada di permukaan kulit tidak akan berubah seiring dengan bertambah atau berkurangnya konsumsi air yang Anda lakukan. Namun tentu saja, Anda akan lebih sehat dan memiliki kulit yang lebih baik, tapi bukan hal inilah yang menjadi penyebab masalah dehidrasi pada kulit.

Mitos 2: Menyemprotkan Water Mist Akan Mambantu Mengatasi Kulit Dehidrasi

Menyemprotkan water mist pada kulit memang bukanlah hal yang salah. Menyemprotkan water mist akan membantu menyegarkan kulit Anda, akan tetapi menganggap hal ini akan mengatasi kulit dehidrasi Anda adalah salah besar. Menyemprotkan water mist tanpa diikuti penerapan pelembab atau serum untuk mengikat kelembabannya hanya akan menambah masalah pada kulit Anda. Mengapa hal ini bisa terjadi? Air yang Anda semprotkan di wajah akan menguap ke atmosfer dan mengambil kadar air dalam kulit Anda. Hal ini sering terjadi terutama jika Anda berada di lingkungan kering seperti ruang pesawat terbang dan ruangan ber-AC di mana kelembaban alami kulit Anda akan tersedot. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan water mist kemudian terapkan serum atau pelembab untuk mengikat kelembabannya.

Mitos 3: Anda Membutuhkan Produk Yang Mengandung Pelembab Tinggi

Tak dipungkiri bahwa ketika Anda mengira dan merasa kulit Anda kering, Anda akan mengoleskan pelembab atau menggunakan produk yang kaya akan pelembab. Hal ini bukanlah ide buruk bagi kulit Anda, akan tetapi memakainya secara berlebihan juga dapat berakibat buruk bagi kulit. Jika dehidrasi kulit Anda salah didiagnosis sebagai kulit kering, kemudian Anda mengoleskan krim yang kaya akan pelembab bisa membuat kulit Anda tidak seimbang dan bahkan kulit menjadi lebih dehidrasi.

Mitos 4: Kulit Dehidrasi Tidak Ada Hubungannya Dengan Diet

Sangat penting untuk mengatur asam lemak esensial yang berkontribusi pada kekuatan dan struktur penghalang lipid Anda. Setiap kekurangan asam lemak esensial pada kulit akan menyebabkan penghalang lipid tidak bekerja atau mengalami disfungsional, pengelupasan di epidermis kulit, tidak mampu mempertahankan kelembaban. Namun, Anda jangan hanya mengandalkan pelembab pada krim perawatan yang Anda miliki. Anda juga perlu mengasupi kelembaban kulit dengan mengonsumsi makanan seperti kerang, ikan, bayam, kangkung, dan lain-lainnya.

Sementara Anda memahami pentingnya produk ini sebagai cara merawat kulit Anda, maka segera beli produk ini sebelum akhir bulan akan terhindar dari dehidrasi kulit yang berkepanjangan.

Mampu Membuang Racun dalam Kulit

  • Mengangkat Sel Kulit Mati
  • Membersihkan Pori-pori yang Tersumbat
  • Menjadikan Kulit Bersih dari Kotoran
  • Mengontrol Porudksi Sebum
  • Membuat Kulit Menjadi Bersih dan Cerah

Cantik itu terpancar dari wajah Anda. BELI DI SINI!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *